Realme GT Siap Meluncur Secara Global

Realme GT Siap Meluncur Secara Global
Realme GT Siap Meluncur Secara Global

Realme GT sudah siap meluncur dan bersaing di pasar global bersama merk ponsel pintar lainnya. Sebelum meluncur secara global, pasar China terlebih dahulu sudah bisa merasakan ponsel terbaru keluarga Realme.

Series ponsel merk Realme memang kerap pecinta smartphone tunggu-tunggu. Pasalnya ponsel realme terkenal dengan harganya yang terjangkau. Meskipun harganya terjangkau, anda tidak perlu mengkhawatirkan performa ponsel.

Pasalnya Realme kerap menghadirkan ponsel dengan spesifikasi mumpuni serta mampu bersaing pada merk lain berharga fantastis. Peluncurannya secara global tentu mendapat sambutan baik dari publik. Seperti apa kelengkapan dari Realme GT ini?

Spesifikasi Realme GT

Ponsel Realme GT tergolong kelas menengah atau mid range. Namun SoC yang ada di dalamnya berkategorikan flagship. Ponsel dengan jaringan generasi lima tersebut mengusung jenis layar Super AMOLED berukuran 6,43 ichi. Layar itu memiliki resolusi Full HD+ seluas 1.080 x 2.400 piksel.

Masih di bagian layar, perangkat ini sudah mendapat dukungan refresh rate 120 Hz. Pada bagian atas ada punch hole yang tersemat kamera depan berukuran 16 MP. Sedangkan di bagian belakang ponsel terdapat tiga buah kamera utama sebesar 64 MP.

Pada kamera tersebut terdapat sensor Sony IMX682. Sementara itu, kamera selanjutnya berjenis ultra wide 8 MP serta makro 2 MP. Untuk segi perfroma, serie GT bertenaga SoC atau system on chip berjenis Qualcomm Snapdragon 888 5G.

Chip ini berpadu padan dengan dua pilihan RAM serta media penyimpanan. Ukuran penyimpanan serie GT antara lain 8 GB/128 GB serta 12 GB/256 GB. Melansir dari salah satu sumber terpercaya, ponsel tersebut sudah tersemat sistem operasi Android 11. Serta ada lapisan pada tampilan antar muka ponsel Realme UI 2.0.

Ponsel pintar GT juga mendapat topangan baterai dengan kapasitas 4.500 mAh. Selain itu, ponsel juga mendukung fitur pengisian daya cepat jenis Super Dart 65 Watt. Bahkan Realme mengklaim jika seri ini mampu mengisi daya sampai penuh hanya dalam kurun waktu 35 menit saja.

Terdapat fitur lainnya yang membuat ponsel kian canggih. Antara lain NFC, Dual SIM, Fingerprint Scanner dan masih banyak lainnya. Bagaimana, tertarik dengan Realme GT? Anda perlu mengetahui kisaran harga untuk memiliki ponsel ini.

Kisaran Harga Series GT

Kabar ponsel terbaru datang dari merk terkemuka yang terkenal dengan harga terjangkau yakni Realme. Kali ini, series terbaru mereka yakni Realme GT berhasil mencuri perhatian banyak orang. Sebab beredar kabar jika dari segi harga, ponsel ini termasuk dalam tingkat menengah.

Tetapi kalau menurut sistem di dalamnya masuk dalam ponsel tingkat atas. Kini, public pun bertanya-tanya tentang harga dari keluarga baru Realme ini. Akan tetapi harga yang tersebar di internet bukanlah versi pasar di Indonesia.

Harga yang beredar dari ponsel 5G tersebut merupakan versi dari pasar Erop dalam bentuk mata uang Euro. Pasalnya, salah satu ponsel yang mumpuni untuk gaming ini akan segera hadir di Eropa. Serta belum meluncur di tanah air, dan membuat harga untuk versi Rupiah belum ada.

Meskipun demikian, masyarakat di Indonesia masih bisa mengetahui kisaran harga dari ponsel pintar tersebut lewat pasaran Eropa. Memang series GT akan segera Realme jual di pasaran Eropa dalam waktu dekat.

Tanggal tepat peluncuran ponsel keluarga Relami itu akan berlangsung di Eropa pada 21 Juni 2021 mendatang. Mendekati tanggal peluncurannya, Relame pun merilis harga resmi untuk series GT ke publik.

Untuk harganya sendiri terbagi menjadi dua . Kedua harga dari series GT berdasarkan RAM serta besaran internal ponsel. Pada varian RAM 8/12 8 GB, harga series GT adalah 449 Euro. Jika dalam rupiah, harga tersebut berkisar Rp. 7,76 juta.

Di sisi lain, untuk versi 12/256 GB di pasar Eropa akan Realme jual sebesar 599 Euro. Kalau dalam mata uang rupiah, harga verian Realme GT ini yaitu Rp. 10,35 juta.

Beredar Isu Manipulasi Data Benchmark

Sebelum peluncuran resmi secara global, sempat ada kontroversi dari ponsel Realme GT. Kala itu, beredar kabar jika pihak Realme melakukan kecurangan dengan manipulasi dara Benchmark pada seri GT.

Karena hal ini, AnTuTu secara resmi memblokir perangkat tersebut yang ada di situs resmi mereka. Hal ini karena skor AnTuTu Benchmark v8 yang terlebih dahulu muncul untuk GT ke publik. Dalam kemunculannya kala itu, series GT memeperoleh 770.000 poin.

Berdasarkan salah satu sumber terpercaya, kala AnTuTu melakukan pengujian sendiri, skor yang series GT dapatkan malah jauh berbeda. Dalam pengujian tersebut, perangkat ini memperoleh nilai 750.000. Skor yang mereka umumkan tentu saja sangat fantastis. Karena seri ponsel ini mengandalkan chipset paling kuat yakni Snapdragon 888.

Dari bentuk kecurangan yang series GT lakukan, pihak AnTuTu membuat keputusan menghapus perangkat dari situs mereka dalam waktu tiga bulan. Setelah tiga bulan berlalu, series GT nantinya muncul kembali dalam website resmi milik AnTuTu.

Bersamaan dengan keputusan dari AnTuTu, tampaknya Realme perlu melakukan sejumlah kesepakatan guna memperbaiki permasalhan ini. Kalau tidak maka series GT bisa saja terhapus secara permanen. Rupanya kasus Realme GT bukan pertama kali terjadi. Kejadian serupa juga pernah terjadi dalam series Realme X50 Pro.

Pihak Realme Bantah Curangi Hasil Performa Series GT

Berita yang beredar tentang kecurangan dalam Realme GT, tentu pihak perusahaan membantahnya. Realme membantah jika sudah berbuat curang kala tes performa dalam platform Benchmark milik AnTuTu.

Salah satu brand ponsel terkemuka asal Tiongkok ini mengklaim jika semua data yang tampil dalam hasil tes tersebut sudah akurat. Realme menjelaskan jika serie GT mereka lengkapi dengan Snapdragon 888 5G paling baru. Sehingga menghadirkan kinerja cukup tinggi untuk penggunanya.

Skor benchmark dari series GT merupakan semua data akurat di bawah benchmark milik Antutu versi terbaru. Realme selalu berkomitmen agar menghadirkan kinerja luar biasa untuk para penggunanya. Perusahaan juga mengungkap jika pengalaman dari pengguna menjadi prioritas utama mereka.

Perusahaan Realme sebelumnya sudah memposting hasil benchmark AnTuTu dengan nilai lebih tinggi dari angka 750.000. Hasil tersebut tentunya jauh lebih tinggi daripada ponsel pintar dengan chipset serupa yaitu Xiaomi Mi 11.

AnTuTu pun berkata jika series GT sudah melakukan manipulasi hasil tes berjenis multithread platform. Mereka mengklaim jika perusahaan menggunakan cara bernama threats delay. Tujuannya menggungakan core CPU paling cepat.

Taktik ini pun membantu ponsel pintar dapat menerima nilai benchmark jauh lebih tinggi. Tak hanya itu, pihak AnTuTu juga menuding series GT tersebut melakukan modifikasi terkait gambar referensi yang ada dalam tes foto. Hal ini juga bisa membantu ponsel kala mengurangi waktu proses gambar serta mendapat nilai lebih tinggi.

Menurut AnTuTu, kecurangan yang ada dalam Realme GT bertentangan dengan tujuan mereka guna memberikan hasil benchmark sesuai. Namun, kini ponsel tersebut sudah siap masyarakat global nikmati.