Rear Cross Traffic Alert, Mengenal Cara Kerja dan Fungsinya

Rear Cross Traffic Alert
Ilustrasi Rear Cross Traffic Alert. Foto: Ist/Net

Rear Cross Traffic Alert (RCTA) adalah sebuah perangkat untuk membantu pengemudi mengetahui informasi mengenai objek yang bergerak di belakang mobil.

RCTA membuktikan betapa canggihnya teknologi keselamatan yang tersedia dalam mobil-mobil keluaran baru. Bahkan saat ini sudah banyak produsen mobil yang juga melakukan penerapan fitur RCTA sebagai perangkat standar pabrik.

Fitur ini terbilang sangat canggih karena bisa membantu pengemudi mengetahui informasi kondisi di sekitar kendaraan. Terutama kondisi di belakang kendaraan yang kerap menjadi blind spot atau sudut titik buta pandangan mata. Sebagai contoh adalah ketika kalian akan mengeluarkan kendaraan dalam kondisi mundur dari parkiran.

Baca Juga : Cara Kerja AirBag Mobil, Fungsinya Sebagai Fitur Keselamatan

Tanpa bantuan fitur Rear Cross Traffic Alert, tentu kalian tidak bisa melihat objek dari sisi kanan kiri atau belakang mobil. Hal yang sering terjadi adalah saat sedang fokus ke arah belakang.

Secara mendadak ada saja kendaraan lain yang muncul di belakang mobil. Misalnya saja kendaraan roda dua, sepeda, bahkan mobil sehingga RCTA mulai berperan sesuai fungsinya.

Bagaimana Cara Kerja Rear Cross Traffic Alert?

RCTA bekerja dengan mengandalkan sensor sebagai penggeraknya. Keberadaan fitur RCTA ini membantu kalian dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk bisa melihat di area belakang mobil.

Cara kerja fitur ini akan aktif pada saat mobil dalam posisi mundur dengan kecepatan di bawah 8 km/jam. Umumnya jangkauan radar dari sensor bisa mencapai 20 meter.

Dengan kombinasi fitur kamera belakang mundur, RCTA bisa menampilkan kondisi di belakang mobil dengan jelas. Apabila ada kendaraan lain yang mendekat ketika gigi mundur aktif, sensor radar belakang bisa mendeteksi. Setelahnya akan muncul peringatan di Multi-Information Display serta kedua spion berkedip indikatornya dengan bunyi buzzer.

Fitur Rear Cross Traffic Alert juga bekerja sama dengan fitur UMS (Ultrasonic Misacceleration System). Fitur ini memungkinkan agar bisa menghindari benturan ketika sedang parkir.

Baca Juga : Bagian Mobil yang Sering Rusak Ini Perlu Anda Ketahui Penyebabnya

Pada saat sensor di depan atau belakang kendaraan terdapat objek yang menghalangi jalur parkir, sistem akan menyalakan suara dan menampilkan peringatan. Selain itu, fitur ini juga mampu mengontrol tenaga mesin untuk mencegah mobil melaju tanpa sengaja.

Aktif Saat Tuas Transmisi Berada di Posisi R

Mungkin sebagian besar masyarakat sudah pernah mendengar mengenai fitur RCTA pada mobil Mitsubishi. Namun hingga saat ini rupanya masih banyak yang belum tahu seperti apa fisik dan fungsi dari fitur ini.

Fitur ini mengandalkan sensor yang terletak di belakang mobil. Tujuannya untuk melindungi keamanan saat sedang parkir. Adanya fitur canggih ini tentunya sangat membantu pengemudi untuk mobil-mobil besar.

Baca Juga : Fitur Mobil yang Jarang Diketahui, Sering Nganggur Padahal Canggih

Rear Cross Traffic Alert akan aktif dengan otomatis saat tuas transmisi ada dalam posisi R atau Reverse. Umumnya fitur ini menggunakan sensor ultrasonic untuk bisa mendeteksi pergerakan objek di sekitar mobil. Fitur ini akan secara otomatis memberitahu pengendara ketika ada objek yang semakin mendekati kendaraan.

Dengan mengeluarkan suara peringatan yang semakin keras, maka otomatis pengendara menjadi lebih waspada. Rear Cross Traffic Alert ini terbukti menurunkan potensi terjadinya kecelakaan karena kurangnya kewaspadaan saat memarkirkan mobil.

Hal ini tidak bisa kita pungkiri, karena terkadang kecelakaan sering terjadi karena kelalaian pengemudi. Untuk itu, adanya fitur RCTA ini memang benar-benar membantu meningkatkan keamanan dan kewaspadaan pengendara mobil. Terlebih lagi jika mobil memiliki dimensi yang cukup panjang dan besar.

Mengetahui Fungsi RCTA

Kehadiran fitur canggih Rear Cross Traffic Alert di beberapa mobil keluaran baru tentu saja menjadi daya pikat tersendiri. Sehingga jadi sesuatu yang wajar apabila banyak masyarakat tertarik dengan fitur ini.

Bahkan tidak menutup kemungkinan ada orang yang rela membeli mobil dengan biaya tinggi hanya untuk merasakan sensasi fitur RCTA. Lalu, kira-kira seperti apa fungsi fitur RCTA ini sehingga banyak pengendara wajib memilikinya?

Pertama, RCTA secara otomatis bisa menghentikan mobil saat membaca adanya objek di bagian belakang mobil. Lalu memberikan rasa aman dan nyaman yang semakin tinggi dalam berkendara menggunakan mobil.

Kemudian bisa Memudahkan pengemudi mobil saat akan melakukan parkir. Ketika mobil bergerak mundur pun, fitur Rear Cross Traffic Alert menambah visibilitas para pengemudi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto