Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita BanjarRenovasi Jembatan Gantung Cipadung Kota Banjar Tunggu SPK

Renovasi Jembatan Gantung Cipadung Kota Banjar Tunggu SPK

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Dinas PUPRKP Kota Banjar, Jawa Barat, memastikan renovasi Jembatan Gantung Cipadung, Kecamatan Purwaharja akan dimulai pada Juni 2021.

Kepala Dinas PUPRKP Kota Banjar Tomi Subagja mengatakan, rencana penutupan dan pengerjaan renovasi jembatan gantung yang sedianya dilakukan pada Minggu ini ditunda untuk sementara waktu.

Penundaan tersebut karena pihak Dinas PUPRKP sampai masih menunggu surat penandatanganan kontrak kerja dengan pihak ketiga. Saat ini untuk penandatangan kontrak kerja masih dalam tahap finalisasi.

“Masih proses. Nanti setelah kontrak selesai baru kita mulai. Kemarin sedianya hari Kamis kita pastikan bulan ini sudah mulai renovasi,” kata Tomi Subagja kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Adapun sejumlah fasilitas yang akan diperbaharui yaitu penguatan kawat dan lantai jembatan yang sekarang ini kondisinya sudah mengkhawatirkan.

Saat ini lanjutnya, ada empat jembatan gantung di Banjar yang pemeliharaannya dilakukan Dinas PUPRKP. Empat jembatan tersebut yaitu Jembatan Gantung Cipadung, Waringingsari, Batulawang dan Balokang.

“Setiap tahun kita adakan pemeliharaan. Memang pembangunannya dulu bukan sama kita tapi konsultasi tetap sama PU makanya masuk pemeliharaan,” ujar Tomi.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Banjar, Fera Mada Pratama mengatakan, terkait penutupan jembatan gantung Cipadung pihaknya menunggu sampai ada penandatanganan kontrak kerja.

“Kami menunggu SPK renovasi Jembatan Gantung Cipadung dari Dinas PUPRKP baru nanti dilakukan penutupan agar tidak dilalui kendaraan sampai perbaikan selesai,” katanya.

Fera menambahkan, dari data hasil uji petik penghitungan kendaraan yang dilakukan sejak tanggal 8-12 Juni terhitung sebanyak 11.484 kendaraan roda dua melintas di jembatan gantung Cipadung.

Jumlah kendaraan roda dua yang melintas tersebut terbagi dua. Dari arah Banjarkolot menuju Cipadung sebanyak 5.694 kendaraan dan dari arah Cipadung menuju Banjarkolot 5.790 kendaraan.

“Kendaraan yang melintas cukup padat. Setiap harinya ada sekitar seribu lebih kendaraan yang melintas di jembatan gantung Cipadung,” katanya. (Muhlisin/R7/HR-Online)