Rezeki Sudah Dijamin Allah Jangan Khawatir, Cukup Usaha dan Bersyukur

Rezeki Sudah Dijamin Allah Jangan Khawatir, Cukup Usaha & Bersyukur
Ilustrasi: Rezeki Sudah Dijamin Allah. Foto: Ist/Net

Rezeki sudah dijamin Allah menjadi suatu hal yang memang harus kita percaya dan yakini. Bukankah kita itu jika tanpa Allah tidak bisa melakukan apa-apa dan bukan siapa-siapa juga?

Lahir di dunia atas izin Allah, menghirup udara segar dan gratis dari Allah. Lantas mengapa masih ragu jika kita adalah makhluk yang selalu membutuhkan Allah dalam keadaan yang bagaimanapun.

Tanpa kita sadari, terkadang rezeki yang sudah kita dapatkan itu kurang kita syukuri. Kita itu merasakannya, namun untuk bersyukur kita masih saja tetap lupa.

Syukur itu terlihat sepele, kita hanya perlu memuji Allah Ta’ala. Namun jika tidak terbiasa, maka hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan.

Allah akan menjamin rezeki setiap makhluknya, bahkan seekor semut kecil. Oleh sebab itu, jika Anda masih merasakan khawatir, maka hilangkanlah.

Pasalnya, Allah itu akan selalu ada. Bahkan penjaminan rezeki itu sudah terdapat dalam Al-Qur’an yang merupakan firman Allah SWT langsung.

baca juga: Sunnah Memakai Cincin Seperti Nabi SAW, Berikut Ini Penjelasannya

Dalil Mengenai Bukti Rezeki Sudah Dijamin Allah

Manusia itu tugasnya hanya berusaha, berusaha, berusaha, dan terus berusaha. Mengenai bagaimana hasilnya sudah menjadi urusan Allah Ta’ala.

Berbicara perkara rezeki, dalam surat Hud ayat 6 menjelaskan:

Sudah jelas bukan bahwa semua rezeki yang akan kita dapatkan itu sumbernya berasal dari Allah meskipun juga membutuhkan perantara.

Misalnya saat ini Anda sudah bekerja pada sebuah perusahaan ternama, mendapatkan gaji juga jabatan yang baik. Ukhuwah antar sesama juga bagus, taat dengan semua perintah Allah.

Berarti itu sudah menjadi rezeki terbaik untuk Anda yang Allah berikan dengan perantara perusahaan tersebut. Jika sudah demikian, maka seharusnya Anda juga percaya bahwa rezeki sudah Allah SWT jamin.

Namun perlu Anda ketahui juga, selain Allah sudah menjamin rezeki makhluk yang berada di Bumi ini, ada beberapa rezeki lain yang Allah jamin. Hal tersebut juga terdapat dalam Al-Qur’an. Apa saja macam-macam rezeki tersebut? Langsung saja, mari kita lihat penjelasannya.

baca juga: Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam, Berikut Ini Penjelasannya untuk Anda

Rezeki Karena Sebuah Usaha

Meskipun rezeki sudah dijamin Allah, akan tetapi kita sebagai manusia itu tidak boleh hanya diam dan berpangku tangan saja. Hal tersebut tidak akan mendatangkan rezeki, meskipun menghirup udara segar dan kembali bisa bernapas itu merupakan sebuah rezeki yang sangat luar biasa.

Dalam surat An-Najm ayat 39 Allah menjelaskan bahwa “Manusia itu hanya akan mendapatkan dengan apa yang sudah ia usahakan”. Dari adanya arti surat An-Najm tersebut, kita tahu bahwa Allah menyuruh setiap umat manusia untuk berusaha dengan semampunya.

Pasalnya, jika usaha yang tidak dengan doa itu adalah sebuah kesombongan. Begitu pula dengan sebaliknya, jika doa yang tidak berimbang dengan usaha, mustahil.

Seseorang akan berhasil mendapatkan sebuah pekerjaan jika ia sudah mencari dan berusaha melamar lowongan pekerjaan di berbagai tempat. Ia sudah berusaha, sisanya Allah yang menentukan hasilnya. Intinya, berusahalah dengan maksimal dan iringi juga dengan doa.

baca juga: Doa Qunut Pendek Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Penjelasan

Karena Bersyukur Allah Menambahkan Nikmat

Barangsiapa syukur, Allah akan menambahkan nikmatnya. Sungguh itu, karena sudah tertuang dalam QS Ibrahim ayat 7. Seperti penjelasan pada bagian awal tadi, syukur itu sepele. Tetapi jika kita mampu mengamalkan setiap menerima apapun, maka rezeki sudah dijamin Allah.

Bagaimana, apakah kita masih enggan untuk selalu bersyukur dalam segala hal dan kondisi? Jawabannya berada dalam diri kita masing-masing.

Rezeki yang Tidak Pernah Terduga

Terkadang kita juga merasa heran, kenapa mendapatkan rezeki yang banyak sekali, padahal tanpa ada usaha. Berarti jika Anda merasakan hal yang demikian, Anda percaya bahwa rezeki Allah jamin.

Sebagaimana arti dari surat At-Thalaq ayat 2 sampai dengan 3 yang artinya “Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tidak ia sangka-sangka. Siapa saja yang bertawakal kepada Allah, maka akan Allah cukupkan baginya.

Karena istighfar, Allah juga akan memberikan kita rezeki. Hujan yang lebat itu juga merupakan sebuah rezeki yang harus tetap kita syukuri.

Menikah juga akan menambahkan rezeki. Begitu juga dengan anak. Maka tak usah ragu dan risau, karena rezeki sudah Allah SWT jamin. Jangan lupa bersyukur juga. (Muhafid/R6/HR-Online)