Ribuan Siswa SMP di Kota Banjar 100 Persen Dinyatakan Lulus Sekolah

Siswa SMP
Siswi SMPN 5 Kota Banjar saat mengikuti pengumuman kelulusan secara daring. Foto: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ribuan siswa SMP di Kota Banjar, Jawa Barat, dinyatakan lulus 100 persen pada pengumuman kelulusan yang berlangsung secara virtual dan serentak pada Jumat 4 Juni 2021.

Kepala Disdikbud Kota Banjar, Lukmanul Hakim, melalui, Kabid. Pendidikan Dasar, Ahmad Yani mengatakan, sebanyak 2.585 pelajar tersebut merupakan jumlah seluruh siswa-siswi dari 25 SMP yang ada di Kota Banjar.

“Hari ini pengumuman kelulusan siswa SMP secara serentak. Alhamdulillah, semua siswa SMP di Kota Banjar lulus seratus persen,” terang Ahmad Yani kepada HR Online, Jumat (04/06/2021).

Untuk mengantisipasi adanya euforia berlebihan setelah pengumuman kelulusan, lanjut Yani, pihaknya bekerjasama dengan tim Satgas khusus yang memantau para siswa.

Tim Satgas tersebut ditempatkan di sejumlah titik lokasi yang dinilai rawan menjadi tempat untuk merayakan kelulusan ribuan siswa SMP di Kota Banjar.

Jika terdapat siswa yang membandel melakukan euforia berlebihan seperti corat-coret baju seragam, atau perayaaan dalam bentuk lainnya, maka pihaknya akan memberikan pembinaan.

“Kami sudah adakan pemantauan pada beberapa lokasi yang rawan. Kalau kedapatan ada yang membandel, akan kita bawa untuk pembinaaan,” kata Ahmad Yani.

Baca Juga : Pelajar Jadi Korban Tipu Gelap, Ini Tanggapan Disdikbud Kota Banjar

Jarang Sekolah Tahu-tahu Hari Kelulusan

Terpisah, salah seorang siswi SMPN 5 Kota Banjar, Dea Elisa menuturkan, hampir satu tahun lebih jarang pergi belajar ke sekolah.

Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19 ini, ia bersama siswa lainnya lebih banyak menyelesaikan tugas pembelajaran sekolah secara daring atau online. Hanya beberapa waktu saja mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah.

Ia pun mengaku gembira, karena selama satu tahun mengikuti proses pembelajaran daring tersebut, tidak terasa sekarang ini sudah memasuki masa kelulusan sekolah.

“Senang aja, karena tidak kerasa sekarang sudah lulus sekolah. Besok rencananya ingin melanjutkan sekolah lagi masuk jurusan IPA,” ungkap Dea.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Banjar, H. Muhdir menambahkan, pada tahun kelulusan ini, dari 296 jumlah siswa-siswi kelas IX semuanya lulus 100 persen.

Adapun yang menjadi indikator penilaian dalam kelulusan ini, lanjut Muhdir, antara lain yaitu siswa harus menyelesaikan program atau tugas pembelajaran sekolah. Kemudian, berperilaku baik, dan mengikuti ujian sekolah.

“Tadi dari pihak sekolah sudah melakukan pengumuman secara daring. Alhamdulillah, semua siswa-siswi kami semuanya lulus seratus persen,” kata Muhdir. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah