Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisRSUD Kawali Ciamis Disiapkan untuk Penampungan Pasien Covid-19

RSUD Kawali Ciamis Disiapkan untuk Penampungan Pasien Covid-19

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis menyiapkan RSUD Kawali sebagai tempat penanganan pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan kasus.

Bupati Herdiat, Wabup Yana beserta sejumlah pejabat sudah melakukan peninjauan kesiapan RSUD Kawali Senin (21/6/2021) kemarin.

Yosi Garniwa Direktur RSUD Kawali Ciamis menyebut, kedatangan Bupati dan rombongan ke rumah sakit Kawali tak lain untuk melihat progres kesiapan operasional.

“Rumah sakit Kawali akan beroperasi mulai Rabu 23 Juni 2021 besok sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Ciamis,” ujat Yosi.

Baca Juga: Covid-19 Meningkat, Dinas Pariwisata Tutup Situ Lengkong Panjalu Ciamis

Untuk sementara ini kata Yosi, RSUD Kawali hanya  beroperasi untuk melayani pasien Covid-19.

“RSUD Kawali juga akan jadi tempat isolasi pasien Covid-19 yang sebelumnya di Islamic Center Ciamis,” katanya.

Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya  menyatakan, pihaknya berani menjadikan RSUD Kawali sebagai rumah sakit darurat Covid-19 lantaran rekomendasi operasionalnya sudah keluar.

“Fasilitas dan tenaga medis di Rumah Sakit Kawali ini sudah siap untuk menangani pasien Covid-19,” kata Herdiat Sunarya.

Adapun jumlah tempat tidur yang akan dipakai pasien Covid-19 yakni 30 persen dari total keseluruhan tempat tidur di RSUD Kawali.

Selain RSUD Kawali, Bupati juga menyebut sejumlah Puskesmas akan menjadi ruang perawatan pasien Covid-19.

“Desa-desa juga harus mengaktifkan lagi ruang isolasinya, untuk membantu Pemkab dalam penanganan pasien Covid-19,” jelas Herdiat. (Jujang/R8/HR Online/Editor: Jujang)