Ruangan Isolasi Pasien Covid-19 di RSUD SMC Tasikmalaya Penuh

Ruangan Isolasi RSUD SMC Tasikmalaya
Ruangan isolasi sementara RSUD SMC Tasikmalaya. Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Ruangan isolasi di RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, saat ini Jumat (25/6/2021), penuh oleh pasien Covid-19.

Akibatnya, sebanyak 16 pasien Corona harus mengantri dan mendapatkan perawatan sementara di ruangan IGD, sebelum pasien yang sedang isolasi di ruangan SMC tersebut sehat.

Direktur RSUD SMC, Iman Firmansyah menyatakan, ketersediaan kamar tidur di ruang isolasi RSUD SMC sangat penuh.

Saat ini, ungkapnya, dari 52 tempat tidur yang tersedia, pasien yang sedang perawatan dengan diagnosa Covid-19 ada 58 orang.

“Jadi ada waiting list di IGD sejumlah 16 orang yang belum masuk ke kamar tidur atau isolasi. Sementara waktu, mereka mendapat rawat inap di IGD. Jadi, belum masuk ke ruang isolasi,” ungkapnya kepada HR Online, Jumat (25/6/2021).

Lebih lanjut Iman menambahkan, per hari pasien yang masuk ke IGD RSUD SMC terus meningkat. Bahkan, katanya, saat ini satu bulan saja sudah merawat 216 pasien.

“Jadi terkadang lebih 20 orang per harinya,” ucapnya.

Sementara jika melihat kondisi saat ini, lanjutnya, kemungkinan pasien Covid-19 masih akan terus bertambah. “Kalau puncaknya mungkin sampai bulan Juli 2021,” imbuhnya.

Pasalnya, masyarakat sekarang ingin diperiksa ke rumah sakit. Terlebih saat ini dengan cuaca yang sangat ekstrem.

“Cuaca seperti ini kan banyak yang flu dan batuk juga. Mereka cemas. Jadi semua masyarakat ingin diperiksa karena takut terjangkit Covid-19,” ujarnya.

Sementara terkait lonjakan Covid-19 saat ini, Iman menjelaskan, karena dulu tracking belum semasif sekarang ini.

“Sedangkan untuk sekarang ini, tracking sudah bisa dilakukan di puskesmas atau pelayanan kesehatan tingkat pertama, dengan menggunakan rapid test antigen,” pungkasnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto