1 Rumah Rusak Parah Diterjang Longsor di Kawali Ciamis

1 Rumah Rusak Parah Diterjang Longsor di Kawali Ciamis
Warga mengevakuasi rumah milik Dedi, warga RT 01/13, Dusun Hayawang, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang mengalami rusak parah setelah diterjang bencana longsor, Rabu (2/6/2021). Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Satu unit rumah permanen milik Dedi, warga RT 01/13, Dusun Hayawang, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami rusak parah setelah diterjang bencana longsor, Rabu (2/6/2021).

Iyus Yusman, perangkat Desa Winduraja mengatakan, hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Kawali pada Selasa malam (1/6/2021), menyebabkan bencana longsor.

Longsor tersebut berasal dari tebing yang berada di belakang rumah Dedi. Kemudian, tuturnya, material longsoran menimpa dan menjebolkan bagian dinding rumahnya.

“Rumah korban mengalami rusak parah, terutama pada bagian dinding belakang,” tutur Iyus kepada HR Online, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga : Bencana Longsor di Tasikmalaya, Sejumlah Akses Jalan Terputus

Lebih lanjut Iyus menambahkan, peristiwa longsornya tebing yang terjadi pada Rabu pukul 00.00 Wib dini hari tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa. Peristiwa tersebut tidak hanya membuat rumah Dedi rusak parah, namun keluarga korban juga mengalami shock dan trauma. 

Pantauan HR Online, warga beserta aparat pemerintah setempat kompak melakukan evakuasi. 

Menurut Iyus, tanah tebing yang berada di belakang rumah korban terbilang labil. Sehingga, tidak menutup kemungkinan longsor susulan terjadi.

“Harus lebih waspada dan hati-hati, terlebih kalau hujan deras terjadi kembali,” ujarnya. 

Pemdes Winduraja pun telah melaporkan kejadian rumah rusak parah akibat tertimpa longsor ke instansi terkait, dengan harapan keluarga korban mendapatkan bantuan.

“Untuk hal yang sifatnya urgent, pihak korban butuh material untuk perbaikan rumahnya dan juga sembako,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto