Safari Kampus, YRBK Kota Banjar Sosialisasi Inkubator Literasi Perpusnas

Inkubator Literasi Perpusnas Kota Banjar
Sosialisasi Inkubator Literasi Perpusnas di Kampus STISIP Bina Putera Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) dan ICMI Kota Banjar, Jawa Barat, mengadakan safari giat literasi ke sejumlah Perguruan Tinggi untuk sosialisasi sekaligus mengajak para pegiat literasi di Banjar berpartisipasi Program Inkubator Literasi Perpusnas RI.

Sasaran dari safari sosialisasi ke sejumlah perguruan tinggi tersebut adalah kalangan muda milenial mahasiswa dan santri.

Pendiri YRBK Kota Banjar, Sofian Munawar mengatakan, hingga kini sudah ada tiga kampus yang didatangi untuk kegiatan sosialisasi program Inkubator Literasi, yaitu STISIP Bina Putera, STAIMA Al-Azhar, dan STIT Muhammadiyah Kota Banjar. 

Selain itu, sosialisasi juga menyasar sejumlah organisasi mahasiswa seperti PMII, GMNI, HMI, dan para pegiat literasi. Salah satunya pegiat literasi tergabung dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Banjar.

“Kami harap pegiat literasi dan pengurus organisasi dapat mendorong anggotanya berpartisipasi dalam kegiatan inkubator literasi ini,” kata Sofyan Munawar kepada HR Online, Minggu (20/6/2021).

Saat ini, lanjut Sofyan, program Inkubator Literasi Pustaka Nasional Chapter Kota Banjar sudah masuk tahap sosialisasi. Selanjutnya panitia tinggal menunggu partisipasi atau naskah yang akan dikirim oleh para peserta.

Setelah naskah tersebut terkumpul nantinya panitia akan melakukan seleksi dan memilih 15 naskah tulisan terbaik. Nantinya naskah tersebut akan diterbitkan oleh Perpusnas RI melalui Perpusnas Press.

“Naskah partisipasi dari para peserta inkubator ini sudah bisa diserahkan kepada panitia sejak tanggal 10 sampai tanggal 10 Juli mendatang,” jelas Sofian Munawar yang juga Ketua ICMI Kota Banjar.

Pegiat Literasi Diharapkan Berpartisipasi Dalam Inkubator Literasi Perpusnas

Sekretaris ICMI Kota Banjar Syarif Hidayat menilai peran organisasi mahasiswa sangat penting dalam mendukung upaya perkembangan literasi dan berbagai hal.

Untuk itu, ia berharap para organisasi mahasiswa dan pegiat literasi yang tergabung dalam FTBM Kota Banjar dapat turut serta berpartisipasi dalam program ini.

“Ini kesempatan yang baik untuk kalangan muda terutama mahasiswa untuk mengaktualisasikan pikiran dan ide-ide mereka melalui tulisan,” ujar Syarif.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Perpusnas Press, Edi Wiyono mengatakan, budaya literasi merupakan salah satu kunci penting bagi kemajuan bangsa.

Karena itu, Perpusnas terus menggelorakan budaya literasi dalam beragam dimensi. Salah satunya melalui kegiatan Inkubator Literasi Perpustakaan Nasional sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam bidang penulisan.

“Inkubator Literasi Pustaka Nasional yang pertama telah digelar Perpusnas dalam rentang waktu 2020-2021. Kegiatan serupa akan dibuat replika di sejumlah daerah. Salah satunya Inkubator Literasi Pustaka Nasional Chapter Kota Banjar bekerjasama dengan YRBK” ungkapnya dalam kanal Youtube Ruang Baca Komunitas. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Editor: Ndu