Sakit Kepala Migrain, Penyebab dan Gejalanya yang Wajib Diwaspadai

sakit kepala migrain
Kenali sakit kepala migrain . Foto: Ist/Net

Mengenal penyebab sakit kepala migrain beserta gejalanya berguna untuk penanganan yang cepat. Selain untuk mengatasi rasa nyeri yang sangat, pengobatan yang tepat juga berguna untuk mencegah dampak yang lebih parah.

Sakit kepala memang merupakan salah satu hal yang biasanya kerap banyak orang alami. Ada beberapa jenis sakit kepala yang bisa dan sering menyerang kita. Salah satunya migrain.

Migrain, mengutip dari laman Smarter Health, merupakan jenis sakit kepala berupa nyeri berdenyut yang muncul dan terjadi pada salah satu sisi kepala. Dalam banyak kasus, sakit ini biasanya diikuti gejala mual dan muntah.

Migrain juga populer dengan sebutan sakit kepala sebelah. Orang yang menderita sakit kepala migrain biasanya akan merasakan sensitivitas yang meningkat, terutama terhadap cahaya dan suara.

Saat serangan biasanya penderita juga mengalami aura sebagai gejala peringatan. Aura ini bisa berupa indra visual yang mengalami gangguan seperti kilatan cahaya atau bintik-bintik.

Penderita juga akan sering mengalami kesemutan pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, kaki, atau lengan. Misalnya saja sakit kepala sebelah tanpa aurora yang terjadi tanpa adanya gejala.

Ada juga sakit kepala dengan aurora yang biasanya terjadi dengan adanya gejala seperti leher kaku, penglihatan kabur atau terganggu, hingga gejala lainnya.

Baca Juga : Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat yang Mudah dan Manjur

Penyebab Sakit Kepala Migrain

Untuk faktor penyebab migrain, menurut Wikipedia, tidak pasti. Ada banyak faktor yang bisa memicunya. Bisa karena menstruasi dan lainnya. Berikut ini beberapa faktor penyebab sakit kepala migrain yang perlu anda ketahui.

Menstruasi

Faktor penyebab ini merupakan salah satu jenis faktor yang kaitannya erat dengan hormon yang ada pada tubuh. Kondisi menstruasi memang merupakan kondisi saat terjadi perubahan hormon secara signifikan.

Dalam sejumlah kasus, faktor ini memang menjadi penyebab dari adanya sakit kepala sebelah yang menyerang kesehatan tubuh anda.

Asupan Makanan Tertentu

Salah satu penyebab lainnya dari sakit kepala migrain adalah karena adanya konsumsi asupan makanan tertentu yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit ini.

Baca Juga : Sakit Kepala Vertigo, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

Pengaruh dari beberapa makanan dan minuman yang memiliki zat tertentu ini akan menimbulkan reaksi pada tubuh. Misalnya saja seperti minuman beralkohol, minuman bersoda, dan lainnya.

Berat Badan Berlebih

Penyebab yang selanjutnya ini juga merupakan salah satu yang cukup sering menjadi penyebab utama migrain.

Namun biasanya berat tubuh yang berlebih yang bisa menyebabkan terjadinya migrain ini kerap terjadi pada anak-anak. Sangat jarang gangguan karena faktor ini terjadi pada orang dewasa.

Psikologis yang Kurang Baik

Stres bisa menjadi penyebab lainnya dari risiko sakit kepala migrain. Stres ini sendiri merupakan kondisi saat syaraf dalam kepala menjadi tegang dan tidak terkendali.

Sehingga hal ini bisa menjadi penyebab dari adanya risiko sakit kepala sebelah yang bisa mengganggu kesehatan tubuh anda.

Baca Juga : Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan dan Solusi Cara Mengatasinya

Kelelahan

Selain itu, kelelahan juga bisa menjadi faktor yang dapat menjadi penyebab migrain. Kelelahan ini akan menjadi faktor pemicu gejala migrain karena aliran darah yang beredar dalam tubuh anda tidak merata.

Gejala Sakit Kepala Sebelah

Ada beberapa jenis migrain yang sebaiknya anda ketahui. Penyakit ini biasanya terjadi karena beberapa gejala yang mengawalinya.

Perubahan Nafsu Makan

Nafsu makan yang berubah drastis ini juga bisa menjadi salah satu dari tanda adanya gejala sakit kepala migrain.

Biasanya nafsu makan yang menurun, hingga banyak minum, merupakan salah satu gejala awal. Namun tanda ini bisa anda kenali sebagai gejala awal sakit kepala sebelah ini.

Gangguan Penglihatan

Gejala yang satu ini merupakan salah satu yang kerap terjadi pada penderita migrain. Gangguan penglihatan sementara terjadi karena syaraf yang ada dalam kepala dan leher yang tegang berkaitan erat dengan syaraf mata.

Maka dari itu, biasanya penderita migrain akan mengalami kondisi sakit kepala sebelah serta munculnya gangguan penglihatan.

Sakit Kepala Tiba-tiba

Salah satu faktor lainnya yang juga bisa anda kenali sebagai gejala migrain ini sendiri sakit kepala yang muncul secara mendadak.

Sakit kepala yang mendadak ini bisa anda alami dan rasakan hanya pada bagian sisi kepala, baik itu sebelah kiri maupun kanan.

Itulah beberapa penyebab sakit kepala migrain beserta gejalanya yang wajib anda tahu dan waspadai. Dengan mengenal penyakit ini akan memudahkan langkah pencegahan maupun penanganannya secara cepat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah