Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruSakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri, Kenali Faktor Penyebabnya!

Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri, Kenali Faktor Penyebabnya!

Sakit pinggang belakang sebelah kiri juga termasuk jenis gangguan yang sering terjadi. Banyak orang menganggap gangguan ini terjadi karena adanya masalah pada kerja ginjal. Namun, penyebab sakit pinggang ini juga bisa karena faktor lainnya.

Sakit pinggang bisa terjadi pada siapa saja. Tak hanya pria, wanita pun banyak yang mengalaminya. Gangguan ini juga tak hanya terjadi pada orang tua, yang masih muda juga tak sedikit yang mengalami.

Pinggang bagian kiri merupakan tempat organ ginjal berada. Oleh sebab itu, kondisi sakit pinggang belakang yang terjadi terus menerus dan tak terkendali harus kita waspadai. Karena bisa jadi ginjal Anda sedang mengalami gangguan.

Akan tetapi, tidak semua nyeri pada pinggang sebelah kiri merupakan tanda atau akibat dari ginjal yang mengalami gangguan. Karena itu penting mengenal penyebabnya untuk memudahkan memberikan penanganan yang tepat.

Penyebab Sakit Pinggang Belakang Sebelah Kiri

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan pinggang bagian belakang. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa Anda bisa sampai mengalami sakit pinggang belakang sebelah kiri.

Baca Juga : Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Radang Sendi Panggul

Gangguan radang sendi panggul bisa terjadi pada jaringan sambung dan menjadi penghubung antar tulang sekitar area panggul.

Walau panggul kita katakan sebagai sendi paling kokoh dalam organ tubuh manusia, akan tetapi sekitar panggul rentan mengalami kekakuan, susah bergerak sampai pembengkakan.

Kekakuan, susah bergerak, sampai dengan pembengkakan biasanya terjadi karena robekan kecil atau retakan kecil di jaringan panggul, yang kemudian dapat memunculkan rasa nyeri pada daerah sekitar panggul.

Iritasi Usus

Orang yang mengalami kondisi iritasi usus biasanya akan merasa nyeri secara berulang pada bagian pinggang. Sehingga, gangguan ini juga bisa menyebabkan terjadinya sakit pinggang belakang sebelah kiri.

Iritasi usus atau disebut dengan irritable bowel syndrome merupakan suatu kondisi yang terjadi karena kontraksi pada bagian otot usus besar secara tidak terkendali, dan tak teratur dalam sistem pencernaan manusia.

Baca Juga : Mengobati Sakit Pinggang Belakang yang Aman dan Ampuh

Selain itu, orang dengan gangguan ini akan mengalami beberapa gejala lain yang dirasakan seperti diare, perut kembung sampai sakit kepala.

Oleh sebab itu, Anda yang mengalami kondisi sakit pinggang sebelah kiri sebaiknya segera mengecek kondisi kesehatan ke dokter. Jangan pernah Anda membiarkan atau menyepelekan peluang yang dapat berakibat semakin parahnya kondisi usus Anda.

Keseleo

Penyebab sakit pinggang belakang sebelah kiri yang paling ringan adalah keseleo. Bahkan hampir setiap orang pernah mengalaminya. Namun, kalau keseleo tidak melulu sakit pinggang di sebelah kiri, bisa juga terjadi di pinggang sebelah kanan.

Keseleo biasanya terjadi ketika otot Anda tertarik atau mengalami kontraksi, karena Anda melakukan gerakan secara tiba-tiba. Biasanya kegiatan olahraga, mengangkat beban berat, kerja berat bisa mengakibatkan keseleo terjadi.

Kehamilan

Ketika memasuki trimester ketiga, wanita hamil akan sering mengalami sakit pinggang belakang. Sakit pinggang sebelah kiri juga akan dirasakan karena kondisi janin yang semakin besar. Sehingga membutuhkan kemampuan tulang belakang yang semakin kuat untuk menopangnya.

Baca Juga : Nyeri Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, Ini Penyebabnya!

Semakin jarang ibu hamil jalan-jalan dan melakukan kegiatan olahraga, maka potensi mengalami sakit pinggang pada trimester ketiga kehamilan akan semakin sering dirasakan.

Gangguan Sistem Reproduksi Wanita

Faktor lainnya yang juga bisa menyebabkan sakit pinggang belakang sebelah kiri adalah karena gangguan pada sistem reproduksi wanita. Sistem reproduksi wanita terletak pada area sekitar panggul kanan dan panggul kiri.

Timbulnya nyeri secara berulang pada salah satu sisi pinggang tersebut bisa terjadi karena kemungkinan Anda mengalami masalah dengan sistem reproduksi Anda.

Gangguan endometriosis dan fibroid dapat menjadi salah satu gangguan sistem reproduksi pada wanita yang menyebabkan sakit pinggang.

Terjadinya gangguan endometriosis karena tumbuhnya jaringan uterus yang berlebih di luar rahim. Sedangkan, gangguan fibroid terjadi akibat jaringan jinak yang tumbuh di dalam rahim.

Jika Anda sering mengalami nyeri pada area tersebut, Anda bisa segera mengecek kondisi kesehatan Anda ke dokter untuk mendapatkan kepastian. Sementara, jika memang karena gangguan sistem reproduksi, Anda bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan.

Demikian beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami sakit pinggang belakang sebelah kiri. Kondisi tersebut tidak hanya berkaitan dengan masalah ginjal, melainkan juga bisa terjadi karena beberapa faktor lainnya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah