Sakit Tenggorokan Sebelah Kanan, Kenali Penyebabnya

sakit tenggorokan sebelah kanan
Kenali sakit tenggorokan sebelah kanan. Foto: Ist/Net

Sakit tenggorokan sebelah kanan mungkin termasuk jarang terjadi. Apalagi tanda penyakit ini cukup samar dan umumnya kita menganggapnya sebagai penyakit tenggorokan. Mengenal penyebab sakit tenggorokan ini berguna untuk penanganan yang tepat.

Sakit tenggorokan sebenarnya merupakan sebuah kondisi umum yang dapat menyerang siapa saja. Baik anak-anak hingga orang lanjut usia bisa terkena gangguan ini.

Mengutip dari Wkipedia, gangguan pada tenggorokan cukup beragam. Baik karena adanya ritasi, peradangan, maupun adanya serangan virus atau bakteri. Kakurangan cairan juga bisa menyebabkan tenggorokan kering dan terganggu.

Akan tetapi jika penyakit ini terjadi pada salah satu sisi, misalkan seseorang mengalami sakit pada tenggorokan sebelah kiri atau kanan maka perlu anda waspadai.

Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kanan

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab seseorang mengalami sakit tenggorokan pada salah satu sisi saja. Baik karena radang pada bagian tersebut, serangan virus, bakteri, infeksi atau karena penyebab lainnya.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda simak sejumlah faktor penyebab sakit tenggorokan sebelah kanan yang sebaiknya anda tahu berikut ini.

Radang pada Laring atau Laringitis

Laring adalah bagian dari sistem pernapasan manusia yang berbentuk seperti tabung. Fungsinya sebagai jalur udara dari tenggorokan menuju paru-paru. 

Ketika laringitis terjadi, pita suara akan mengalami pembengkakan. Sehingga kondisi ini akan memicu rasa nyeri pada salah satu bagian tenggorokan.

Seseorang yang mengalami laringitis biasanya akan mengalami sakit saat berbicara, menelan dan juga terjadi perubahan suara. Secara umum kondisi ini akan sembuh dalam 1 minggu, atau paling lama 2 sampai 3 minggu.

Akan tetapi jika suara sangat parau dan anda kesulitan menelan yang semakin parah, maka Anda harus segera membawa ke dokter. Ini agar mendapatkan penanganan lanjutan dan mendapat antibiotik untuk mempercepat proses penyembuhan.

Radang Amandel

Manusia memiliki dua buah tonsil atau amandel pada tenggorokan yang terdapat tepat pada bagian belakang lidah pada sisi kiri dan kanan. Ketika salah satu tonsil mengalami radang maka pembengkakan akan terjadi.

Pembengkakan pada tonsil bisa terjadi pada sisi kiri atau pun sisi kanan. Inilah yang menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan sebelah kanan yang seringkali kita alami.

Namun jika sakit tenggorokan pada sebelah kanan yang anda alami terjadi karena amandel atau tonsil mengalami radang, kondisi ini biasanya tidak berlangsung lama.

Biasanya radang akan reda dalam rentang 6 hingga 7 hari. Radang pada amandel juga bisa kita obati dengan mengonsumsi antiseptik dari dokter atau mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk meredakan gejalanya.

Salah satu tanda atau gejala ketika terserang radang amandel adalah orang yang bersangkutan kesulitan menelan yang biasanya disertai demam.

Abses Peritonsil

Jika membandingkan dengan radang amandel atau laringitis, sakit tenggorokan yang terjadi pada bagian sebelah kanan juga bisa karena abses peritonsil.

Sakit tenggorokan sebelah kanan karena kondisi abses peritonsil biasanya terasa jauh lebih sakit daripada sakit tenggorokan karena amandel.

Ketika sakit tenggorokan terjadi karena abses peritonsil, antibiotik saja tidak cukup sebagai tindakan penyembuhan. Penanganan yang harus anda lakukan pun merupakan penanganan profesional.

Dokter akan memanfaatkan jarum atau sayatan kecil untuk mengalirkan nanah dari daerah yang terserang infeksi. Kemudian abses akan mengering. Setelah abses kering, dokter akan memberikan resep antibiotik untuk proses penyembuhan lanjutan.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Penyebab sakit tenggorokan sebelah kanan juga bisa karena pembengkakan kelenjar getah bening. Pada bagian leher terdapat dua kelenjar yang bisa mengalami pembengkakan yaitu kelenjar tiroid dan kelenjar getah bening.

Kelenjar tiroid terdapat pada  bagian tengah, sementara kelenjar getah bening terdapat pada sebelah kiri dan kanan tenggorokan.

Oleh sebab itu, Anda yang mengalami pembengkakan pada sisi kiri ataupun kanan tenggorokan bisa jadi hal tersebut karena kelenjar getah bening mengalami pembengkakan.

Kasus ini termasuk jarang terjadi. Akan tetapi jika terjadi bisa menjadi tanda bahwa ada gangguan kesehatan serius yang harus segera mendapat penangananan dalam tubuh Anda.

Segera bawa ke dokter jika Anda mengalami pembengkakan pada salah satu tenggorokan untuk mendapatkan penanganan tepat dari dokter. Hindari mengonsumsi obat dari warung karena hal tersebut berpotensi memperparah kondisi sakit tenggorokan yang Anda alami.

Itulah beberapa jenis dan penyebab gangguan yang bisa terjadi akibat adanya sakit tenggorokan sebelah kanan. Mengenal gejala maupun tanda yang ada penting untuk penanganan yang cepat. Termasuk dengan memeriksakan ke dokter.