Sakit Tulang Rusuk Kanan, Ini Faktor Penyebabnya

sakit tulang rusuk kanan
Kenali penyebab sakit tulang rusuk kanan. Foto; Ist/Net

Sakit tulang rusuk kanan seringkali datang secara tiba-tiba. Rasa nyeri yang muncul pada sisi kanan atas perut ini biasanya hanya berlangsung sebentar dan hilang sendiri. Mengenal penyebabnya penting untuk mencegah dampak yang lebih serius.

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pada tulang rusuk sebelah kanan sebaiknya Anda waspada sedari sekarang. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa Anda sedang terserang adanya potensi penyakit yang berbahaya dalam tubuh.

Namun, gangguan nyeri pada rusuk ini perlu kita cermati adanya tanda atau gejala lainnya. Anda harus mengenali juga gejala lain yang Anda rasakan ketika masalah tulang rusuk sebelah kanan timbul, dan memicu rasa nyeri.

Apakah rasa sakit pada rusuk sebelah kanan berbarengan dengan perasaan berdebar, sesak nafas, atau  gejala lain yang turut mengikuti. Kuncinya adalah kenali rasa sakit yang Anda rasakan apakah intermitten, konstan atau datang dan pergi tiba-tiba.

Penyebab Sakit Tulang Rusuk Kanan

Ada banyak faktor yang bisa memicu timbulnya nyeri pada bagian tulang rusuk. Namun, gangguan ini umumnya lebih merupakan tanda adanya gangguan dari penyakit lainnya.

Ketika Anda mengalami rasa sakit pada bagian rusuk kanan, berikut beberapa kemungkinan penyebab sakit tulang rusuk kanan yang sebaiknya anda tahu dan waspadai.

Baca Juga : Tulang Rusuk Manusia, Mengenal Struktur dan Fungsi pada Tubuh

Hepatitis

Hepatitis merupakan suatu kondisi peradangan yang terjadi pada organ hati atau liver manusia. Selain karena infeksi oleh virus, penyakit hepatitis juga bisa karena kemungkinan penyakit lain yang menyerang tubuh manusia. Seperti penyakit autoimun.

Selain itu, pola hidup yang tidak sehat seperti jarang olahraga, mengonsumsi alkohol terlalu sering juga dapat menjadi penyebab hepatitis pada seseorang. Termasuk penggunaan obat terlarang atau obat kimia tertentu yang tidak sesuai dosis.

Kolik Bilier

Kondisi serius yang dapat menjadi penyebab sakit tulang rusuk kanan adalah kolik bilier. Gangguan kolik bilier merupakan nyeri perut yang timbul karena saluran empedu tersumbat oleh batu empedu.

Alhasil kondisi tersebut akan mengakibatkan otot pada sekitar saluran empedu mengalami kontraksi kuat. Kondisi inilah yang menyebabkan organ ini tidak dapat menjalankan tugasnya untuk memindahkan batu empedu.

Salah satu tanda seseorang mengalami kolik bilier adalah sering mengalami nyeri mendadak, dan kondisi ini bisa makin lama semakin memburuk. Anda semakin sering akan mengalami nyeri, mual dan sakit perut hebat.

Baca Juga : Penyebab Sakit Dada Tapi Bukan Gejala Serangan Jantung, Apa Saja?

Jika Anda merasakan gejala tersebut secara tidak terkendali, segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Penanganan yang cepat penting untuk mencegah dampak yang lebih serius.

Gangguan pada Sistem Pencernaan

Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan seperti penyakit asam lambung, radang pankreas dan maag juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami gejala sakit tulang rusuk kanan.

Ketika penyakit tersebut kambuh, nyeri dan perih pada bagian kanan dada akan dirasakan. Tak jarang pada kondisi serius, rasa nyeri tersebut diiringi dengan kondisi sesak nafas yang dirasakan penderita.

Pleuritis

Penyakit Pleuritis merupakan suatu kondisi yang terjadi karena pembengkakan pleura yang ada dekat organ paru-paru manusia. Infeksi virus dapat menjadi salah satu indikator penyebabnya.

Rasa sakit dan nyeri yang timbul pada orang yang mengalami pleuritis biasanya akan semakin menjadi-jadi. Terutama ketika penderitanya menghela nafas panjang ataupun batuk.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Skoliosis, Gejala dan Penanganannya

Muskuloskeletal Disorder

Musculoskeletal disorder merupakan gejala yang dapat menyebabkan rasa sakit tulang rusuk kanan Anda. Namun, tahukah Anda apakah musculoskeletal disorder tersebut?

Postur tubuh yang buruk, terlalu lama duduk di depan meja atau cedera ketika olahraga dapat menjadi salah satu penyebab Anda mengalami musculoskeletal disorder.

Hal ini terjadi karena terdapat otot interkostal pada sangkar tulang rusuk Anda. Jaringan otot interkostal inilah yang memungkinkan Anda untuk bisa bergerak dengan bebas. Baik memutar, membungkuk, atau gerakan tubuh lainnya.

Ketika Anda memutar tubuh secara paksa tanpa melakukan pemanasan atau persiapan, Anda berpotensi menegangkan otot interkostal tersebut. Kondisi ini pada akhirnya dapat berakibat terhadap masalah muskuloskeletal yang Anda alami.

Anda yang sering mengalami masalah sakit tulang rusuk kanan, besar kemungkinan masalah sakit tulang rusuk yang Anda rasakan terjadi karena beberapa penyebab tersebut. Segera periksakan ke dokter untuk memastikannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah