Samsung Chromebook 4 Kini Telah Hadir dan Cocok untuk Kaum Pelajar

Samsung Chromebook 4 Kini Telah Hadir dan Cocok untuk Kaum Pelajar
Ilustrasi Samsung Chromebook 4. Foto: Ist/Net

Samsung Chromebook 4 akhirnya telah resmi meluncur yang menjalankan dengan sistem operasi berupa Chrome OS terbaru. Pasalnya, perangkat baru ini membawa bobot yang sangat ringan hanya sekitar 1,8 kg dengan ketebalan 16,7 mm.

Laptop asal Korea Selatan ini mempunyai layar HD dengan ukuran sebesar 11,6 inci dan terbuat dari bahan dasar plastik. Selain ini, juga membawa prosesor jenis Intel dan RAM LPDDR4 4GB beserta memori internal sebesar eMMC 32GB.

Menariknya lagi, perangkat ini juga terdapat beberapa fitur seperti konektivitas Gigabit WiFi Speaker, kamera HD 720p, dan mic digital internal.

Baca Juga: HP Samsung Galaxy A03s, Bocoran Spesifikasinya Terungkap

Spesifikasi Samsung Chromebook 4, Hadir dengan Sistem Operasi Chrome OS

Seperti pada pembahasan awal bahwa Chromebook ini menggunakan Chrome OS buatan Google yang lebih ringan. Pasalnya, beberapa aplikasi berbasis web misalnya telah menjalankan Android di laptop.

Karena beberapa tahun yang lalu perusahaan Samsung pernah membawa Chromebook sendiri ke Indonesia. Namun akhirnya gagal karena ada banyak hal yang bermasalah.

Salah satunya adalah seperti kualitas internet yang belum kencang dan konsumen juga belum siap. Sedangkan saat ini pasar Indonesia sudah semakin berubah, terutama saat ada pandemi seperti sekarang ini.

Sehingga berkat kehadiran Chromebook, maka ini menjadi hal yang lebih baik. Terutama untuk menunjang dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh dan cocok bagi para pelajar.

Cocok untuk Para Pelajar

Secara keseluruhan Samsung Chromebook 4 ini mudah untuk pengguna bawa ke mana-mana karena memiliki bobot ringan. Selain itu. juga memiliki daya tahan baterai cukup lama hingga 12 jam lebih dan cocok untuk para pelajar.

Berkat adanya Chrome OS yang cepat, sederhana, dan ringan ini karena terdapat sebuah teknologi berupa Cloud. Lukman Basuki selaku IT & B2 Business Senior Manager Samsung Electronics mengatakan bahwa keadaan guru dan siswa di rumah maupun sekolah serta dunia pendidikan membutuhkan perangkat yang mudah.

Sehingga perangkat Samsung Chromebook 4 ini sangat cocok untuk menjalankan kegiatan belajar. Sebagai contoh saat akan berpindah untuk melakukan video call, mencari inspirasi, kerja kelompok, dan masih banyak lagi. Sehingga kehadiran Chromebook ini jauh lebih bagus dan aman.

Baca Juga: HP Samsung Galaxy A32 Enterprise Edition, Aman Untuk Bisnis Digital

Layaknya Laptop Biasa

Karena Samsung Chromebook 4 memiliki daya tahan baterai yang lama, maka bisa untuk mengerjakan segala tugas yang cukup banyak dan beragam. Misalnya saja sebagai untuk browsing, inspirasi tugas, streaming konten edukasi, dan lain sebagainya.

Pasalnya, laptop ini memiliki stereo speaker maupun kamera HD 720p yang mampu membantu video conference di kelas online. Tak hanya itu saja, melainkan dengan adanya port USB C multifungsi guna mengisi ulang baterai lebih cepat. Lalu transfer data dan menghubungkan ke layar yang lebih besar berkualitas 4K.

Karena terdapat Chrome OS sebagai sistem operasi berbasis web, maka bisa mendapatkan update secara berkala. Berkat security patches regular juga, maka bisa mencegah terjadinya kebocoran data.

Keyboard dan Touchpad

Sama halnya laptop bahwa Samsung Chromebook 4 ini mempunyai keyboard dan touchpad terbaik. Karena mampu memudahkan guru dan siswa untuk mengetik maupun menyusun dokumen lebih nyaman.

Pasalnya, tombol-tombol pada keyboard Samsung Chromebook 4 memiliki desain yang ergonomis dan tentunya lebih baik. Salah satu tujuannya adalah supaya pengguna dapat mengetik lebih nyaman meskipun dalam waktu lebih lama.

Karena layarnya hanya berupa HD dengan ketebalan yang tipis serta bobot ringan, namun untuk soal durabilitas ini sangat tangguh. Meskipun ringan dan ramping, namun Chromebook 4 memiliki durabilitas lebih tinggi.

Selain itu, juga telah memenuhi standar military grade (Mil-ST-810G). Bahkan telah melakukan pengujian yang mencakup getaran, drop, dan suhu tinggi. Sehingga ini akan lebih tangguh dan aman untuk dibawa ke mana-mana.

Harganya Belum Pasti

Seperti yang kita ketahui bahwa perangkat yang satu ini sangat cocok untuk para pelajar maupun guru. Salah satu tujuannya adalah untuk memudahkan mereka dalam melakukan pembelajaran dan tentunya lebih aman.

Meskipun demikian, pihak Samsung belum menyebutkan berapa harga Samsung Chromebook 4 terbaru untuk Indonesia. Namun, perangkat dengan warna platinum titan ini sempat meluncur di pasar Inggris dengan membawa harga sekitar 5 juta rupiah atau 299 euro. (R10/HR Online)

Editor: Jujang