Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TasikmalayaSedihnya Nakes di Tasikmalaya, Pakai APD Sobek Hingga Ditambal Plester

Sedihnya Nakes di Tasikmalaya, Pakai APD Sobek Hingga Ditambal Plester

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat kekurangan APD (Alat Pelindung Diri). Bahkan mereka memaksakan diri memakai APD bekas dan sobek hingga terpaksa ditambal plester. 

Atang Sumardi, Kabid Penanganan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya membenarkan Nakes kekurangan APD.

“Iya Alat Pelindung Diri (APD) buat Nakes itu kekurangan. Jadi kita awalnya dapat dari BTT pemerintah daerah, Provinsi dan Pusat. Tapi kebetulan stoknya sudah habis, jadi di Dinas pun sudah tidak ada lagi, kemudian di Puskesmas pun sama sudah habis stoknya,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Kondisi saat ini, kata Atang sangat memprihatinkan. Akibat kekurangan APD, Nakes di Kabupaten Tasikmalaya sampai memakai APD yang sudah sobek.

“Cukup memprihatinkan karena APD tidak ada, terpaksa Nakes memakai APD yang sudah sobek-sobek ditambal oleh plester,” ungkapnya.

Pekerjaan Nakes yang langsung berinteraksi dengan pasien Covid-19 membuatnya rentan terpapar, apalagi tanpa didukung APD. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya mencatat, Nakes yang terpapar Covid-19 mencapai 65 orang. Jumlah tersebut termasuk petugas di Dinas Kesehatan.

“Di Dinas Kesehatan juga ada beberapa orang yang positif, imbasnya semua staf di Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya kerja di rumah atau Work From Home (WFH),” katanya.

Bukan itu saja, delapan Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya juga tutup sementara karena ada petugasnya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kedelapan Puskesmas yang ditutup sementara untuk beberapa hari ke depan yaitu Puskemas Sukaresik, Cigalontang, Tinawati, Pancatengah, Jatiwaras, Cikalong, Sukarame dan Sariwangi,” ujarnya. (Apip/R7/HR-Online)

Editor: Ndu