Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruSekolah Islam Terpadu, Tren Pendidikan atau Pemahaman Lebih?

Sekolah Islam Terpadu, Tren Pendidikan atau Pemahaman Lebih?

Sekolah islam terpadu saat ini menjadi pilihan banyak orang tua. Pada banyak kota besar seperti Bandung, Jakarta, Tangerang bahkan luar pulau jawa, sekolah ini menjadi favorite.

Kebutuhan serta persaingan menjadi alasan para orang tua memilih untuk memasukkan anaknya ke sekolah tersebut. Meskipun biaya masuk serta bulanannya cukup mahal, akan tetapi tak menjadi masalah.

Apalagi sekolah yang berdasarkan pada ajaran agama Islam tersebut cukup lama waktu belajarnya. Full day school menjadi sebutan untuk sekolah bersistem tersebut.

Sekolah dari pagi hingga sore serta hanya sampai hari jumat, justru menjadi daya tariknya. Apalagi bagi orang tua yang keduanya bekerja dan memiliki hari libur pada sabtu dan minggu.

Merasa terbantu dengan adanya sekolah bersistem ini karena anak tak repot dengan berbagai tugas sekolah. Semua pelajaran dan tugas selesai saat berada di sekolah.

Apalagi dua hari libur sekolah yaitu sabtu dan minggu bersamaan dengan libur kerja orang tua. Merasa anak-anak lebih baik dengan bersekolah yang menggunakan sistem atau dasar agama Islam.


Meskipun biaya yang harus Anda keluarga tak sedikit, bahkan berlipat-lipat dari sekolah swasta biasa. Namun semua itu sebanding dengan apa yang anak dapat dalam hal pelajaran.

Sekolah Islam menjadi sebuah tren yang tengah banyak terjadi pada banyak kota. Orang tua merasa lebih bangga serta yakin akan kualitas pendidikan anak.

Apalagi kandungan agama Islam pada sekolah ini lebih besar dan banyak dari pada sekolah umum. Anda sebagai orang tua pasti akan lebih merasa nyaman karena waktu anak lebih banyak berada di sekolah.

Dengan alasan agar anak dapat lebih memahami mengenai ajaran-ajaran agama Islam. Serta agar anak dapat lebih baik dalam banyak hal dari pada orang tuanya.

Mengenal Apa Itu Sekolah Islam Terpadu

Sekolah ini sesungguhnya mengimplementasikan sebuah konsep pendidikan Islam yang berdasarkan pada Al Quran serta As Sunnah. Merupakan sebuah gabungan dari pengembangan ajaran agama Islam.

Melalui sekolah ini sekaligus jalan untuk berdakwah pada bidang pendidikan. Hal ini juga sebagai sebuah ulam melawan pemahaman dikotomi, sekuler serta juz’iyah.

Sekolah dengan sistem serta pengajaran berdasarkan ajaran Islam menjadi yang lebih utama saat ini. Sistem yang memadukan pendidikan agama serta pendidikan umum dalam satu rangkaian.

Sehingga semua pelajaran yang diberikan serta kegiatan lainnya berkaitan dengan ajaran serta nilai Islam. Semuanya terkait  dan tak lepas dari kemaslahat hidup saat ini dan amsa depan.

Semua terkonsep untuk tetap berada dalam ajaran dan nilai-nilai dalam agama Islam. Namun, semua pelajaran yang ada termasuk kurikulum dan ada menggunakan cara pendekatan kekinian serta manfaat untuk masa depan.

Sekolah Islam Terpadu merupakan sebuah gabungan dalam metode pelajaran yang menggunakan cara yang lebih modern. Jika dahulu menggunakan nama pesantren, kini berubah sesuai dengan perkembangan jaman.

Meskipun sekolah ini tak menyediakan penginapan atau boarding, akan tetapi kualitas pendidikan tak terlalu jauh. Masih mengutamakan unsur serta ajaran dalam agama Islam serta penyesuaian lainnya.

Dengan pendekatan yang luas serta modern, agar dapat memacu dan memicu kemampuan anak yang lebih. Anak akan mendapat bimbingan agar bisa mengoptimalkan kerja otak kiri dan kanan.

Kelebihan dan Kekurangan Yang Dimilikinya

Sekolah yang tengah menjadi tren dan pilihan banyak orang tua saat ini karena memiliki banyak kelebihan. Beberapa hal tersebut menjadi daya tarik bagi banyak orang tua terutama yang bekerja.

Berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangan yang ada pada sekolah dengan menggunakan dasar agama Islam ini. Anda bisa menilai apakah sekolah Islam terpadu ini sesuai dengan harapan dan keinginan Anda.

Kelebihan

1. Jam sekolah yang lama atau full day.

Banyak orang tua terutama dengan banyak kesibukan seperti bekerja lebih menyukai sekolah ini. Anda bisa tenang menyekolahkan sekaligus menitipkan anak dari pagi hingga sore.

2. Memiliki fasilitas yang lengkap.

Sangat berbeda dengan sekolah umum lainnya yang fasilitasnya terbatas. Hal inilah yang menjadi daya tarik serta nilai lebih dari pada yang lain.

3. Anak memiliki dasar dan bekal agama lebih kuat.

Sehingga orang tua tak repot lagi menyekolahkan atau memberikan pelajaran mengaji di rumah. Karena anak telah dibekali banyak pelajaran dari ilmu-ilmu dalam Al Quran dan As Sunnah.

4. Memiliki banyak kegiatan positif.

Anak bukan hanya belajar banyak pelajaran dalam sekolah saja juga berbagai kegitan di luar ruangan. Anak lebih terlihat kemampuan serta keterampilan lainnya seperti bidang olah raga, sains juga masih banyak lagi.

5. Anak memiliki bekal agama yang lebih kuat.

Kekurangan dari Sekolah Islam ini adalah :

1. Biaya sekolah yang cukup mahal.

2. Jadwal sekolah yang cukup lama.

3. Pergaulan anak terbatas karena lebih banyak waktu di sekolah.

4. Seringkali anak terlalu lelah setelah pulang sekolah.

Deretan Sekolah Islam Bergengsi di Indonesia

Saat ini ada banyak sekolah Islam terpadu yang bukan hanya terkenal juga terbaik. Bukan sekedar memberikan metode pelajaran untuk masa depan anak, akan tetapi memiliki jaringan yang luas.

Berikut ini beberapa Sekolah terbaik serta bergengsi yang ada di Indonesia saat ini. Anda bisa mulai memilih dan mencari tahu lebih sebelum memutuskan akan menyekolahkan putra putrinya.

Global Islamic School Serpong

Menjadi salah satu pelopor dari sekolah Islam Internasional dengan lingkungan belajar yang sangat nyaman. Terdapat jenjang sekolah yang lengkap mulai dari taman kanak-kanak hingga SMA.

Sekolah ini menggabungkan kurikulum lokal dengan Internasional juga ajaran Islam. Sehingga anak akan lebih unggul dan mampu bersaing tanpa meninggalkan ajaran agama.

Pesantren Modern Gontor

Salah satu sekolah Islam modern yang telah bertransformasi dari sebuah pesantren. Terkenal hingga ke mancanegara dan telah menghasilkan lulusan-lulusan terbaiknya.

Sekolah ini bahkan memiliki jaringan alumni yang tersebar di seluruh dunia. Semua lulusannya mamapu bersaing di kancah Internasional.

Pribadi Bilingual Boarding School Bandung

Sekolah Islam ini terafiliasi dengan PASIAD Turki, sebuah yayasan terbaik untuk pendidikan. Anak akan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar pelajaran serta selama berada di sekolah.

Bahkan tenaga pengajarnya banyak yang berasal,langsung dari Turki agar anak dapat lebih memahami. Bukan hanya memahami pelajaran umum, Islam dan Internasional juga lebih menguasai bahasa Inggris.

Sekolah Bunga Bangsa Samarinda

Memiliki visi dan misi unutk mewujudkan generasi yang Islami dan mampu bersaing di dunia Internasional. Menjadi sekolah terbaik sekaligus bergengsi di Samarinda dengan wawasan dan jenjang yang luas.

International Islamic Boarding School Cikarang

Merupakan salah satu sekolah Islam Terpadu yang masuk jajaran elit dan terkenal di Indonesia. Hal tersebut karena sistem atau program akselerasi yang mampu mempercepat waktu sekolah.

Pada jenjang SMA, siswa yang mengikuti program ini hanya menyelesaikan pendidikan selama dua tahun saja. Apalagi memiliki jaringan sister sekolah yang tersebar hampir di seluruh dunia.

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img