Selebriti Pemilik Klub Bola, Ini Daftar Dari Seluruh Dunia

Selebriti pemilik klub bola kini bukanlah hal luar biasa karena jumlahnya cukup banyak terutama di luar negeri. Tak jauh berbeda, beberapa selebriti tanah air pun mengikuti jejak yang sama.

Mengakuisisi atau pun membentuk sebuah klub sepakbola menjadi berita yang tengah ramai di jagat maya. Mengembangkan sayap sekaligus ikut berperan memajukan sepakbola tanah air, menjadi alasannya.

Anda yang menyukai olah raga menendang bola ini tentu paham bagaimana kondisinya saat ini. Terutama sejak pandemi, membuat sepakbola terpaksa berhenti sementara waktu.

Menjadi salah satu cabang olah raga yang mampu menjangkau semua kalangan masyarakat. Sepakbola selalu ramai dan menjadi favorit semua masyarakat Indonesia juga dunia.

Saat kondisi normal atau sebelum pandemi, sepakbola merupakan sbeuha lahan bisnis yang menjanjikan. Baik itu bagi pemilik atau pengurus klub juga para penjual aksesories serta jersey.

Perkembangan sepakbola cukup pesat dan selalu menarik untuk terus Anda ikuti. Apalagi omset penjualan tiket serta lainnya membuat banyak pengusaha atau pebisnis yang mulai meliriknya.

Hal itu pula yang membuat banyak selebriti kemudian mengakuisisi atau pun membeli sebuah klub sepakbola. Selain melihat peluang bisnis juga kecintaan pada olah raga bola bundar tersebut.

Jumlah selebriti atau tokoh terkenal lainnya yang membeli klub bola semakin bertambah. Bukan hanya di Indonesia juga lainnya terutama pada negara dengan sepakbola yang berkembang pesat.

Saat ini klub sepak bola bukan hanya sekedar menghasilkan para jagoan lapangan hijau. Menjadi sebuah industri yang perkembangannya cukup signifikan dan menjanjikan.

Alasan Selebriti Membeli Sebuah Klub Sepak Bola

Selebriti membeli klub bola kini tengah ramai menjadi perbincangan pada berbagai media, mulai dari televisi, cetak hingga media massa. Seperti berita terhangat mengenai Atta Halilintar yang membentuk sebuah klub sepakbola bersama rekannya.

Atta bukanlah selebriti atau pun pesohor tanah air pertama yang melakukan hal tersebut. Sebelumnya ada Rafi Ahmad serta Gading Marten yang melakukan akuisisi pada klub sepakbola tanah air.

Bukan itu saja, putra presiden RI yaitu Kaesang serta menteri BUMN telah terlebih dahulu. Bahkan tak sedikit tokoh penting serta pengusaha asal negeri ini yang memiliki saham mayoritas pada klub sepakbola luar negeri.

Hal tersebut membuktikan jika selebriti pemilik klub bola bukan hanya sekedar tren sesaat. Namun merupakan sebuah peluang usaha yang semakin besar dan terbuka lebar untuk yang jeli melihatnya.

Selain peluang usaha, ada pula alasan kecintaan pada olah raga yang telah mendunia ini. Ingin meningkatkan dan mensukseskan sepakbola tanah air, menjadi alasan lainnya.

Deretan Selebriti Yang Mengakuisisi Klub Bola

Fenomena selebriti yang membeli, mengakuisisi atau pun membentuk sebuah klub bola bukan hanya di Indonesia saja. Di beberapa negara lain hal tersebut telah lama menjadi pilihan bisnis banyak selebriti.

Bahkan para pemain atau bekas pemain sepakbola sendiri pun memutuskan untuk melakukan akuisisi. Tak sedikit yang kemudian menjadi pemegang saham terbesar dari klub sepakbola tersebut.

David Beckham

Pesepakbola asal negeri ratu Elizabeth ini memutuskan untuk membeli tim ekspansi MLS pada tahun 2014. Dengan nilai kontrak sebesar $ 25 juta, merupakan bagian dari kontrak David Bechkam bersama LA Galaxy.

Nama group ivestor pimpinan Beckham ini bernama Inter Miami. Klub ini mulai bermain di tahun 2020 pada MLS.

Matthew McConaughey

Selebriti pemilik klub bola berikutnya adalah aktor terkenal Matthew McConaughey.  Bersama pengusaha lokal serta beberapa lainnya menjadi mitra di Two Oak Ventures.

Two Oak Ventures merupakan pemilik dari klub sepakbola Austin FC yang CEO nya adalah Anthony Precourt. Menambah daftar nama selebriti yang memiliki saham sebuah klub sepakbola.

Class of 92

Merupakan sebutan untuk beberapa orang mantan pemain Menchester United seperti Gary Nevile, Ryan Giggs, Nicky Butt, Phil Neville serta Paul Scholes.  Class of 92 pada tahun 2014 mem utuskan untuk berinvestasi atau mengakuisisi Salford City FC.

Bukan hanya Class of 92 saja yang berinvestasi di Salford saja, tapi bergabung juga David Beckham serta pengusaha sekaligus pemilik Valencia, Vincent Tan. Berawal dari keprihatinan terhadap kondisi klub  di divisi bawah liga Inggris.

Lebron James

Anda yang menyukai olah raga basket pasti mengenai nama yang satu ini. Seorang superstar asal Los Angeles yang telah memenangkan tiga gelar dari NBA dan masih banyak lagi.

Meskipun jumlah sahamnya hanya minoritas yaitu 2%, akan tetapi pada juara liga primer musim lalu. Pada 2011 memutuskan membeli saham klub Merseyside dengan nilai $ 6,5 juta.

Sejak saat itu, Liverpool mampu membuktikan diri dan menjadi juara pada liga champions serta liga premier setelah 30 tahun. Nilai investasinya pun ikut melambung menjadi $ 32 juta, jumlah yang luar biasa.

Kevin Durant

Selebriti pemilik klub bola lainnya adalah superstar NBA yaitu kevin Durant pada Juni 2020 memutuskan untuk membeli saham dari Philadelphia Union. Meskipun membeli  hanya 5 %, mantan MVP NBA juga pemain Brooklyn Nets, nantinya dapat membeli lagi 5 %.

James Harden

Pada juli tahun 2020 saham dari Houston Dynamo sebesar 5% menjadi milik dari James Harden. Bahkan ada pula Oscar de la Hoya yang merupakan mantan petinju juara dunia yang memiliki saham di Houston Dynamo.

Zlatan Ibrahimovic

Selebriti pemilik klub bola berikutnya pada November 2019 dan memegang 23,5 % dari saham Hammarby IF. Klub sepakbola ini termasuk dalam jajaran papan atas Swedia yang berasal dari Stockholm.

Pemilik sebelumnya yang juga mantan pemilik klub LA Galaxy yaitu Anschutz Entertainment Group. Pemilik inilah yang kemudian melepas setengah kepemilikannya kepada Zlatan Ibrahimovic di Hammarby.

John Lenon

Merupakan ikon pop serta legendaris asal Inggris ini selalu hadir di Vicarage Road. Menjadi presiden kehormatan group serta selalu hadir disetiap pertandingan kandang Watford.

Selebriti ini bahkan memiliki stand pada tahun 2014 yang namanya sama dengan dirinya. Termasuk selebriti yang lebih awal dan terdahulu aktif berkecimpung dalam sebuah klub sepak bola.

Ronaldo

Mantan pemain sepakbola asal brasil yaitu Ronaldo menjadi pemegang saham mayoritas pada sebuah klub sepak bola. Tepatnya di  3 september 2018 Ronaldo sah menjadi pemilik baru Real Valladoid.

Ronaldo sekaligus menjadi pengendali klub sepakbola yang berada di posisi 16 pada La Liga. Bahkan pada tahun 2020, saham yang dimiliki oleh Ronaldo bertamnbah menjadi 82 %.

Gerard Pique

Klub yang berkompetisi pada Segunda Division B dan berada pada tingkat ketiga sepak bola Spanyol akhirnya melakukan akuisisi. Tepatnya pada Desember 2018 melalui Kosmos Holding Gerard Pique membeli klub FC Andorra.

Masih melalui perusahaan yang sama yaitu Kosmos Holding, Gerard Pique menjadi pemilik saham mayoritas. Sebuah klub sepak bola lainnya yaitu Gimnastic Manresa yang berasal dari Spanyol juga.

Steve Nash

Melalui sebuah perusahaan atau group pada Januari 2016 Nash menjadi salah satu pemilik saham klub Segunda Division Spanyol RCD Mallorca. Nilai pembelian saham tersebut cukup besar yaitu $ 21 juta.

Dalam group tersebut terdapat pula Robert Sarver yang merupakan pemilik Phoenix juga wakil ketuanya dari Suns Andy Kohlberg. Bukan mereka saja dalam group tersebut, terdapat juga Stuart Holden serta Kyle Martino yang merupakan mantan pemain tim sepak bola nasional AS.Itulah beberapa selebriti pemilik klub bola yang telah lebih dulu melakukan akuisisi. Karena nyatanya investasi yang mereka lakukan menguntungkan dan nilainya terus bertambah.