Sinopsis Film KPK Endgame, Kesaksian Tes Wawasan Kebangsaan

Sinopsis Film KPK Endgame Kesaksian Atas Tes Wawasan Kebangsaan
Sinopsis Film KPK Endgame. Foto: Ist/Net

Sinopsis film KPK Endgame menjelaskan kesaksian para anggota KPK yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan. Film dokumenter yang baru-baru ini rilis kini menjadi perbincangan publik. Pasalnya banyak tindakan yang merugikan orang lain.

Film KPK Endgame merupakan hasil karya dari rumah produksi Watchdoc. Sudah ada dua video trailer yang mereka rilis. Tentu saja video tersebut menunjukkan kesaksian sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ada informasi yang mengatakan bahwa trailer kedua dari film ini sudah mendapatkan 107,1 ribu penonton. Memang luar biasa antusias masyarakat dengan kehadiran film KPK Endgame.

Namun, tidak semuanya berpihak pada hal baik. Banyak oknum tak bertanggung jawab yang meretas akun sosmed milik rumah produksi. Hal ini kaitannya dengan pembongkaran aib KPK dalam sebuah film dokumenter.

Baca Juga: Sinopsis A Frozen Flower, Dilema Antara Cinta dan Kekuasaan

Sinopsis Film KPK Endgame Terbaru 2021

Film dokumenter KPK Endgame menjadi polemik yang panas saat ini. Utamanya ketika rumah produksi Watchdoc Documentary yang memberikan informasi resmi terkait film ini. Bahkan banyak tindakan yang tidak bertanggung jawab mereka dapatkan.

Banyak akun dan penonton yang diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. Hal ini tentunya sangat meresahkan semua orang. Informasi terkait film KPK saat ini adalah sasaran berikutnya.

Latar belakang film ini adalah adanya tes wawasan kebangsaan dengan ketua Firli Bahuri. Tes ini membangunkan animo masyarakat untuk menguaknya lebih dalam.

Kesaksian Pegawai KPK

Sinopsis film KPK Endgame menunjukkan bahwa ada 16 orang pegawai KPK yang melakukan kesaksian. Mereka sudah fix akan dipecat dan tidak lulus uji tes wawasan kebangsaan.

Terlihat para pegawai yang bebas tugas dari pekerjaanya memberikan kesaksian bahwa TWK diskriminatif. Banyak hal yang mereka ungkapkan sebagai bentuk kesaksian.

Baca Juga: Sinopsis The Tarix Jabrix, Kisah Geng Motor Terkenal dan Good Attitude

Beberapa ada yang menyebut bahwa materi tidak ada hubungannya dengan kompetensi mereka. Mengingat bahwa tugas utama pegawai KPK adalah menangani kasus korupsi Indonesia.

Menguak Soal Tes Wawasan Kebangsaan

Sinopsis film KPK Endgame menunjukkan tes wawasan kebangsaan tersebut kurang pas. Hal ini karena cenderung seksisi pada perempuan pegawai KPK.

Bagi mereka banyak pertanyaan yang kurang sesuai sehingga menjebak. Bahkan itu bukanlah pertanyaan yang layak sebagai bahan tes wawasan kebangsaan.

Terdapat beberapa pertanyaan yang seharusnya tidak boleh ada. Pasalnya hanya menjurus pada satu fokus atau tidak secara umum.

Sinopsis film KPK Endgame memperlihatkan detail pertanyaan yang cukup membuat banyak orang terheran. Misalnya pertanyaan “Memilih Pancasila atau Al Quran?”, ” Mau tidak untuk melepas kerudung?”.

Ada pertanyaan yang kurang etis untuk sebagian orang. “Kalau pacaran ngapain aja?” Mungkin tidak ada hubungannya dengan wawasan kebangsaan.

Justru seakan-akan merupakan pertanyaan konyol yang tidak pantas. Namun, semuanya sudah terlanjur karena tes telah berlalu.

Beberapa Pertanyaan TWK yang Kurang Berkorelasi dengan Korupsi

Sinopsis film KPK Endgame menunjukkan pemberhentian beberapa pegawai menyebabkan penyidikan kasus korupsi terhenti. Utamanya kasus berat dan besar yang berdampak pada keselamatan negara.

Belum lagi ada beberapa pegawai yang memiliki agama berbeda-beda membantah tegas isu Taliban. Tak heran bila isu ini menjadi kontroversial tatkala semuanya tersebar begitu cepat.

Banyak orang yang rugi dengan isu Taliban. Riswin yang merupakan warga Tiongkok mengaku tidak bisa bekerja karena isu tersebut.

Tak hanya itu saja, pria ini beragama Buddha yang membunuh dirinya mengikuti paham radikal Taliban. Pasalnya isu terkait Taliban benar-benar menyeret nama banyak orang.

Melenceng dari Tugas KPK

Sinopsis film KPK Endgame membahas pegawai lainnya yang membongkar beberapa pertanyaan TWK. Ada pertanyaan yang membahas Hizbut Tahrir Indonesia dan LGBT.

Bagi mereka pertanyaan ini sangat tidak berkorelasi dengan pemberantasan korupsi. Justru masuk bagian diskriminatif yang tidak pantas untuk Tes Wawasan Kebangsaan seorang pegawai KPK.

Awal mulanya pertanyaan tersebut meminta terkait pendapat DI/TII, OPM, HTI, dan FPI. Hanya saja ada pertanyaan yang melenceng mengenai LGBT.

Para pegawai masih ada yang menangani kasus korupsi bansos Covid-19. Namun, kini masa jabatannya sudah harus turun. Tentu saja kasus tersebut tidak terselesaikan dengan maksimal.

Penasaran dengan kisah lengkah sinopsis film KPK Endgame? Tonton film ini agar bisa menguak tentang pegawai KPK yang dipurnatugaskan karena TWK. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu