Sistem Operasi HarmonyOS Resmi Hadir, Yakin Bisa Saingi Android?

Sistem Operasi HarmonyOS
Ilustrasi Sistem Operasi HarmonyOS. Foto: Ist/Net

Sistem operasi HarmonyOS siap hadir pada beberapa perangkat Huawei. Sistem operasi original yang diusung Huawei ini resmi meluncur pada 2 Juni 2021.

Mengutip dari Gizmochina pada 1 Juni 2021 lalu, beberapa perangkat yang diyakini menjalankan sistem operasi ini adalah seri Mate40, Mate 40 Pro, termasuk Mate 40 Pro Plus, MatePad Pro, serta Mate 40 RS. Terdapat pula seri lain seperti P40, P40 Pro, P40 Pro Plus, Nova 8, serta Nova 8 Pro.

Huawei sendiri telah menargetkan jika HarmonyOS akan ada pada 250 juta perangkat hingga akhir 2021 mendatang. Sebagian besar perangkat yang mereka targetkan merupakan perangkat yang sebelumnya menggunakan sistem operasi Android dan selanjutnya akan pindah ke HarmonyOS.

Mengenal Sistem Operasi HarmonyOS

Richard Yu, CEO Huawei Business Consumer Group, menyatakan bahwa HarmonyOS telah siap berjalan dalam perangkat smartphone mereka. Hal ini artinya, HarmonyOS memang sengaja untuk menciptakan ekosistem terpadu bagi jutaan pengguna yang berpotensial.

Baca Juga : Memasang Bochs di HP, Permudah Jalankan Sistem Windows di Android

Bahkan, kemungkinan besar, sistem operasi ini akan menjadi juru selamat bagi Huawei. Lalu apakah yang dimaksud dengan HarmonyOS? Huawei menyatakan bahwa HarmonyOS merupakan sistem operasi open source microkernel.

Hal ini memiliki arti, perangkat lunak ini mempunyai fungsi minimal yang bermanfaat untuk membuat sebuah OS berbasis Android. Namun mereka tak langsung mengemas menjadi sebuah OS, akan tetapi sebagai OS dalam perangkat IoT (Internet-of-Things).

Perlu anda ingat, meskipun Android merupakan sebuah OS open sourece, akan tetapi Google telah memberlakukan adanya pembatasan tertentu pada produsen smartphone serta tablet. Hal ini dengan imbalan menjalankan aplikasi serta layanan utama pada perangkat mereka.

Oleh karena itu, sistem operasi HarmonyOS hadir berdasarkan pada microkernel. Sehingga akan lebih sedikit kode yang harus mereka hadapi.

Lalu menghasilkan komunikasi yang kian cepat dan kurangi latensi yang signifikan antar komponen perangkat keras. Hal ini telah menggambarkan preferensi pada produk IoT.

Kelebihan Sistem Operasi HarmonyOS

HarmonyOS hadir sebagai sistem operasi generasi berikutnya untuk smartphone. Mulai dar HP, tablet, hingga smartwatch. Pada perangkat tersebut, HarmonyOS menyediakan bahasa umum untuk berbagai jenis perangkat, dengan tujuan agar  dapat saling terhubung serta berkolaborasi.

Baca Juga : Sistem HarmonyOS, Besutan Huawei Terbaru

Lalu memberikan pengalaman yang lebih nyaman, aman, dan lancar bagi pengguna. Sistem HarmonyOS hadir dengan menggunakan teknologi terdistribusi. Hal ini bertujuan untuk memenuhi beragam kebutuhan semua jenis perangkat yang berbeda dalam satu sistem.

Bagi para developer, HarmonyOS memungkinkan adanya pengimbangan lintas platform serta penerapan aplikasi lintas perangkat. Dengan demikian, dapat membuat pengembangan aplikasi pada seluruh perangkat menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Menariknya lagi, tampilan dari sistem operasi terbaru ini mempunyai banyak kesamaan pada Android 10. Hal ini memperlihatkan bahwa sistem operasi baru pada Huawei ini sebenarnya merupakan Android dengan EMUI serta beberapa penyesuaian.

Sesuai dengan laporan Ars Techina yang telah mendalami HarmonyOS generasi sebelumnya, menyatakan bahwa pada dasarnya banyak kode yang menggunakan versi open source Android.

Perangkat yang Akan Mengusung Sistem Operasi HarmonyOS

Dalam peluncuran HarmonyOS, Huawei akan memperbaharui kurang lebih 100 perangkatnya secara global dengan menggunakan sistem operasi ini.

Perangkat tersebut mencakup tablet, HP, hingga MatePad Pro. Hal ini tentunya menjadi perubahan yang cukup besar dari ponsel sebelumnya yang telah menjalankan versi open source Android.

Pada awalnya, HarmonyOS akan hadir pada smartphone flagship teranyar seperti Huawei Mate 40 Series, Huawei Mate 30 Series, Huawei P40 Series, Huawei Mate X2, Huawei Nova 8 Series, serta Huawei P490 Series.

Sebelum akhirnya rilis lebih banyak perangkat pada akhir tahun ini. Rencananya, ponsel Huawei Mate 9, Huawei Mate 10, Huawei P20, serta Huawei P10 kemungkinan akan menerima pembaharuan pada paruh pertama 2022.

Bagi pengguna yang akan mencoba sistem HarmonyOS terbaru dapat mengirimkan permintaan pada Huawei Club atau aplikasi My Huawei. Atau dapat pula dengan mendaftarkan diri pada HarmonyOS Experience.

Selain untuk perangkat HP, Huawei juga mengumumkan tablet MatePad Pro terbaru serta jam tangan pintar Huawei Watch 3 juga dapat menjalankan HarmonyOS ini.

Beberapa keunggulan di atas ditawarkan oleh sistem operasi HarmonyOS. Kita lihat saja apakah OS milik Huawei ini memang mampu mengganti sistem operasi Android besutan Google atau tidak. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto