Spesifikasi Kawasaki J125 Akan Menjadi Pesaing Nmax dan PCX

Spesifikasi Kawasaki J125 Akan Menjadi Pesaing Nmax dan PCX
Ilustrasi spesifikasi Kawasaki J125. Foto: Ist/Net

Spesifikasi Kawasaki J125 kini hadir sebagai skuter matik. Ternyata tidak hanya merek Honda, Yamaha, dan Suzuki saja yang memiliki skutik gambot. Pabrikan Kawasaki yang ada di Indonesia selalu menyediakan pilihan motor premium.

Pilihan motornya biasanya cenderung ke jenis motor adventure, sport, dan naked bike. Namun, Kawasaki juga memiliki skutik gambot, yaitu Kawasaki J125.

Baca Juga : Kawasaki Ninja ZR-25R Resmi Rilis, Berikut Harga dan Spesifikasi

Meskipun kapasitas mesinnya hanya 125 cc, dimensi bodi Kawasaki J125 terbilang bongsor. Tidak jauh berbeda dengan Yamaha Nmax dan Honda PCX 160.

Review Spesifikasi Kawasaki J125

Kawasaki J125 memiliki spesifikasi tampilan serupa dengan saudaranya, Kawasaki J300. Sepertinya skutik Kawasaki J125 juga menggunakan basis desain Kawasaki J300. Menggunakan desain dasarnya skutik premium khas daratan Eropa dengan memadukan grafis Kawasaki.

Kawasaki tampak dari sisi depan atau belakangnya menggunakan desain yang terinspirasi dari ikan hiu. Hal ini terlihat dari lampu depan dan belakangnya yang menyipit seperti moncong ikan hiu. Tampilannya tampak sangar dan elegan yang lebih kuat pada kedua bagian ini.

Desain Kawasaki J125 tampak agresif dengan lekuk bodinya yang tajam. Bagian depan dan lampu utamanya, masih serupa dengan desain motor sport Kawasaki. Seperti halnya dengan desain Ninja 250. Penambahan dengan visor transparan yang cukup tinggi.

Lampu depannya masih menggunakan lampu bohlam biasa. Sedangkan lampu belakangnya sudah menggunakan teknologi LED. Spesifikasi tempat duduk Kawasaki J125 tampak bertingkat antara pengemudi dan penumpang di belakangnya. Sehingga, memberikan kenyamanan saat berkendara.

Pijakan kakinya juga cukup luas untuk pengemudi. Kawasaki J125 hadir dengan posisi stang yang lebih tinggi daripada jok motor. Sehingga saat berkendara, posisi tubuh pengendara akan tegak. Tentunya tubuh pengendara Kawasaki J125 tidak akan mudah pegal dan capek.

Mesin

Kawasaki J125 menggunakan spesifikasi mesin dengan kapasitas 125 cc SOHC, 4-tak. Skutik dengan satu silinder serta berpendingin cairan. 

Dapur pacu Kawasaki ini menggunakan mesin bertipe Single Cylinder, Four-Stroke. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum sebesar 13.81 Hp pada 9.000 rpm.

Baca Juga : Kawasaki Ninja ZX 4R, Akan Hadir dengan Tenaga Lebih Powerfull

Sedangkan torsi puncaknya mencapai sebesar 11.50 Nm pada 7.000 rpm. Skutik Kawasaki J125 ini menggunakan jenis sistem bahan bakar Injection.

Sehingga menjadikan skutik akan tetap irit bahan bakarnya. Mesin dari Kawasaki J125 cukup kecil, bahkan di Indonesia sama dengan motor skutik pada umumnya.

Rangka

Kawasaki J125 menggunakan rangka dengan tipe Tubular Diamond, steel. Pada bagian suspensinya dengan Telescopic fork untuk sisi depannya. Sedangkan bagian belakangnya menggunakan Twin Shocks with 5-way Adjustable Preload.

Untuk spesifikasi kaki-kaki Kawasaki J125 model teleskopik dengan diameter 37 mm. Bagian pengereman, baik depan dan belakangnya sudah menggunakan rem cakram. Cakram depannya berdiameter 260 mm dan cakram belakang diameternya 240 mm.

Kawasaki J125 telah menggunakan teknologi Anti-lock Braking System (ABS). Ban depan dan ban belakang Kawasaki ini menggunakan ukurannya yang berbeda. Ban depannya menggunakan ring 14 inci. Sedangkan ban belakangnya menggunakan ring 13 inci.

Kawasaki J125  memiliki dimensi dengan panjang 2.235 mm, lebar 775 mm, dan tinggi 1.260 mm. Sedangkan bagian jok Kawasaki J125 setinggi 775 mm. Bagian ground clearance skutik ini 145 mm dan wheelbase 1.555 mm.

Fitur

Mengenai fitur Kawasaki J125 membekalinya dengan panel instrumen gabungan digital dan analog. Layar LCD pada bagian tengah diapit panel instrumen analog speedometer dan tachometer. Layar LCD tersebut menampilkan berbagai informasi.

Baca Juga : Kawasaki Ninja H2 SX Test Uji Jalan, Ubahan Tampilan dan Sistem Radar

Seperti odometer, dual trip meter, jam, service mode, fuel meter, temperatur, dan engine warning symbol. Spesifikasi Kawasaki J125 dengan bagasi berkapasitas cukup luas. Sehingga dapat menempatkan satu buah helm full face.

Fitur menarik lainnya pada tuas rem yang dapat diatur jaraknya. Pada bagian kotak kompartemen depan juga terdapat power outlet untuk keperluan mengecas ponsel. Ada pula fitur lampu otomatis yang menyala saat penggunanya membuka jok skutik ini.

Namun, kunci kontaknya masih menggunakan model konvensional dengan pengaman magnet. Skutik ini belum melengkapinya dengan teknologi keyless.

Harga

Melihat spesifikasi tangguhnya, Kawasaki J125 ditawarkan 4.249 poundsterling atau sekitar Rp 85.7 jutaan. Di Eropa, Kawasaki J-Series bisa terbilang laris manis. Skutik ini akan bersaing di Indonesia apabila membekalinya dengan mesin 150 cc. Tentunya setara dengan Nmax dan PCX.

Kini hadir skutik baru. Spesifikasi Kawasaki J125 sangat tangguh. Dimensi bodinya tidak jauh berbeda dengan Yamaha Nmax dan Honda PCX 160. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto