Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita PangandaranSungai Ciputrapinggan Bakal Jadi Obwis Baru di Pangandaran

Sungai Ciputrapinggan Bakal Jadi Obwis Baru di Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemda Pangandaran, Jawa Barat, berencana akan kembangkan potensi Sungai Ciputrapinggan sebagai objek wisata (obwis) baru menyusuri sungai.

Bupati Pangandaran, H Jeje Wiradinata mengungkapkan, bahwa ide menjadikan sungai tersebut menjadi obwis adalah dari Mantan Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.

“Ini idenya dari hasil diskusi dengan Ibu Susi Pudjiastuti. Kalau malam hari suasananya enak dan indah, maka perlu terus disosialisasikan agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai,” ungkapnya Minggu (13/6/2021).

Menurutnya, penduduk sekitar Sungai Putrapinggan ini tidak terlalu banyak dan terbatas. “Sehingga, mudah untuk pengendaliannya tidak jor-joran buang sampah ke sungai,” kata Jeje Wiradinata

Bahkan, lanjut Jeje, sebagai Bupati Pangandaran, maka ia memerintahkan camat satu minggu untuk sosialisasi larangan buang sampah ke sungai tersebut.

“Nanti camat dan kades yang berada di sekitar sungai ini agar melakukan kajian. Seperti potensi apa saja yang bisa dikembangkan, pembagian kewenangannya seperti apa. Dan saya minta 1 Juli nanti, sungai sudah bebas sampah, serta ada pengembangan untuk objek wisata barunya,” pungkas Jeje.

Adapun wilayah Sungai Ciputrapinggan tersebut berada di wilayah 2 kecamatan, yakni Kecamatan Kalipucang dan Pangandaran. Dan juga 3 desa, yaitu Desa Babakan, Sukahurip, dan Putrapinggan.

Camat Pangandaran, H Yadi Setiadi mengatakan, akan segera mensosialisasikan kepada masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Selain itu, ia bersama Camat Pangandaran juga akan membuat kajian bersama dengan tiga desa sekitar Sungai Ciputrapinggan.

“Kajian tersebut untuk menggali potensinya apa saja kedepan yang bisa dikembangkan,” kata Yadi.

Sementara untuk pembagian konsep dari kecamatan seperti apa dan desa bagaimana, pihaknya belum memiliki konsepnya.

“Rencananya hari Selasa besok kita bahas dan kaji dengan dua camat dan pihak desa,” ujarnya.

Jadi Obwis Baru, 1 Juli Sungai Ciputrapinggan Pangandaran Bebas Sampah

Sementara itu, Susi mengatakan, bahwa sungai Ciputrapinggan sangat cantik dan bisa buat objek wisata baru menyusuri sungai. Sehingga, nantinya pengunjung bisa menyusuri sungai dengan menggunakan perahu dari muara ke muara.

“Pemandangan sungai ini juga sangat bagus,” kata Susi saat acara sosialisasi penanganan sampah di Pamegeulan atau komplek PBI Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Minggu (13/6/2021).

Namun, lanjut Susi, untuk mewujudkan hal tersebut, maka ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Sehingga, keindahan dan keasriannya tetap terjaga.

“Akhirnya keinginan kita tercapai, mulai 1 Juli Sungai Ciputrapinggan bebas sampah, juga tentunya sungai yang lainnya,” ujarnya.

Selain melarang membuang sampah ke sungai, mantan Menteri KKP ini juga mengimbau kepada masyarakat jangan menebang pohon bakau dan dahon.

“Biar yang ada tetap terjaga. Silahkan dikembangkan agar lebih menarik lagi,” katanya. (Madlani/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto