Sunnah Memakai Cincin Seperti Nabi SAW, Berikut Ini Penjelasannya

Sunnah Memakai Cincin Seperti Nabi SAW, Berikut Ini Penjelasannya
Ilustrasi Sunnah Memakai Cincin. Foto: Ist/Net

Sunnah memakai cincin menjadi salah satu sunnah bagi Nabi Muhammad SAW. Banyak sekali yang menanyakan hal tersebut. Mengapa? Apakah laki-laki itu juga boleh untuk menggunakan cincin? Dalam agama Islam sendiri sudah dijelaskan bahwa, boleh seorang laki-laki itu untuk menggunakan cincin. Asalkan cincin tersebut tidak terbuat dari emas.

Cincin bukanlah suatu hal yang baru lagi bagi kita dan sejarah peradaban agama Islam. Dalam sebuah Hadits juga, Baginda Nabi Muhammad SAW sewaktu masa hidupnya juga menggunakan cincin pada salah satu jari tangannya. Perlu Anda ketahui juga, bahwa cincin yang Baginda gunakan itu tidak mewah seperti model-model zaman sekarang.

Perkembangan mengenai penggunaan cincin zaman seperti sekarang ini sudah menjadi-jadi dan 180 derajat berbeda dengan dahulu. Jika pada zaman dahulu acara nikahan atau lamaran seorang laki-laki tidak menggunakan cincin, tetapi sekarang menggunakan. Meski mereka tidak tahu bagaimana hukum Islam itu berpendapat. 

Apakah memakai cincin untuk laki-laki itu adalah sunnah? Langsung saja mari kita simak penjelasan yang lebih lengkapnya sesuai dengan sunnah dari baginda Nabi dan ajaran agama Islam.

baca juga: Sunnah Memakai Celak untuk Kaum Hawa dan Adam Berdasarkan Islam

Sunnah Memakai Cincin Seperti Baginda Nabi Muhammad SAW

Dalam Hadits riwayat Bukhari sudah dijelaskan bahwa: Cincin yang Nabi gunakan terdapat ukiran namanya. Nabi SAW bersabda, “Sungguh aku membuat cincin yang terbuat dari perak yang terdapat ukiran Muhammad Rasulullah”. Dengan demikian pula, jangan sampai kita membuat cincin dengan ukiran yang demikian pula.

Tujuan utama Baginda Nabi membuat cincin tersebut adalah untuk dijadikan stempel surat Dakwah yang akan Beliau kirimkan ke segala penjuru dunia.

Pertanyaan mengenai sunnah memakai cincin untuk laki-laki berarti sudah terjawab, boleh. Asalkan tidak yang terbuat dari emas.

baca juga: Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam, Berikut Ini Penjelasannya untuk Anda

Kisah Singkat Baginda Nabi Muhammad SAW Membuat Cincin untuk Stempel

Mengapa terdapat sunnah untuk memakai cincin? Seperti penjelasan mengenai kisah tersebut, pada zaman dahulu Nabi SAW hendak menuliskan surat untuk para Kaisar Persia, Romawi, dan Najasyi Ethiopia.

Akan tetapi, para sahabat mengatakan bahwa raja-raja tersebut tidak mau menerima surat tersebut jika tidak terdapat stempel resminya. Maka dari itulah, muncul sunnah memakai cincin. Setelah meninggal pun, cincin tersebut juga masih digunakan Khulafaur Rasyidin sebagai stempel surat.

baca juga: Doa Qunut Pendek Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Penjelasan

Jari yang Mana yang Boleh Menggunakan Cincin?

Setelah mengetahui bahwa seorang laki-laki itu juga memiliki sunnah memakai cincin, banyak juga yang menanyakan pada jari kanan atau yang kiri? Berbeda dengan para perempuan, letak manapun dan terbuat dari apapun boleh saja menggunakannya. Bahkan saat ini juga sudah banyak model yang bisa menjadi pilihan untuk para wanita.

Meskipun memakai cincin adalah sunnah, akan tetapi untuk para laki-laki yang ingin memakai cincin harus memenuhi syarat dan ketentuan tertentu seperti yang sudah Baginda Nabi SAW ajarkan.

Lalu mengenai letaknya, imam Nawawi menjelaskan bahwa boleh untuk menggunakan cincin untuk jari kanan maupun kiri. Tidak pula makruh untuk memilih salah satu dari keduanya.

Hanya saja para ulama berbeda pendapat mengenai hal ini. Manakah yang sekiranya lebih afdhal, kanan atau kiri. Untuk Salaf sunnah menggunakan cincin kebanyakan di jari kanan, kebanyakn lagi jari tangan kiri. 

Sedangkan Imam Malik sendiri mengatakan bahwa lebih sunnah di jari kiri, tetapi beliau juga memakruhkan di tangan kanan untuk memakai cincin. Ulama Syafi’iyah, jari kanan lebih afdhol untuk sunnah menggunakan cincin ini. Alasannya adalah untuk berhias diri dan tangan kanan lebih mulia.

Letak Cincin Baginda Rasul

Meski terdapat perbedaan pendatang dari para ulama mengenai sunnah menggunakan cincin ini. Karena Nabi Muhammad sendiri menggunakan cincin ini pada jari bagian kiri. Sebagaimana hadits riwayat Muslim:

Perlu Anda ketahui, bahwa memakai cincin pada jari kelingking jauh dari percelahan karena paling pinggir, tidak mengganggu aktivitas. Tentunya sangat berbeda jika Anda memasangkannya pada jari yang lainnya.

Penjelasan mengenai sunnah memakai cincin tersebut bisa membantu Anda untuk memahami mengenai bagaimana hukumnya dan menjalankan sunnah dari Baginda Rasul Muhammad SAW. (Muhafid/R6/HR-Online)