Tambah Kontak Telegram Tanpa Nomor HP, Simak Cara Mudahnya!

Tambah Kontak Telegram Tanpa Nomor HP
Ilustrasi Tambah Kontak Telegram Tanpa Nomor HP. Foto: Ist/Net

Tambah kontak Telegram tanpa nomor HP dapat Anda lakukan dengan mudah. Menambahkan kontak pada aplikasi Telegram, memiliki cara yang cukup berbeda dengan aplikasi chatting lainnya. Seperti pada Line ataupun WhatsApp.

Awalnya pada aplikasi Telegram, para pengguna harus memasukkan serta mencari terlebih dahulu nomor ponsel seseorang, agar dapat pengguna tambahkan ke daftar kontak.

Baca Juga : Memindahkan Chat WhatsApp ke Telegram di Android, Ini Cara Mudahnya

Namun saat ini terdapat cara lain yang lebih mudah untuk menambahkan kontak pada telegram tanpa harus mengetahui nomor HP. Penasaran bagaimana caranya. Berikut kita simak penjelasan lengkapnya.

Cara Tambah Kontak Telegram Tanpa Nomor HP

Cara menambahkan kontak pada aplikasi Telegram dapat dikatakan cukup berbeda dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya. Pada aplikasi WhatsApp misalnya, bagi pengguna yang akan menghubungi teman cukup mengunjungi menu kontak yang telah tersedia pada ponsel mereka.

Apabila Anda mempunyai akun WhatsApp, maka dapat secara langsung terhubung dengan kontak yang terdapat pada perangkat HP. Namun berbeda dengan aplikasi Telegram.

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, pengguna aplikasi Telegram harus terlebih dahulu memasukkan serta mencari nomor telepon teman terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk dapat menambahkan teman tersebut ke dalam daftar kontak. Akan tetapi untuk saat ini tambah kontak Telegram dapat Anda lakukan secara lebih mudah tanpa adanya nomor HP.

Tahapan untuk Tambah Kontak Telegram Tanpa Nomor HP Melalui Menu Settings

Berikut ini langkah-langkah untuk menambahkan kontak pada Aplikasi Telegram tanpa harus mengetahui nomor ponsel dari kontak antara lain:

  • Pertama buka aplikasi Telegram pada ponsel Anda. Kemudian klik ikon tiga titik yang terdapat pada pojok kiri atas pada halaman utama untuk membuka menu pengaturan.
  • Langkah berikutnya, pilih “Setting”, lalu klik “Username” pada sub menu “Account”.
  • Buat username pilihan Anda, apabila belum memiliki username pada akun Telegram.
  • Selanjutnya, dalam proses tambah kontak Telegram tanpa nomor HP, setelah berhasil membuat username, bagikan link pada bagian bawah kepada kenalan yang akan menambahkan kontak Anda.
  • Apabila Anda ingin menambahkan kontak cari username kenalan Anda pada kolom search. Hal ini terletak pada bagian atas kolom riwayat chat.
  • Lalu ketik username kontak Anda dengan menambahkan karakter “@” pada bagian awal, sebagai contoh “@Budiman”
  • Pastikan Anda dan teman Anda sudah saling mengetahui masing-masing username sebelum memasukkan kata kunci usernamenya.
  • Maka akan muncul hasil pencarian username yang sudah sesuai. Kemudian langsung klik untuk menambahkannya ke dalam daftar kontak.

Tambah Kontak Telegram Tanpa Nomor HP Melalui Fitur Add People Nearby

Cara lain untuk menambahkan kontak dari sesama pengguna Telegram tanpa harus menggunakan nomor kontak adalah dengan menggunakan fitur Add People Nearby atau tambahkan orang terdekat.

Hal ini berarti, para pengguna aplikasi Telegram dapat menyimpan kontak secara lebih mudah ketika orang lain mengirim pesan. Fitur Add People Nearby hadir untuk memudahkan para pengguna dalam bertukar kontak berdasarkan lokasi, tanpa perlu meminta nomor HP.

Baca Juga : Aplikasi Nama Kontak Get Contact, Intip Cara Menggunakan dan Fiturnya

Sesuai dengan laporan BGR, fitur ini hadir dalam pembaharuan versi 5.8 dengan memuat sejumlah fitur baru. Fitur ini tersedia pada perangkat Android maupun iOS. Untuk dapat menggunakan fitur ini, kedua pihak harus mengaktifkan terlebih dahulu mode ini.

Dengan tujuan agar terdeteksi satu sama ain. Selanjutnya buka kontak serta temukan kontak yang Anda maksud. Apabila telah Anda temukan, klik nama profil serta tambahkan ke kontak.

Menemukan Grup pada Telegram Berdasarkan Lokasi

Selain cara tambah kontak Telegram tanpa nomor kontak melalui pengaturan dan fitur Add People Nearby, pengguna juga dapat menemukan grup berdasarkan lokasi.

Cara kerja fitur ini adalah pada saat grup ini telah dibuat, maka pengguna yang berada disekitar area tersebut dapat secara langsung mencari grup tersebut dan langsung bergabung.

Lalu bagaimanakah menambahkan teman? Maka grup lokal ini dapat Anda cari dengan membuka menu kontak. Kemudian klik “Add People Nearby” atau cari teman dekat untuk menemukan grup lokal tersebut.

Selain itu, fitur ini bermanfaat untuk Anda gunakan pada area kerja atau kampus tanpa harus repot-repot menambahkan kontak. Menyimpan kontak dari “chat” fitur baru aplikasi chat satu ini memudahkan pengguna dalam proses tambah kontak Telegram tanpa nomor HP. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto