Tanda Oli Mobil Kurang, Jangan Anggap Sepele Karena Mesin Bisa Rusak

Tanda Oli Mobil Kurang
Ilustrasi Tanda Oli Mobil Kurang. Foto: Ist/Net

Tanda oli mobil kurang bisa kalian ketahui dengan mudah melalui lampu indikator oli yang menyala. Oli mobil merupakan salah satu komponen dengan peran yang sangat penting sebagai pelumas mesin kendaraan. Untuk itu, kalian harus mengganti oli pada mobil secara berkala agar mesin mobil tetap dalam keadaan prima.

Kondisi oli memang harus selalu kalian perhatikan mengingat oli sendiri memiliki masa pakai yang tidak terlalu lama. Meskipun masih bisa kalian gunakan, namun oli dengan masa pakai yang melewati batas mengakibatkan kinerja kendaraan tidak optimal.

Baca Juga : Pengaruh Oli Mesin Mobil Kebanyakan, Membuat Performa Menurun

Penyebab umum dari kejadian ini karena pemilik yang lupa bahkan sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu untuk mengganti oli. Padahal mengganti oli secara berkala sangat penting untuk menjaga kondisi mesin mobil.

Oli mobil kurang mempengaruhi transmisi otomatis maupun manual dengan tanda yang bisa kalian rasakan saat berkendara. Nah, agar hal tersebut tidak mengakibatkan permasalahan lain, kalian harus mulai memahami kapan waktu yang pas untuk mengganti oli.

Inilah Tanda Oli Mobil Kurang dan Harus Segera Kalian Ganti

Hal yang tak penting dalam merawat kendaraan yaitu dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas oli. Untuk itu, memeriksa oli mesin dengan teratur juga perlu kalian lakukan agar mengetahui tanda apakah oli kurang atau tidak. Bagi pemilik mobil, memeriksa kondisi oli bisa kalian lakukan secara mandiri.

Caranya dengan memanfaatkan stick oli yang tersedia dalam mesin mobil dan fungsinya memang untuk memeriksa kondisi maupun volume oli.

Kondisi oli mesin yang selalu terjaga kualitas dan kuantitasnya bisa mempertahankan kinerja mesin agar tetap tahan lama. Hal ini karena oli pada mesin mobil berfungsi sebagai pembersih, perapat celah, pelumas, penyerap panas, serta pencegah karat.

Baca Juga : Bagian-Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

Apabila kuantitas oli mesin dalam mesin kurang, hal ini bisa mengakibatkan menurunnya kinerja mesin. Untuk itulah, kalian juga perlu mengetahui tanda saat oli mobil sudah kurang dan harus segera menggantinya. Lebih lanjut, berikut ini tanda yang harus kalian ketahui dalam memeriksa volume oli mobil.

Mesin Mobil Kurang Responsif

Oli mesin bersifat licin, sehingga komponen ini memiliki peran penting dalam pelumasan mesin. Komponen ini biasanya berguna dalam melumasi lapisan antar komponen yang berada dalam mesin mobil. Dengan begitu, semua komponen dalam mesin bisa bekerja secara ringan dan mudah untuk beroperasi atau bergerak.

Kondisi oli yang baik menjadikan keseluruhan tenaga hasil dari pembakaran mesin berubah sebagai penggerak roda. Hal ini tidak mengurangi tenaga saat melakukan prosesnya. Sebaliknya, oli mesin yang kondisinya buruk menjadikan daya pelumasan tidak optimal.

Imbasnya menjadikan hubungan dan kinerja antar komponen pada mesin terasa lebih berat. Itulah yang mengharuskan kalian untuk tahu tanda oli mesin mobil kurang dan harus menggantinya. Mengingat oli dengan kondisi yang buruk mengakibatkan akselerasi kurang responsif.

Indikator pada Mobil Menyala

Tanda oli mobil kurang yang paling mudah untuk kalian ketahui yaitu dengan melihat indikator yang ada di bagian dashboard. Ketika kalian menghidupkan mobil, berbagai lampu indikator juga akan menyala.

Termasuk lampu untuk melihat tanda oli pada mobil yang kurang. Untuk oli mesin, lampu indikatornya biasanya bergambar corong dengan warna kuning, lalu terdapat tetesan oli pada gambarnya.

Baca Juga : Penyebab Mesin Mobil Overheat yang Harus Diwaspadai, Apa Saja?

Jika tiba-tiba lampu indikator tersebut menyala, hal itu merupakan tanda bahwa terdapat gangguan dalam sistem oli serta pelumasan pada mesin mobil.

Namun lampu indikator yang menyala biasanya terjadi karena beberapa hal. Seperti penggunaan oli yang melewati batas waktu, tekanan oli menurun, serta tanda oli pada mobil sudah kurang atau habis. Agar lebih aman, segera bawa kendaraan ke bengkel untuk melakukan pengecekan.

Mobil Mengeluarkan Asap Tebal

Mobil yang normal biasanya mengeluarkan asap transparan atau tidak berwarna. Timbulnya warna asap pada pembuangan knalpot kendaraan biasanya karena terdapat oli yang terbakar dan ikut menguap dalam ruang pembakaran. Saat ini terdapat banyak kendaraan dengan mesin PCV untuk menyalurkan gas ruang engkol menuju intake manifold.

Namun untuk kendaraan dengan oli yang buruk biasanya akan tetap ikut menguap dalam PCV itu. Sehingga mengakibatkan asap tebal keluar dari kendaraan dengan sedikit warna putih. Keluarnya asap tebal inilah yang bisa kalian jadikan tanda bahwa oli dalam mobil sudah kurang. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto