Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita BisnisTeknik Internet Marketing yang Efektif Agar Dagangan Laris Manis

Teknik Internet Marketing yang Efektif Agar Dagangan Laris Manis

Teknik internet marketing menjadi strategi yang ampuh untuk mendongkrak penjualan. Namun bagaimana menerapkan strategi internet marketing yang tepat dan mampu membuahi hasil yang efektif? Jika Anda pelaku bisnis online wajib baca artikel ini.

Pada era digital seperti saat ini, pemasaran konvensional sudah tak lagi relevan. Sebagai gantinya, teknik pemasaran online menjadi pilihannya.

Menjalankan metode pemasaran dengan memanfaatkan media online sangat penting anda lakukan. Tidak hanya sosial media saja, ada banyak jenis media online yang bisa anda manfaatkan.

Dengan teknik marketing memanfaatkan media internet akan membuat usaha yang kita jalankan memiliki potensi besar untuk berkembang. Apalagi internet menjangkau seluruh dunia sehingga memiliki pangsa pasar yang sangat luas.

Baca Juga: Bisnis Internet Marketing, Cara Penetrasi Pasar yang Efektif

Teknik Internet Marketing Untuk Pebisnis

Masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita lakukan dengan marketing memanfaatkan internet.

Namun kali ini kita tidak akan membahas semua manfaat internet marketing, melainkan kita akan membahas tentang teknik internet marketing yang bisa kita jalankan dengan mudah dan sesuai kemampuan kita.

Search Engine Optimization (SEO)

Teknik Search Engine Optimization atau SEO penting untuk pemilik usaha yang memanfaatkan website sebagai media promosinya. Dengan teknik SEO yang tepat, website usaha Anda akan lebih mudah calon client temukan.

Hal ini merupakan aspek yang sangat penting dalam pemasaran. Semakin website Anda mudah orang temukan maka Anda akan jauh lebih cepat untuk terkenal. Teknik ini bahkan menjadi andalan utama para pelaku bisnis online.

Sebuah statistik menunjukkan bahwa suatu website yang sudah memakai SEO sebagai teknik penguatan indeksnya akan lebih cepat berada pada halaman pertama Google. Sehingga peluang visitor mengklik dan berkunjung ke website tersebut akan terbuka lebar.

Marketing Memanfaatkan Sosial Media

Teknik internet marketing yang selama ini sudah sangat populer bagi kalangan pebisnis online adalah pemasaran memanfaatkan sosial media. Selain gratis, teknik ini juga relatif lebih mudah kita lakukan.

Anda bisa menggunakan Facebook, Instagram, Twitter dan berbagai sosial media lain bisa kita jadikan sebagai ladang promosi pebisnis atau pemilik usaha. Dari semua jenis sosial media yang ada, Facebook dan Instagram harus anda gunakan.

Promosi memanfaatkan sosial media menjadi cara yang paling mudah, praktis dan murah untuk mempromosikan suatu produk. Tugas Anda hanya mencari followers, kemudian menawarkan produk Anda pada followers Anda.

Baca Juga: Jasa Unik di Internet, Peluang Bisnis Online yang Patut Anda Coba

Email Marketing

Email marketing adalah teknik internet marketing lanjutan yang kita lakukan dengan tujuan meningkatkan hubungan perusahaan  dengan para pelanggannya. Teknik ini juga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan email marketing, Anda harus berlangganan ke publikasi email terlebih dahulu sehingga mereka mendapatkan informasi tentang produk atau layanan yang Anda miliki.

Email marketing sangat bermanfaat bagi suatu usaha ketika Anda akan meluncurkan produk baru yang ingin Anda kenalkan kepada pelanggan potensial. Juga  saat akan mengadakan event, mengirimkan voucher diskon, memberikan suatu promo menarik dan sebagainya.

Iklan Berbayar

Ada banyak jenis iklan berbayar yang kini bisa Anda lihat banyak perusahaan manfaatkan untuk mempromosikan produknya secara online.

Namun teknik internet marketing yang satu ini memiliki tantangan tersendiri. Terutama cara Anda mengelola iklan agar orang yang belum tentu tertarik dan mencari produk Anda bisa tertarik dengan iklan yang Anda publikasikan.

Tentu Anda harus memiliki kemampuan persuasif dengan menyediakan gambar, video atau teknik copywriting yang tepat dalam menemani iklan Anda.

Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click merupakan sebuah sistem periklanan dimana pemilik platform dibayar ketika ada pelanggan yang mengklik iklan tersebut.

Suatu website yang memanfaatkan PPC akan menampilkan iklan berdasarkan daftar kata kunci pengiklan supaya konten yang tampil jauh lebih relevan.

Memanfaatkan Pay Per Click memberikan banyak keuntungan bagi pemilik bisnis. Salah satunya dapat membantu mengukur berhasil tidaknya suatu iklan yang terpasang. PPC biasanya menjadi teknik marketing internet untuk penargetan secara lebih spesifik.

Itulah beberapa teknik internet marketing yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan usaha Anda. Dengan perencanaan dan strategi yang tepat, teknik pemasaran ini cukup efektif untuk mengejar target penjualan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang