Tembok Penahan Tebing Rumah Warga di Rancah Ciamis Ambruk

Tembok Penahan Tebing
Tembok penahan tebing rumah milik warga di Dusun Cibuluh, Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, ambruk saat hujan deras mengguyur pada Selasa (01/06/2021). Foto: Istimewa.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tembok penahan tebing rumah milik warga di Dusun Cibuluh, Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut pada Selasa (01/06/2021).

Ambruknya tembok penahan tebing (TPT) rumah milik Warja juga mengakibatkan rumah milik warga lainnya rusak/jebol tertimpa material longsoran.

Endang Hamdani, Kepala Dusun Cibuluh, Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengatakan, hujan deras yang terjadi pada awal Juni ini menyebabkan TPT rumah milik Warja ambruk.

Baca Juga : Saudara Kembar Asal Rancah Ciamis Dirikan Komunitas Literasi Galuh

Kemudian, material lelongsorannya menghantam rumah permanen milik Sahidin, sehingga bagian ruang tamu dan kamarnya rusak.

“Meski, tidak menimbulkan korban jiwa, atas kejadian tersebut Sahidin dan Warja mengalami kerugian. Sahidin mengalami kerugian sekitar 25 juta rupiah, sedangkan Warja sekitar 15 juta rupiah,” terang Endang.

Ia juga menjelaskan, peristiwa jebolnya TPT rumah Warja terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Atas peristiwa tersebut, warga setempat kompak melakukan evakuasi korban ke tempat yang lebih aman. 

“Sebagai kepala dusun, saya juga langsung melaporkan kejadian ini ke tingkat desa. Untuk selanjutnya ditindaklanjuti ke tingkat kecamatan dan kabupaten,” pungkasnya. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah