Tips Hidup Tenang di Usia Muda, Miliki 5 Prinsip Ini

Tips Hidup Tenang di Usia Muda
Tips Hidup Tenang di Usia Muda. Foto: Ist/Net

Tips hidup tenang di usia muda tidak perlu menjadi kaya raya, karena yang terpenting kamu bisa menikmati waktu dan merasa cukup. Merasa cukup juga berarti kebutuhanmu terpenuhi, mampu bertanggung jawab atas diri sendiri, dan tidak menjadi beban bagi orang lain.

Dengan memiliki penghasilan tetap untuk hidup layak dan bahagia, maka kamu bisa meningkatkan kualitas diri sendiri. Menjadi individu berkualitas tentu akan memudahkan kamu untuk mencapai target dan mewujudkan ambisi.

Ini Tips Hidup Tenang di Usia Muda

Agar kamu bisa menikmati waktu dan mampu memenuhi kebutuhan, yuk simak tips berikut ini.

Membeli Saat Butuh

Masih banyak generasi milenial yang kesulitan membedakan kebutuhan dan keinginan. Alih-alih memenuhi kebutuhan, tidak jarang gaji bulanan malah habis dipakai untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu butuh.

Baca Juga: Mitos Seputar Jerawat yang Ternyata Keliru dan Hoaks

Supaya gajimu tidak habis sia-sia, mari membuat prioritas dengan mendahulukan kebutuhan pokok. Membayar sewa kost, tagihan, dan cicilan kendaraan adalah kewajiban yang perlu didahulukan. Tips hidup tenang di usia muda: usahakan menabung, sisanya boleh dihabiskan untuk belanja atau sesuai keinginan.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Boleh-boleh saja membeli barang sesuai hobi atau kegemaran, tetapi harus realistis dan sesuai dengan kemampuan. Misalnya jika kamu baru mulai belajar alat musik, tidak ada salahnya membeli bekas. Biasanya alat musik bekas dijual karena si pemiliknya membutuhkan yang lebih mutakhir.

Tips hidup tenang di usia muda untuk kamu yang gemar mengikuti tren fashion, mengapa tidak coba thrifting atau preloved? Banyak thrift shop menyediakan baju-baju impor dengan harga murah. Meski kondisinya bekas pakai, tetapi kebanyakan 90% terlihat seperti baru.

Hindari Hutang Konsumtif

Tuntutan pergaulan dan gengsi tidak perlu terus menerus kamu ikuti. Jangan sampai memaksakan berhutang demi memenuhi gengsi padahal kamu tidak terlalu butuh. Memilih teman yang tepat juga dapat menghindarkan kamu dari kebiasaan memboroskan uang.

Makan di restoran, mencicil handphone, dan membeli aksesoris dengan metode paylater adalah contoh utang konsumtif. Jika seseorang terlibat dengan utang konsumtif, maka ia dinyatakan tidak sehat secara ekonomi. Itulah salah satu tips hidup tenang di usia muda.

Hindari Mindset “Tidak Akan Punya Kalau Tidak Mencicil”

Sebagian orang berpikir bahwa jika tidak mencicil suatu barang, maka mereka tidak akan memilikinya. Karena sudah terjebak dengan mindset ini, semua hal jadi ikut dicicil. Mulai dari gadget, tas, sampai liburan padahal tidak mendesak dan butuh-butuh amat.

Kalau bisa bayar lunas, kenapa harus mencicil? Coba tanya, apakah ini benar-benar perlu atau sekedar mengobati penasaran? Jika sekiranya tidak bersifat mendesak, kamu bisa menabung dan membelinya nanti ketika uang sudah terkumpul. Ini adalah salah satu tips agar hidup tenang di usia muda.

Baca Juga: Penundaan Waktu Tidur Tanpa Disadari, Ini Dampaknya!

Kenali Diri Sendiri dengan Baik

Terbuka pada diri sendiri agar tidak terbawa arus pergaulan. Jangan menjadikan standar hidup orang lain sebagai standarmu. Kenali diri sendiri, kemampuan, keinginan, dan target keuangan jangka panjang.

Setiap orang memulai perjalanan dari garis start yang berbeda. Setiap orang menempuh perjalanan dan memiliki tanggungan yang berbeda pula. Oleh karena itu, jangan berkecil hati jika kamu tidak bisa memenuhi standar yang orang lain tetapkan di sosial media.

Itulah beberapa tips hidup tenang di usia muda yang bisa kamu terapkan. Tetaplah produktif dan tak perlu terjebak gengsi. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu