Tips Merawat Blender agar Lebih Awet Dalam Pemakaian

Tips Merawat Blender agar Lebih Awet Dalam Pemakaian
Ilustrasi tips merawat blender. Foto : Net/Ist

Tips merawat blender wajib emak-emak ketahui. Pasalnya, bleder merupakan salah satu barang elektronik yang menurut ibu-ibu sangat rapuh dan mudah rusak.

Saat ini perangkat elektronik yang satu ini sudah seperti menjadi barang yang wajib emak-emak miliki. Sebab, blender ini memiliki kegunaan untuk mengaduk, mencampur dan menggiling bahan-bahan makanan.

Baca Juga : Tips Merawat Laptop Dengan Mudah Supaya Lebih Awet

Selain itu, blender ini juga bisa menghaluskan dan menghancurkan bahan yang tadinya keras menjadi lembut. Seperti bumbu masakan tanpa harus menguleg, bahkan bisa menghancurkan daging sapi dan sejenisnya.

Kegunaan dari perangkat ini juga kini banyak digunakan oleh pengusaha minuman. Karena bisa mengolah kopi atau juga minuman lainnya seperti smoothie.

Tips Merawat Blender dengan Mudah

Akan tetapi masalahnya barang elektronik yang satu ini tidak jarang yang sering rusak. Bisa jadi kerusakan karena terlalu sering menggunakannya atau faktor lainnya.

Padahal, jika emak-emak tahu cara menggunakan dan menjaganya dengan tepat, bisa dijamin akan awet!.

Sebagai langkah untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, coba tips merawat blender di bawah ini. Tidak sulit untuk memiliki barang elektronik tahan lama di rumah!

Gunakan Blender dengan Semestinya

Coba ingat dan perhatikan lagi apakah benar Anda menggunakan blender sebagaimana mestinya. Penggunaan yang tidak tepat, bisa menyebabkan barang elektronik yang satu ini jadi cepat rusak, lho!

Penggunaan yang benar adalah mulai dari cara memasang blender dengan tepat. Tidak sedikit blender yang tidak terpasang dengan benar.

Baca Juga : Merawat Perabotan Rumah dengan Minyak Zaitun, Panci Jadi Kinclong 

Jika pemasangan sudah tidak sesuai petunjuk, maka akan tidak berfungsi dengan mestinya. Seperti bagian yang longgar dapat terbang keluar, atau Anda dapat merusak blender.

Sejatinya blender berguna untuk menghancurkan barang-barang yang lunak dan lembut. Jadi, ketika Anda ingin menghancurkan bahan makanan yang keras, sebaiknya menggunakan food processor.

Selain itu, jika menggunakannya untuk menghancurkan bahan non-pangan, seperti kertas atau lainnya, bisa menyebabkan benda ini rusak permanen.

Bersihkan Botol Blender Secara Berkala

Sudah tahu cara tips merawat dan membersihkan blender dengan maksimal, sehingga bisa awet dalam penggunaannya?. Nah, Anda tidak perlu menggunakan kawat pembersih atau benda runcing lain yang bisa merusak lapisan kaca blender.

Setelah pemakaian, pastikan langsung membersihkannya dengan cara menuangkan beberapa tetes sabun cuci piring. Kemudian gosok pelan sampai sisa makanan hilang.

Setelahnya, bilas blender dengan air mengalir dan jangan lupa untuk membersihkan bagian luar bawah botol sehingga benar-benar bersih.

Pastikan blender dalam keadaan kering, sebelum kemudian Anda gunakan kembali supaya terhindar dari konslet listrik.

Bersihkan Blender Setidaknya Satu Bulan Sekali

Sering dilupakan, tips merawat blender satu ini perlu dilakukan setidaknya satu bulan satu kali. Apa itu? membersihkan secara keseluruhan blender.

Caranya, membuka tutup yang digunakan untuk memasang pisau, dan cabut bilah blender, gasket, dan komponen lainnya.

Kemudian, cuci benda tersebut dengan air hangat dan kain lembut atau spons. Tetap hati-hati supaya tangan Anda tidak terluka terkena mata pisau, ya!

Keringkan di bawah matahari dan usap dengan kain lembut sebelum kemudian dirakit kembali menjadi sebuah blender.

Gunakan waktu ini untuk memperhatikan, apakah komponen tersebut masih baik atau sudah aus. Jika ada beberapa komponen yang sudah tidak layak guna, sebaiknya segera ganti, dan pastikan Anda menggunakan yang sesuai merk blender.

Blender penuh dengan benda-benda kecil di dalamnya. Coba perhatikan bahwa secara keseluruhan bersih dan dalam kondisi baik.

Jangan gunakan jika Anda melihat bahwa ada kebocoran. Jangan ragu juga untuk mengganti pitcher jika pecah.

Anda tidak perlu khawatir untuk menemukan komponen lengkap blender di produsen aslinya. Nah, semoga tips merawat blender ini bisa berguna dan membantu, ya!. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto