Tips Puasa Senin Kamis Agar Tetap Semangat dan Mudah Menjalankan

Tips Puasa Senin Kamis Agar Tetap Semangat dan Mudah Menjalankan
Ilustrasi Tips Puasa Senin Kamis. Foto: Ist/Net

Tips puasa Senin Kamis tentunya sangat perlu untuk beberapa orang. Ketika puasa Ramadhan saja, masih banyak yang tidak puasa. Apalagi ini hanya amalan sunnah. Sudahlah tidak mengapa.

Harapannya semoga yang belum bisa puasa wajib, segera mendapatkan juga menjemput hidayah dan bertaubat kepada Allah. Untuk yang sudah bisa melaksanakan yang wajib, Alhamdulillah. Mari kita perbanyak amalan kita dengan menjalankan yang sunnah.

Menjadi salah satu amalan sunnah yang memiliki ragam keutamaan, tetapi masih banyak pula yang belum bisa melakukannya. Terkadang untuk melaksanakan amalan sunnah sendiri itu juga membutuhkan semangat dan persiapan.

Begitu juga dengan puasa Senin Kamis ini. Membutuhkan tips atau cara gimana caranya supaya tetap ringan dan mudah untuk istiqomah melakukannya.

Berpuasa memang bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, kita harus serba menahan. Menahan dari segala hal yang bisa membatalkan puasa atau mengurangi pahala puasa kita.

Ghibah dan berbohong merupakan perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa. Naudzubullahi mindzalik, semoga ketika kita puasa selalu dihindarkan dari hal-hal yang demikian.

baca juga: Doa Agar Tidak Mimpi Buruk, Berikut Ini Lafadznya Lengkap dengan Arti

Beberapa Tips Puasa Senin Kamis Supaya Tetap Ringan untuk Melakukan

Teruntuk Anda yang masih berat dalam menjalankan puasa Senin Kamis, berikut ini nih tips yang ampuh dan jitu dalam mendobrak semangat Anda supaya tetap bisa dengan mudah menjalankannya. Langsung saja, mari kita simak penjelasannya.

baca juga: Rezeki Sudah Dijamin Allah Jangan Khawatir, Cukup Usaha dan Bersyukur

Niat dengan Sungguh-Sungguh

Niat memang menjadi kunci dari segala kunci. Begitu juga dengan tips puasa Senin Kamis agar tetap mudah dan ringan. Niatkan semua hanya mengharap ridho dan pahala dari Allah. Pasalnya, semua amalan yang dilakukan manusia itu akan bergantung kepada apa yang sudah ia niatkan. 

Jika kita sudah benar-benar niat karena Allah SWT ingin berpuasa, maka godaan yang bersumber dari mana pun Allah akan membantu sehingga Anda juga bisa menahannya sampai waktu berbuka itu tiba.

Suatu hal yang tidak menyertakan kesungguhan hanya akan mendapatkan hasil kurang maksimal. begitu juga dengan puasa sunnah ini.

Mengajak Orang-Orang di Sekitar atau Terdekat

Melakukan suatu hal jika mempunyai banyak teman itu pasti akan lebih bersemangat dan mudah. Nah, tepat sekali, tips puasa Senin Kamis agar tetap ringan dan mudah melakukannya adalah dengan Anda mengajak orang-orang yang Anda sayangi, terdekat, atau sekitar.

Selain bisa menambahkan semangat dan motivasi dalam menjalankan puasa. Bakalan ada pahala juga yang bisa Anda dapatkan karena sudah mengajak saudara muslim dalam kebaikan. In Syaa Allah. Jadinya untung double nih.

baca juga: Pengertian Amal Jariyah Beserta Contoh dan Penjelasan Detailnya

Jangan Lupa untuk Tetap Makan Sahur

Walaupun amalan sunnah, akan tetapi makan sahur juga menjadi tips puasa Senin Kamis yang bisa mendobrak semangat Anda untuk tetap ringan menjalankannya.

Sahur juga menjadi anjuran bahkan terdapat dalam hadits yang artinya “Sahurlah kalian, sungguh sahur itu terdapat banyak barokah” (HR. An-Nasai).

Dengan makan juga, In Syaa Allah badan tidak akan merasakan lemas meskipun harus beraktivitas. Usahakan juga untuk makan makanan yang bergizi. Pastinya mengandung karbohidrat juga protein yang tinggi.

Jangan Lupa Minum Air Putih

Air putih memang mempunyai fungsi yang sangat baik untuk tubuh. Oleh sebab itu, tips puasa Senin Kamis supaya Anda tetap semangat menjalankannya adalah dengan memperbanyak minum air putih ketika sahur juga berbuka. Alangkah lebih baiknya jika Anda bisa minum 8 gelas.

Pahami Mengenai Manfaat atau Keutamaannya

Banyak keutamaan dalam amalan sunnah ini. Ketika Anda masih ragu untuk menjalankannya, cobalah untuk membaca kembali keutamaan dari puasa tersebut. Dengan demikian itu, Anda juga akan tetap semangat dan terasa ringan saat melakukannya.

Hal tersebut juga bisa Anda jadikan sebagai tips puasa Senin Kamis. Setelah mengetahui keutamaan tersebut, pastinya Anda akan merasa antusias.

Bahkan mungkin juga bisa istiqomah dalam menjalankan amalan tersebut. Selain memahami mengenai keutamaannya, tanamkan dalam diri bahwa dengan puasa juga bisa membantu untuk menghemat pengeluaran.

Nah, dari beberapa tips puasa Senin Kamis tersebut bisa Anda amalkan. Semoga amal kebaikan kita semakin bertambah dan lebih dekat dengan Allah juga. Aamiin. (Muhafid/R6/HR-Online)