Toyota Raize 1.2 Resmi Meluncur, Harga Lebih Murah

Toyota Raize 1.2 Resmi Meluncur, Harga Lebih Murah
Ilustrasi Toyota Raize 1.2. Foto: Ist/Net

Toyota Raize 1.2 yang telah resmi meluncur di Indonesia. Peluncurannya oleh PT Toyota-Astra Motor dalam acara Toyota Virtual Media Gathering 2021. Toyota Raize ini meluncur lebih cepat dari jadwal awalnya yaitu Juli 2021.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan mengenai harga mobil tersebut. Toyota Raize ini dengan insentif PPnBM 100 persen Rp 202,7 juta untuk 1.2 G M/T. Sedangkan harga Rp 215,8 juta untuk tipe 1.2 G CVT.

Hadirnya Toyota Raize 1.2

Raize memperoleh sambutan baik dari konsumen di Indonesia. Sejak pertama kali dipasarkan pada 30 April 2014 hingga 14 Juni 2021. Total pemesanannya berdasarkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) telah mencapai 6.179 unit.

Anton juga menyampaikan, saat ini masa inden atau pemesanannya Raize yang semakin pendek, hanya sekitar dua bulanan untuk varian single tone. Untuk varian dual tone membutuhkan waktunya yang sedikit lebih lama. 

Baca Juga : Toyota Avanza Generasi Baru Akan Segera Meluncur

Kemudian, Raize hadir di Indonesia dalam enam varian. Variannya 1.2 G M/T, 1.2 G CVT, 1.0T G M/T, 1.0T G CVT, 1.0T GR Sport (CVT), dan 1.0T GR Sport TSS (CVT). Kehadiran Toyota Raize yang berhasil menjadikan magnet baru pada industri otomotif.

Mesin

Sebelumnya, Anton memastikan apabila Toyota Raize akan menggunakan mesin yang benar-benar baru. Ia pun menampik apabila Raize menggunakan mesin 1.2 liter. Nantinya tidak menggunakan dapur pacu dari mobil LCGC seperti Toyota Agya.

Platform pada Toyota Raize 1.2 menggunakan model baru dan pastinya berbeda dengan mobil LCGC. Adanya perbedaan ini akan menjadikan kesempatan yang baik. Untuk meluncurkan engine yang berbeda pada tipe 1.0 liter atau 1,2 liter.

Seperti telah diketahui Agya tipe 1.2L menggunakan mesinnya 1.200 cc berkode 3NR-VE. Dengan konfigurasi mesinnya yang 4-silinder. Sedangkan Raize 1.200 cc akan menggunakan mesin dengan kode WAVE 3-silinder.

Varian 1.2 yang menggunakan mesin 1.200 cc dengan kode WA-VE Dual VVT-i. Tentunya yang menghasilkan daya 88 PS dan torsinya 112 Nm. Anton mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara pertamanya yang memasarkan Raize. Toyota Raize yang menggunakan mesin 1.2 non turbo. Versi 1.2 yang tidak memiliki opsi two tone color. 

Toyota Raize juga menggunakan 12 katup DOHC Dual VVT-i.  Sedangkan untuk varian 1.0T akan menggunakan mesin 1.000 cc turbo 1KR-VET. Tentunya yang menghasilkan daya 98 PS dan torsinya 140 Nm. 

Untuk varian Toyota Raize 1.2 G dan 1.0T G masing-masing yang terdapat dua pilihan transmisinya. Pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT (continuously variable transmission).

Baca Juga : Mobil Elektrik Toyota bZ4X, Mobil Listrik Desain Atletis dan Elegan

Sedangkan varian Raize yang 1.0T GR Sport dan 1.0T GR Sport TSS (Toyota Safety Sense). Varian tersebut hanya tersedia dalam pilihan transmisinya CVT. 

Fitur

Lalu, untuk fitur standar pada Raize ini juga terbilang cukup mumpuni. Hadirnya fitur LED Headlamp with Halogen Turn Lamp dan LED Rear Combi Lamp. Bagian velg 16 inci yang terbalut ban 205/65 R16. Untuk bagian layarnya yang MID TFT 7 inci dan head unit layar sentuh 8 inci (floating).

Toyota Raize 1.2 ini telah tersedia AC digital, tombol start/stop mesin, dan dual airbags. Fitur lainnya ABS+EBD, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, juga kamera parkir. Selain itu juga seatbelt warning penumpang, sensor parkir, dan alarm with immobilizer.

Baca Juga : Toyota Aygo X Prologue Dibanderol 240 Juta, Ini Tampilannya

Pada varian 1.0T G, mempunyai beberapa fitur tersebut. Namun, terdapat penambahan dengan beberapa fitur yang lebih tinggi. Seperti emblem turbo dab velg 17 inci dengan ban ukuran 205/60 R17. Fitur lainnya seperti head unit layar sentuh 9 inci (floating) dan front soft armrest. 

Untuk varian 1.0T GR Sport memperoleh tambahan fitur GR Sport body kit. Seperti bumper depan, side skirt, dan bumper belakang. Varian ini terdapat emblem GR Sport, LED Headlamp with sequential turn lamp, velg 17 inci, dan daytime running lamp. Selain itu setir yang terbalut kulit, Auto AC, Auto headlamp, dan kursi dengan bahan kombinasi fabric.  

Varian Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS yang memperoleh tambahan fitur canggihnya. Seperti 6 airbags, Pre-collision system, adaptive cruise control, dan front departure alert. Varian ini juga terdapat lane departure assist with steering assist, dan pedan misoperation control. Selain  itu rear cross traffic alert, blind spot monitoring.kulit, dan paddle shift.

Toyota Raize 1.2 yang kini telah resmi meluncur. Toyota ini menggunakan mesin yang benar-benar baru dengan harga lebih murah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto