Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TasikmalayaTPT Ambrol, Dua Rumah Warga Tasikmalaya Terancam

TPT Ambrol, Dua Rumah Warga Tasikmalaya Terancam

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Akibat hujan deras Sabtu (5/6/2021). membuat Tembok Penahan Tanah atau TPT sungai di Kampung Babakan Sirnarasa, Kelurahan Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, ambrol.

Imbasnya, dua rumah yang berada di pinggir Sungai Empang tersebut ikut terancam. Bahkan, ambrolnya tembok untuk menahan rumah, juga menjebol dua rumah warga sekitar.

Warga yang melihat kejadian TPT ambrol dan mengancam rumah, mengabadikan kejadian tersebut. Bahkan, video kejadian tersebut sempat viral di beberapa grup WhatsApp di Kota Tasikmalaya.

Dalam rekaman video beberapa detik itu, memperlihatkan tembok penahan tebing yang menempel ke rumah warga, ambrol beberapa meter.

Sementara dalam video itu, perekam mengatakan, “Tolong diperhatikan terutama Kelurahan Empangsari, Pemerintah Kota Tasikmalaya. Tolong secepatnya diperhatikan. Karena ini dampaknya rumah juga akan terbawa, tolong yah. Terimakasih, Assalamualaikum”.

Ani Suryani, pemilik rumah yang terancam ambrol mengatakan, TPT yang mabrol tersebut terjadi Sabtu kemarin, pukul 12.00 siang. “Pada saat kejadian, saya berada di dalam rumah,” katanya kepada HR Online, Minggu (6/6/2021).

“Aneh, sehari sebelumnya, pinggir rumahnya itu dalam keadaan baik-baik saja,” sambungnya.

Menurutnya, TPT yang ambrol tersebut karena tanahnya tidak kuat saat menahan laju air sungai. “Kan kemarin-kemarin hujan deras terus. Saya tinggal di sini dari kecil, dan baru kali ini tembok penahan tanah ambrol,” ucapnya.

Kemudian, ia pun melaporkan kejadian tersebut ke ketua RT, RW dan juga pihak kelurahan setempat.

“Saya harap Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui dinas terkait segera melakukan perbaikan. Karena saya khawatir ambrolnya makin meluas,” harapnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img