Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TasikmalayaBaunya Menyengat, Tumpukan Sampah di Jalan Kota Tasikmalaya Dikeluhkan Warga

Baunya Menyengat, Tumpukan Sampah di Jalan Kota Tasikmalaya Dikeluhkan Warga

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Tumpukan sampah di jalan Riung Kuntul sebelum pasar Cikurubuk, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya membuat warga dan pengendara risih.

Sampah plastik yang menumpuk dan mengular di lokasi tersebut mengeluarkan bau yang begitu menyengat. Sehingga membuat orang melintas harus menahan baunya itu.

Wawan, salah satu pengendara, mengaku sering melintasi jalan tersebut setiap akan berangkat kerja. Namun beberapa minggu akhir-akhir ini sampahnya semakin menggunung karena tidak ada yang membersihkannya.

“Bau sekali. Kemungkinan banyak pengendara yang sengaja membuangnya ke sini karena terlihat sampah-sampah itu terbungkus kresek,” katanya, Sabtu (12/6/2021).

baca juga: Sempat Hilang, Seorang Nenek di Tasikmalaya Ditemukan Tewas di Dalam Sumur

Selain menumpuk, lanjutnya, di lokasi tersebut juga tampak berserakan karena kucing maupun tikus yang mengacak-acaknya, sehingga perlu ada tindakan lebih lanjut dari pemerintah agar tidak kumuh.

Seharusnya, kata Wawan, pemerintah melalui dinas kebersihan sigap dengan kondisi seperti ini, agar tidak membuat pengendara maupun warga terganggu.

“Meski ini tugas pemerintah, masyarakat juga harus ikut berpartisipasi dengan tidak membuang sampah sembarangan agar hal ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kota Tasikmalaya, Iwan, mengaku prihatin atas menggunungnya sampah di jalan Riung Kuntul.

Ia menyebut itu bagian dari ketidakpedulian masyarakat yang mana membuang sampah di mana saja dan bukan pada tempatnya.

“Kami duga pembuang sampah ini bukan dari warga sekitar alias dari luar. Sebetulnya pelaynan pengangkutan ke wilayah sudah ada jadwalnya,” ujarnya.

Ia pun mengajak ketika warga akan membuang sampah agar pada tempat yang telah disediakan. Sehingga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. (Apip/R6/HR-Online)