Ubah Sinyal 4G Jadi 5G untuk Peroleh Koneksi Lebih Cepat, Ini Caranya!

Ubah Sinyal 4G Jadi 5G
Ilustrasi Ubah Sinyal 4G Jadi 5G. Foto: Ist/Net

Ubah sinyal 4G jadi 5G untuk semua jenis Android sebenarnya dapat anda lakukan dengan mudah. Hal ini dapat anda lakukan secara real atau secara imitasi (hanya tampilan status bar atas saja).

Bagi smartphone yang telah memperoleh dukungan 5G, saat ini memang masih jarang digunakan pada jaringan 5G itu sendiri. Pasalnya di Indonesia sendiri masih belum atau lebih tepatnya masih dalam proses pengembangan jaringan 5G.

Baca Juga : HP Oppo 5G untuk Persiapan Menyongsong Era 5G di Tanah Air

Seperti yang kita ketahui, jaringan 5G adalah teknologi paling baru di perangkat telekomunikasi yang mempunyai kecepatan 3 kali lipat daripada generasi sebelumnya.

Sebenarnya jaringan ini sudah dapat dinikmati mulai tahun 2020. Namun, untuk Indonesia sendiri seperti yang kita ketahui masih dalam proses pengembangan.

Mengetahui Cara Ubah Sinyal 4G Jadi 5G

Dengan keunggulan yang ditawarkan, banyak pengguna Android yang ingin mengetahui cara mengubah jaringan 4G jadi 5G. Sehingga Indonesia sudah dapat menerapkan adanya jaringan 5G, kita sudah mengetahui bagaimana mengubah jaringan 5G pada perangkat yang kita gunakan. Berikut ini beberapa langkah mudahnya antara lain:

Masuk Dalam Menu Setting

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk bisa ubah sinyal 4G jadi 5G pada HP Android adalah dengan masuk pada menu setting atau pengaturan. Pada menu setelan ini, pengguna bisa memilih opsi “Kartu Ganda serta Jaringan Seluler”.

Selanjutnya, pengguna dapat melihat koneksi data SIM default yang dapat anda gunakan untuk koneksi internet. Langkah berikutnya pilih menu APN yang terdapat pada layar ponsel.

APN (Access Point Name) yang terdapat dalam HP Android memiliki fungsi sebagai protokol yang memungkinkan perangkat dapat tersambung dengan baik pada jaringan internet.

Penting untuk anda perhatikan, sebelum ubah sinyal 4G ke 5G pada perangkat, pastikan konfigurasi kartu perdana yang anda gunakan telah benar.

Baca Juga : Sinyal HP Android Hilang Mendadak, Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Pasalnya, jika terjadi kesalahan konfigurasi dapat menyebabkan internet pada perangkat menjadi lemah, atau tidak dapat digunakan sama sekali.

Pengaturan APN Baru

Proses ubah sinyal 4G jadi 5G selanjutnya adalah setelah memilih APN serta klik “APN Baru”, maka layar ponsel akan menampilkan sejumlah kolom pertanyaan yang harus anda lengkapi.

Kolom pertanyaan tersebut ada yang merupakan informasi khusus yang meliputi profil pengguna, username password, serta jenis autentifikasi atau pun proxy.

Pada kolom pilihan nama, anda dapat memasukkan nama apa saja. Sedangkan untuk pilih APN pengguna dapat menuliskan 5G+. Langkah berikutnya, anda akan diarahkan untuk mengisi nama pengguna. Kemudian masukkan kata sandi yang akan anda gunakan.

Kata sandi sebaiknya anda buat sesederhana mungkin supaya tidak lupa dengan kata sandi yang anda buat. Penting bagi anda untuk mengetahui cara setting APN pada perangkat sebelumnya. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan masalah pada perangkat.

Konfigurasi Server serta Protokol APN

Cara ubah sinyal 4G jadi 5G selanjutnya adalah dengan melakukan konfigurasi. Hal ini mengarah pada proses setelan atau pembuatan part yang mana terdapat di suatu perangkat.

Pada kolom bagian pertanyaan server, anda dapat mengisinya dengan 8.8.8.8 serta 510 pada MCC. Selain MCC anda juga wajib mengisi MNC menggunakan angka 11. Pada pilihan keduanya (MCC dan MNC), terdapat beberapa perangkat yang akan secara otomatis terisi.

Baca Juga : HP Vivo Mitra Resmi UEFA, Rayakan EURO Cup 2020 Bersama V21 5G

Selanjutnya pilih IPv4/IPv6 pada protokol APN roaming APN. IPv4 serta IPv6 adalah dua jenis internet protocol yang bisa anda bedakan dari panjang alamatnya.

Pada umumnya penggunaan IPv4 sebagai internet protokol dapat menyebabkan sering terjadinya roaming. Maka IPv6 sering berfungsi sebagai internet protokol. Berikutnya, anda dapat klik tombol “Selesai” yang terdapat pada pojok kanan atas serta pilih OK.

Lakukan Speedtest

Sebelum anda mengubah jaringan perangkat menjadi 5G, terlebih dahulu anda melakukan speedtest. Dengan melakukan speedtest anda dapat mengecek kecepatan koneksi internet sebelum akhirnya anda ubah menjadi 5G. Aplikasi ini dapat anda unduh melalui situs Speedtest.net atau dari berbagai jenis platform.

Ubah Sinyal Menjadi 5G

Proses berikutnya, anda dapat kembali pada pengaturan serta ubah jaringan perangkat jadi 5G. Kemudian cek kecepatan koneksi internet dengan speedtest untuk mengetahui perbedaannya.

Selain menggunakan mengikuti beberapa langkah ubah sinyal 4G jadi 5G di atas, anda juga dapat menggunakan cara lain. Cara tersebut adalah melalui aplikasi telepon dengan kode *#*#4636#*#*. Maka dengan menggunakan jaringan 5G, anda dapat merasakan koneksi internet yang lebih cepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto