Ukuran Ideal Kamar Mandi Untuk Kebutuhan Rumah Anda

Ukuran Ideal Kamar Mandi, Untuk Kebutuhan Rumah Anda
Ilustrasi ukuran ideal kamar mandi. Foto: Ist/Net

Ukuran ideal kamar mandi untuk rumah anda. Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang memiliki peran penting di rumah. Sebagai ruangan yang memiliki fungsi utama, pembuatan kamar mandi juga membutuhkan rasio yang sama. Seperti halnya dalam pembuatan kamar tidur.

Untuk membantu mewujudkan kamar mandi impian, bisa menilai kebutuhan anda. Selain itu, juga menyusun tata letaknya yang efisien. Perlunya strategi yang cerdas menjadikan lebih mudah untuk anda. Anda akan memperoleh hasil akhir bentuk kamar mandi yang ideal.

Cara Menentukan Ukuran Ideal Kamar Mandi

Sebelum memutuskan ukuran ideal untuk membuat kamar mandi yang ideal, anda bisa tentukan posisi kamar mandi yang akan dibangun. Untuk menentukan luas yang diperlukan pada kamar mandi, dengan menilai terlebih dahulu kebutuhan anda.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Bathtub Minimalis dan Elegan, Berikut Inspirasinya!

Tidak hanya memengaruhi tata letak dan ukuran kamar mandinya. Namun juga akan membantu dalam menentukan jumlah ruangan yang diperlukan. Untuk itu, anda bisa mengetahui ukuran yang ideal untuk kamar mandi berikut ini.

Ukuran 1,5 x 1,5 m

Apabila anda memiliki luas kamar tidur yang kurang dari 12 meter persegi, sebaiknya tidak perlu memaksakan penambahan ruang untuk kamar mandi.

Hal itu karena hanya akan membuat kesan kamar penuh. Selain itu, juga sempit untuk ruang istirahat apabila anda menginginkan pembuatan kamar mandi dalam.

Setidaknya anda memiliki ukuran kamar lebih dari 12 meter persegi. Dari segi ukuran kamar mandi dalam kamar tidur yang ideal adalah 1,5 x 1,5 m. Dengan tetap mempertimbangkan desainnya yang simpel. Pemilihan perabotannya juga yang sesuai kebutuhan anda.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Pintu Geser Beragam Memberi Kesan Menawan

Desain kamar mandi dengan konsep sederhana. Namun tanpa furniture yang berlebihan saja. Tentunya untuk ukuran ideal kamar mandi.

Anda cukup melengkapinya dengan toilet duduk, tempat tisu, dan cermin. Selain itu, juga tanaman hijau yang akan menghadirkan kesan lapang dan sejuk.

Ukuran 2 x 2 m 

Ukuran kamar mandi yang memiliki luas sepertiga. Selain itu, juga minimal seperempat dari total luas ruangan kamar tidur anda. Sehingga dengan adanya penambahan kamar mandinya. Namun akan tetap memberikan area gerak yang nyaman untuk aktivitas anda dalam kamar tidur.

Ukuran ideal 2 x 2 m ini memiliki 2 bagian dalam kamar mandinya. Dengan adanya penyekat kaca untuk membatasi shower dan toilet duduk. Sehingga area kamar mandi akan tetap memberikan kesan kering dan bersih.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Dalam Kamar Tidur, Tetap Aman dan Nyaman

Anda bisa memilih warna yang akan memantulkan cahaya. Tentu akan memberi kesan luas, meskipun memiliki ruang yang kecil.

Ukuran 1,5 x 2 m

Anda bisa mengatur letak atau posisi kamar mandi yang tepat. Hal itu agar bisa menjalankan aktivitas dan kenyamanan tanpa terganggu.

Sebaiknya, posisikan kamar mandi pada bagian sudut kamar. Selain itu, juga pada bagian elemen bidangnya yang terpisah dengan tempat tidur.

Tentunya tetap dengan akses pintu masuk keluarnya langsung menuju kamar tidur. Dengan  memiliki konsep private area. Sebaiknya tidak memposisikan kamar mandinya menghadap tempat tidur. Hal itu yang akan tetap menjaga kualitas tidur lebih baik.

Anda bisa mengatur ukuran space yang memanjang. Dengan wallpaper dindingnya berwarna biru langit dan motif burung. Hal tersebut yang akan memberikan aksen berbeda apabila anda bandingkan konsep lainnya.

Menaruh cermin bulat dengan berukuran cukup besar. Sehingga akan membuat kesan yang luas pada ukuran ideal kamar mandi 1,5 x 2 m.

Ukuran 2 x 2,5 m

Desain kamar mandi dalam kamar tidur perlu memperhatikan ukuran interior. Selain itu, juga jenis perabotan dan beberapa tempat penyimpanan dalam kamar mandi tersebut.

Dengan adanya penambahan bathub, tentu saja tidak akan jadi masalah. Hal itu karena ukuran lahan yang terbatas, namun tidak adanya sekat pembatas.

Pembatas dengan toilet duduk dan rak besinya. Desain kamar mandi ukuran 2 x 2,5 m ini, bisa dilengkapi dengan exhaust fan. Sehingga akan dapat menetralkan kelembaban dan pertukaran udara. Suasana kamar mandi anda akan tampak lebih nyaman.

Selain itu, juga akan lebih aman untuk kesehatan anda. Kini anda bisa menyesuaikan ukuran ideal kamar mandi di rumah. Sehingga membantu mewujudkan kamar mandi impian anda. Anda tak perlu ragu lagi dalam menerapkan ide ruangan ini. (R10/HR-Online)