Ukuran Ideal Ruang Makan, Perlu Keseluruhan Desain Ruangannya

Ukuran Ideal Ruang Makan, Perlu Keseluruhan Desain Ruangannya
Ilustrasi ukuran ideal ruang makan. Foto: Ist/Net

Ukuran ideal ruang makan tentunya tidak harus ruangan yang besar. Namun memiliki ruang makan yang indah dan nyaman. Sehingga tidak harus mendesain pada ruangan besar.

Sehingga, perlu penataan furniture pada ruang makan. Dengan demikian, akan memberikan suasana menyenangkan. Baik dari segi pewarnaan sampai dengan pemilihan furniture. Hal tersebut tentunya yang perlu menjadi perhatian.

Perlunya Mendesain Ukuran Ideal Ruang Makan

Untuk menjadikan ruang makan ideal dengan keseluruhan desain ruangannya. Untuk itu ketahui beberapa hal yang menjadikan ruang makan ideal berikut ini.

Perhitungkan Bentuk Ruangan

Pada bentuk ruang makan yang mempengaruhi tata letaknya dan furniture. Meskipun ruangannya terbilang tidak terlalu besar. Ruangan yang berada pada sisi tertentu berbeda dengan bagian sisi tengah dan yang lainnya.

Baca Juga: Kabinet Ruang Makan Untuk Mempercantik Ruangan Anda

Seperti halnya bentuk ruangan kaku dengan adanya sudut. Tentunya akan pas dipadukan bersama furniture yang serupa. Sehingga serasi dengan bentukan ruang makannya.

Bentuk Meja Makan

Bentuk dari meja makan yang bergantung pada ukuran dan bentuk ruangannya. Meja dengan bentuk bundar menjadikan pilihan terbaik. Tentunya untuk ruangan yang tidak terlalu besar. Namun apabila ruang makan memanjang dan tidak terlalu lebar. Maka penggunaan meja panjang menjadi pilihan lebih baik.

Apabila dibandingkan dengan memilih meja bundar. Hal ini perlu menjadi perhatian Anda menentukan ukuran ideal ruang makan. Hal itu karena tidak semua bentukan meja akan sesuai. Tentunya dengan bentuk ruang makan setiap rumah.

Baca Juga: Interior Ruang Makan dan Dapur yang Beragam Memberi Zona Nyaman

Pemilihan Kursi Makan

Kursi makan yang juga memiliki berbagai macam kesannya pada ruang makan. Namun, untuk ruangan yang memiliki ukuran minim. Kursi tanpa sandaran lengan menjadikan pilihan yang tepat.

Hal ini karena desain kursi tersebut dapat diletakkan ke dalam meja makan. Sehingga akan lebih menghemat ruangan. Kursi tanpa sandaran lengan tersebut juga lebih mudah dipindahkan. Apabila dibandingkan dengan yang memiliki sandaran lengan.

Pemilihan Warna pada Furniture dan Dinding

Warna pada ruang makan tidak hanya memberikan kesan tertentu. Namun juga akan mempengaruhi suasana ruangan. Untuk ruangan yang tidak terlalu besar akan membuat kesan lebar. Selain itu, juga menghadirkan suasana yang sejuk merupakan pedoman mendesain ruangannya.

Baca Juga: Ruang Makan Outdoor Minimalis Membuat Selera Makan Meningkat

Berbagai warna netral dan cerah membuat ruang makan terasa lebih luas. Menjadikan ukuran ideal ruang makan dengan pemberian kesan warna-warni. Untuk memberikan aksen saja dan tidak secara keseluruhan pada ruangannya.

Material Furniture

Berikutnya, berbagai macam furniture untuk digunakan pada ruang makan juga perlu menjadi perhatian. Tentunya sebagai dekorasi dan menghias perlu pertimbangan dari materialnya. Misalnya dengan material transparan seperti halnya kaca dan akrilik. Sehingga, akan menjadikan ruangan terasa lebih luas secara pandangan. Apabila dibandingkan material berbahan solid atau yang lainnya.

Meletakkan Cermin dalam Ruangan

Cermin bisa menjadi salah satu cara untuk ditempatkan pada ruangan tidak terlalu besar. Dengan meletakkan cermin pada ruang makan tersebut. Nantinya akan menghadirkan ilusi ruangan yang lebar. Hal ini karena cermin merefleksikan cahaya dan lingkungan sekitarnya. Penggunaan cermin tentunya menjadikan hal yang baik.

Pencahayaan Ruang

Pencahayaan dalam ruangan akan berpengaruh untuk menentukan ukuran ideal ruang makan. Apabila pencahayaan alami tidak dapat dihadirkan. Maka dengan meletakkan lampu yang dapat menerangi ruangan. Terefleksi ke segala arah dan setiap sudut ruang makan akan lebih terang. Dengan menghadirkan suasana yang terang dan mudah terlihat. Ruang makan akan menjadi tampak lebih luas.

Akses dan Lokasi Ruang Makan

Selanjutnya, kemudahan akses menjadi salah satu hal utama peletakan ruang makan. Terlebih pada aksesnya terhadap dapur. Rumah mungil yang juga sering terdapat ruang makan dan dapur bersatu. Namun, idealnya ruang makan memiliki jarak dan pembatasan aktivitas dengan dapur. Meskipun tetap saling berdekatan, antara dapur dan ruang makan.

Sirkulasi Udara yang Baik

Kesehatan menjadi poin penting yang harus terpenuhi pada ruang makan. Salah satunya mengenai sirkulasi udara yang dapat mempengaruhi kesehatan. Perlunya banyak bukaan seperti jendela dan pintu pada dinding ruangannya. Tidak hanya perlu memperoleh udara yang sehat, dengan bukaan yang banyak, maka asap masakan dapat keluar dari ruangan.

Ukuran ideal ruang makan tidak harus memiliki ruangan yang besar. Untuk menjadikan ruang makan ideal perlu keseluruhan desain ruangannya.(R10/HR-Online)

Editor: Dadang