Ular Sanca Piton Pemangsa Ternak di Cipaku Ciamis Berhasil Ditangkap

Ular Sanca
Seekor ular sanca piton dengan bobot 15 kilogram dan panjang 3 meter yang kerap memangsa ternak milik warga di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, berhasil ditangkap. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seekor ular sanca piton dengan bobot 15 kilogram dan panjang 3 meter yang kerap memangsa ternak warga Blok Lamelaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil ditangkap.

Saripudin, salah seorang warga setempat mengatakan, ular sanca berukuran cukup besar dengan panjang 3 meter itu berhasil ditangkap oleh Emuh, pemilik kandang ayam.

“Saat itu ular sedang tidur dalam kandang ayam milik Pak Emuh. Ketika Pak Emuh mau menangkapnya, ular sanca piton itu sempat mau melakukan perlawanan. Namun, berkat keberanian Pak Emuh bersama temannya akhirnya berhasil menangkap ular tersebut,” tutur Saripudin kepada HR Online, Minggu (13/06/2021).

Baca Juga : Warga Cipaku Ciamis Kerap Dianggap Jual Beli Monyet Gegara Ini

Ular sanca yang memiliki ukuran panjang 3 meter dan berat 15 kilogram itu rencananya seorang teman Pak Emuh akan memeliharanya.

Saripudin menambahkan, lokasi kandang ayam milik Emuh termasuk habitatnya ular sanca. Karena, sudah berulang kali warga menangkap ular jenis sanca piton dalam lokasi tersebut.

Sebagai warga setempat, Saripudin mengaku bersyukur atas tertangkapnya ular piton itu. Ia berharap tidak ada lagi ular lainnya. Sehingga binatang unggas seperti ayam, bebek atau jenis lainnya bisa aman. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah