Versi iOS 15 Resmi Rilis Di WWDC 2021

Versi iOS 15 Resmi Rilis Di WWDC 2021
Versi iOS 15 Resmi Rilis Di WWDC 2021

Versi iOS 15 milik perusahaan Apple telah rilis lewat WWDC 2021 atau Worldwide Developer Conference. Acara tersebut masih berlangsung secara daring sebagai dampak dari mewabahnya Covid-19.

Pada WWDC 2021, tedapat indormasi yang Apple umumkan untuk perkembangan layanan mereka. Sebelum acara tersebut resmi berlangsung, sudah banyak informasi serta prediksi pengumuman Apple di dunia maya.

WWDC sendiri berlangsung mulai dari 7 sampai 11 Juni 2021. Sejumlah pihak sebelumnya sudah memperdiksi Apple mengumumkan pembaruan mereka. Di antaranya iOS 14, iPadOS, watchOS, MackBook Pro hingga macOS.

Perhatian publik pun terfokus pada versi iOS 15. Terutama pengguna ponsel iPhone pastinya bertanya-tanya tentang pembaruan tersebut apakah bisa mereka nikmati nantinya. Seperti apa lebih detail dalam iOS 15 ini? Anda dapat simak secara lengkap sebagai berikut.

Fitur yang Tersemat Dalam Versi iOS 15

Pada versi iOS 15 terbaru ini, Apple memperkenalkan sederet fitur baru. Tak hanya itu, mereka juga banyak meningkatkan keamanan terkait privasi para penggunanya. Salah satu hal yang menarik perhatian publik adalah aplikasi bernama FaceTime.

Aplikasi ini mendapat banyak pembaruan dari pihak Apple. Perusahaan melakukan desain ulang terkait aplikasi peanggilan video tersebut. Bentuknya ialah pilihan grid view serta portrait mode. Mengenai audio, Apple juga menyajikan fitur bernama Spatial Audio.

Fitur ini memungkinkan meredam suara yang terasa menganggu obrolan dalam aplikasi FaceTime. Apple pun serta memperkenalkan layanan bernama FaceTimelink. Sehingga membuat pengguna mengajak teman lainnya bergabung untuk berbincang-bincang.

Menariknya lagi, fitur ini tak hanya bisa berguna untuk perangkat Apple. Bahkan pengguna lain seperti Android serta Windows bisa ikut dalam panggilan video di FaceTime lewat link tersebut. Tak hanya FaceTime, layanan Message yang tersemat di iOS 15 juga mendapat pembaruan baru.

Messages dalam versi terbaru ini akan memperkenalkan para pengguna cara baru untuk saling bebagi konten. Misalnya saja berbentuk gambar, podcast, artikel dalam Apple News serta musik. Bahkan pengguna juga dapat menyematkn konten yang akan mereka bagikan ke laman depan dengan cara mudah.

Desain notifikasi dalam iOS 15 juga mengalami perombakkan. Sekarang akan muncul sebuah ringkasan notifikasi. Isinya berupa informasi berdasarkan tata cara pengguna saling interaksi lewat aplikasi. Untuk mendapatkan fitur tersebut, anda harus memiliki ponsel iPhone dengan versi iOS 15.

Apple Tingkatkan Fitur Safari Dalam iOS 15

Beberapa tauhn terakhir, Apple menekankan keseriusan mereka untuk meningkatkan privasi para pengguna. Hal ini mereka buktikan dengan tambahan deretan fitur privasi yang meningkat dalam Mail serta Safari. Pembaruan tersebut berada dalam ponsel yang tersemat versi iOS 15.

Tak sampai situ saja, Apple juga menjelaskan denga lengkap mengenai apa yang aplikasi tersebut lakukan pada sejumlah informasi pengguna. Perusahaan juga sudah menabuh perang pada tracking pixel. Pasalnya hal ini memungkinkan pihak ketiga mencuri informasi mengenai kapan dan apakah email pengguna terbuka.

Pada aplikasi Mail serta Safari sekarang ini dalam bentuk default menyembunyikan alamat IP milik penggunal. Informasi tersebut berasal dari Katie Skinner selaku perwakilan perusahaan Apple. Perusahaan juga mengumumkan nantinya menambahkan fitur berupa App Privacy Report. Fitur ini bisa pengguna temukan di menu pengaturan.

Mengenai fungsi dari App Privacy Report ini cenderung penting. Fitur akan memberikan sebuah gambaran detail mengenai hal yang berkaitan dengan privasi pengguna. Terlebih data tersebut telah pihak ketiga akses sebelumnya.

Seperti seberapa sering aplikasi ini menggunakan layanan di dalamnya. Misalnya kontak, lokasi, mikrofon, data serta pengenal lainnya. App Privacy Report serta menunjukan domain milik pihak ketiga selaku penerima informasi pengguna versi iOS 15.

Ponsel Yang Mendapat Pembaruan iOS 15

Sistem operasi versi iOS 15 hadir dengan banyak fitur terbaru di dalamnya. Fitur tersebut berfokus pada bentuk dukungan pada pengguna bisa terhubung dan menunjang aktivitas di masa pandemi. Pihak Apple sendiri memastikan sebanyak 20 seri perangkat ponsel mereka akan mendapatkan pembaruan dari iOS 15.

Pastinya para pengguna penasaran apakah ponsel mereka berkesempatan tersemat fitur terbaru dari Apple atau malah tidak. Salah satu seri terdahulu yang Apple pastikan mendapat pembaruan iOS 15 yaitu iPhone 6S.

IPhone 6S sendiri adalh seri ponsel buatan Apple yang meluncur di bulan September tahun 2015 silam. Ponsel tersebut hadir dengan pilihan penyimpanan sampai 128 GB. Sedangkan tenaganya mendapat dukungan dari chipset berjenis Apple A9.

Masuknya seri iPhone 6S dalam daftar ponsel yang tersemat iOS 15 menjadi pembuktian jika perangkat Apple mempunyai umur panjang. Sebab iPhone 6S sudah berumur lebih dari 5 tahun namun masih meneriman pembaruan sistem operasi terbaru dari Apple.

Bukan hanya iPhone 6S, terdapat banyak seri ponsel lain yang mendapat pembaruan dari iOS 15. Misalnya saja iPhone 7 maupun 7 plus, iPoud Touch generasai ke 7. iPhone SE baik generasi 1 ataupun 2 mendapatkan pembaruan ini.

Seri 8 juga 8 plus juga tersemat pembaruan iOS 15. Selanjutnya ada seri X yakni XS, XR, serta XS Max. Tak ketinggalan varian iPhone 11 seperti 11 Pro maupun Pro Max. Terakhir ada seri iPhone 12 yakni 12 mini, pro juga pro max yang mendapat pembaruan versi iOS 15.

Kecanggihan Dalam Ponsel iOS 15

Pembaruan yang Apple lakukan dalam versi iOS 15 tentunya menarik perhatian pengguna iPhone. Pasalnya mereka akan menjumpai sederet kecanggihan yang semakin mempermudah kehidupan. Salah satunya adalah perubahan dalam fitur yang bernama Find My iPhone.

Hebatnya, fitur ini sekarang bisa tetap aktif meskipun ponsel dalam keadaan mati. Bahkan fitur tersebut tetap bisa berguna meskipun iPhone tengah reset pengaturan pabrik atau terkenal dengan factory reset. Mereka menjelaskan jika iOS 15 menawarkan cara mudah untuk menemukan ponsel yang hilang maupun orang curi.

Asalkan mode Activation Lock masih aktif, ponsel pintar ini akan menyediakan informasi pada layar bernama Hello. Sehingga pelacakan bisa pemilik ponsel lakukan dengan segera. Menurut pihak Apple sendiri, fitur bernama Find My tersebut akan tetap menyajikan data lokasi meskipun ponsel dalam kondisi mati. Bahkan tetap seperti ini walau kondisi ponsel reset pabrik dengan syarat aktifnya Activation Lock.

Dari salah satu sumber menginformasikan jika sepertinya saat dalam kondisi mati, ponsel dengan sistem iOS 15 tidak mati sungguhan. Akan tetapi berada dalam keadaan berdaya rendah. Di mana cara kerja tersebut mirip dengan AirTag.

Hal inilah yang mengakibatkan perangkat iOS lain di sekitarnya dapat mendeteksi lewat sinyal Bluetooth guna menetapkan lokasi. Sehingga jika iPhone milik anda kehabisan daya di siang hari, masih berkesempatan menemukan lokasinya dalam kurun waktu beberapa jam.

Saat ini, pembaruan untuk iOS 15 hanya tersedia khusus untuk para kalangan pengembang saja. Sedangkan update versi iOS 15 jenis publik beta baru tersedia di bulan berikutnya. Sementara itu, versi iOS 15 final akan hadir musim gugur tepatnya September di tahun 2021.