Versi Windows 11 Resmi Rilis, Seperti Apa?

Versi Windows 11 Resmi Rilis, Seperti Apa?
Versi Windows 11 Resmi Rilis, Seperti Apa?

Versi Windows 11 pada akhirnya Microsoft resmi rilis pada sebuah acara khusus yang terselenggara virtual. Acara tersebut berlangsung di hari Kamis 24 Juni kemarin dan menjadi sejarah untuk perusahaan Microsoft.

Menjadi momen perilisan bersejarah karena Microsoft melakukan perombakan besar perdananya dari sistem operasi Windows sejak tahun 2015 lalu. Di mana pada tahun 2015 lalu menjadi waktu perilisan Windows 10.

Sebenarnya tampilan Windows 11 sudah lebih dahulu bocor di internet. Pihak Microsoft sendiri sudah meminta semua pihak untuk menghapus semua bocoran versi Windows 11. Namun kini sudah resmi rilis seperti apa sistem operasi terbaru dari Microsoft?

Microsoft Resmi Rilis Versi Windows 11

Perilisan versi Windows 11 sudah terlebih dahulu ramai terdengar di internet. Akan tetapi kala itu ada kemungkinan juga jika sistem operasi terbaru Microsoft bukanlah bernaam Windows 11. Bahkan tampilan dari Windows 11 juga terlebih dulu bocor di internet.

Sesuai prediksi yang hadir di internet, tampilan windows 11 tergolong mirip dengan antar muka milik Apple MacOS. Pada posisi tombol Start serta ikon taskbar secara default posisinya ada di tengah. Sehingga tampilan tersebut sangat mirip dengna MacOS.

Selain itu, Microsoft juga merombak sejumlah ikon yang ada pada Windows 11. Perombakan ini membuatnya menjadi lebih tegas dan cukup segar. Misalnya saja pada tombol Start tampak seperti bentuk jendela dengan posisi tegak lurus.

Begitu pula yang ada pda ikon Windows Explorer. Di mana ikon ini mengalami perubahan sedikit menjadi simpel. Perubahan tiap detail juga ada pada Chief Product Officer Windows + Device Microsoft. Tak hanya itu, Windows 11 nantinya juga menyertakan dark mode yang mereka perbarui.

Sehingga tampilannya tampak jauh lebih baik daripada yang ada di Windows 10. Pana, dalam acara peluncuran berkata jika tim mereka sudah terobsesi pada tiap detail. Peningkatan juga Microsoft lakukan pada fitur Widget.

Tampilannya pun menjadi lebih bersih lewat animasi yang mulus. Pengguna juga bisa memanfaatkannya guna melihat cuaca, memantau harga saham serta membaca berita. Pembaruan versi Windows 11 mempunyai 40% lebih efisian daripada generasi pendahulunya.

Upgrade Windows 10 Ke Versi 11

Perilisan versi Windows 11 sudah secara resmi Microsoft selenggarakan. Mereka juga mengklaim jika Windows 11 akan memberikan pengalaman pengguna lebih segar serta konsisten untuk sejumlah jenis perangkat.

Jika pengguna tertarik memperbarui atau upgrade Windows 10 menjadi 11 terbaru ada baiknya bersabar terlebih dahulu. Pasalnya,  Windows 11 harus melewati sejumlah serangkaian uji coba sebelum resmi rilis di tengah publik.

Tanggal 28 Juni mendatang, Windows 11 akan Microsoft rilis dalam Komunitas Windows Insider Dev Channel. Kemudian baru masuk ke tahap Beta serta Release Preview. Di bulan Oktober 2021 mendatang, barulah Windows 11 akan rilis secara bertahap untuk umum.

Update sistem Windows 11 juga akan berlangsung lewat Windows Update. Hal ini berarti pembaruan akan sama saat penguna mendapatkan update untuk Windows 10 terdahulu. Keuntungan lainnya untuk pengguna yakni semua pembaruan ini tak terkena biaya alias gratis.

Seraya menunggu kemunculan sistem Windows 11, ada sejumlah hal yang dapat pengguna lakukan. Pertama ialah mengecek apakah perangkat sudah memenuhi kebutuhan minimum untuk mendapatkan pembaruan Windows 11.

Standar minimum antara lain prosesor 64 bit dengan minimal kecepatan perangkat adala 1GHZ serta dual core. Spesifikasi lainnya adalah 4GB RAM juga 64GB storage. Untuk perbandingan, Windows 10 hanya membutuhkan 2GB RAM juga 32GB storage.

Selain itu, versi windows 11 mendukung layar berukuran minimum 9 inchi. Sehingga sistem operasi terbaru ini tak dapat pengguna nikmati untuk tablet berukuran 8 inchi saja.

Bisa Bawa Aplikasi Android Dalam Windows 11

Terdapat kejutan tambahan yang Microsoft bagikan dalam peluncuran versi Windows 11. Kejutan tersebut adalah aplikasi Android yang bisa pengguna install untuk perangkat dengan Windows 11. Aplikasi dalam Android tersebut berjalan secara mandiri atau native.

Seingga pengguna tidak perlu koneksi menuju ponsel pintar pengguna. Sejumlah aplikasi bisa pengguna dapatkan lewat Amazon Appstore dalam Microsoft Store menggunakan tampilan baru. Mengutip sumber resmi, Microsoft menggunakan teknologi jenis intel Bridge.

Lewat teknologi ini, sistem operasi terbaru bisa membawa pengalaman aplikasi android dalam Windows 11. Setelah melakukan penginstalan, aplikasi akan tampil dalam bilah taskbar. Di mana nantinya akan berdampingan bersama aplikasi bawaan dari Windows.

Sementara itu aplikasi android lain nantinya akan mampu muncul dalam daftar aplikasi saat pengguna menekan menu Start. Pada peluncuran virtualnya, Microsoft menggunakan Tik Tok untuk demonstrasi yang berjalan dalam aplikasi Windows 11.

Dalam tampilannya, Microsoft Store juga memperlihatkan sejumlah aplikasi lainnya. Seperti Ring, Yahoo, Uber dan lain sebagainya. Microsoft Store juga menampilkan sejumlah kategori. Antara lain Android Apps, Essential Apps, rekomendasi film Disney+, serta Microsoft 365.

Pada bagian Android Apps, Microsoft menghadirkan sejumlah aplikasi android yang hadir lewat Amazon Appstore. Meskipun begitu, belum terdapat kejelasan mengenai jumlah perangkat kompatibel dengan aplikasi android dalam versi Windows 11.  Pasalnya perangkat keras memerlukan dukungan teknologi jenis Intel Bridge.

Fitur Terbaru Windows 11

Sistem operasi terbaru Microsoft yakni versi Windows 11 resmi rilis dengan fokus terbesar pada penyederhanaan antar muka user. Hal yang mencolok pada pembaruan ialah menu juga tombol Start yang Microsoft perbarui.

UI ini memiliki kemiripan dengan versi Windows 10X. Yakni sebuah proyek yang awalnya Microsoft rencanakan guna perangkat layar ganda. Akan tetapi proyek ini akhirnya pihak Microsoft batalkan. Terdapat fitur yang awalnya ada di Windows 10X kini muncul pada sistem operasi Windows 11.

Untuk dukungan multitasking, Microsoft menyajikan Microsoft Snap Layouts. Sehingga memungkinkan pengguna dalam waktu cepat bisa memasukan banyak aplikasi mode yang Windows 11 dukung. Versi terbaru dari Windows ini juga bisa mengingat tempat aplikasi tersimpat. Hal ini berkat fitur bernama Grup Snap.

Hal ini berguna untuk dukungan sejumlah monitor. Serta memastikan jika aplikasi yang user gunakan dapat terbuka di layar benar. Fitur ini membantuk kalau pengguna memakai laptop yang terhubung pada monitor maupun desktop dengan layar banyak.

Perfroma pun menjadi fokus terbesar Microsoft dalam pembaruan windows mereka. Microsoft serta mengintegrasikan Microsoft Teams secara langsung dalam Windows 11. Teams terintergrasi secara langsung ke dalam menu Taskbar.

Sehingga hal ini memungkinkan pengguna Windows 11 menelpon teman, rekan kerja maupun keluarga bisa lebih mudah. Widget serta touch gesture juga dapat porsi untuk pembaruan sekarang ini. Widget yang ada pada Windows 11 sudah mendapat dukungan dari Al serta hadir pada bagian kiri.

Di mana pengguna bisa membutnya jadi tampilan layar penuh. Menariknya lagi, pembaruan ini juga mengikut sertakan widget yang membuat pengguna memberikan tip untuk konten lokal. Pemberian tip ini bisa pengguna berikan secara langsung dari Windows 11.

Bagi gamers, Microsoft juga memanjakan user Xbox. Menurut eksekutif Xbox, fitur bernama auto HDR dalam Xbox Series X/S menjadi bagian pada versi Windows 11.