Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita BanjarWalikota Banjar: Revitalisasi BUMDes Bisa Tingkatkan Perekonomian

Walikota Banjar: Revitalisasi BUMDes Bisa Tingkatkan Perekonomian

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Walikota Banjar, Jawa Barat, Hj. Ade Uu Sukaesih harapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian.

Dalam hal itu, Ade Uu Sukaesih juga akan melakukan revitalisasi dengan tujuan dapat meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Ade Uu menjelaskan dalam acara pembinaan dan pemberdayaan BUMDes, saat ini BUMDes di Kota Banjar mengalami mati suri. Sehingga hal tersebut mengharuskan adanya revitalisasi untuk menghidupkan kembali.

“Revitalisasi harus dilakukan, diantaranya peningkatan sumber daya manusia, sistem pengawasan, dan pengelolaannya, supaya hasilnya bisa membantu yang lain,” kata Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih, Kamis (24/6/2021).

Melihat dari situasi pandemi seperti saat ini, Walikota Banjar ini juga berharap BUMDes dapat hadir bekerjasama dengan para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Tujuannya membantu meningkatkan perekonomian bagi mereka yang terdampak.

“Dengan adanya acara pembinaan ini, ibu berharap BUMDes di Kota Banjar bisa meningkatkan sumber daya manusianya dengan tujuan upaya peningkatan ekonomi masyarakat di desa bisa tercapai dengan maksimal,” paparnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjar, Sahudi menyebutkan, dengan kondisi seperti saat ini, pihaknya akan terus memacu keberadaan BUMDes agar dapat lebih maju.

“Memang kondisi BUMDes saat ini di Kota Banjar ada yang jalan, ada juga yang tidak. Kita akan memacu terus supaya lebih lari, dengan merubah badan usaha menjadi badan hukum itu salah satunya,” tandasnya.

Selain itu, dengan adanya revitalisasi dan mengubah mindset para pengurus dan masyarakat itu sendiri diharapkan dapat kembali menghidupkan BUMDes.

“Harapan saya juga, pemerintah desa harus segera menyusun kepengurusan baru, sambil berjalan untuk menyelamatkan aset-aset yang masih ada,” pungkasnya. (Sandi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -