Wanita Harus Biasakan Melakukan Ini Sebelum Tidur Malam

Wanita Harus Biasakan
Wanita harus biasakan melakukan beberapa hal yang bisa membuatnya tidur berkualitas. Salah satunya meditas. Foto: Net/Ist.

Wanita harus biasakan melakukan beberapa hal yang bisa membuatnya tidur berkualitas. Pasalnya, banyak wanita yang gagal mendapatkan tidur berkualitas saat malam hari, dan yang jadi penyebabnya bisa beberapa faktor.

Orang dewasa disarankan tidur setiap malamnya 7 sampai 9 jam. Karena jika kurang tidur bisa menjadi penyebab mendasar untuk berbagai permasalahan kesehatan.

Namun dalam hal tidur, pria dan wanita punya perbedaan. Bagi wanita, ada sejumlah kebiasaan sebelum tidur yang perlu mereka lakukan.

Dilansir Harvard Health Publishing, ada 60 persen lebih wanita yang gagal mendapatkan tidur berkualitas saat malam hari.

Berdasarkan jajak pendapat yang sempat dilakukan oleh NSF (National Sleep Foundation) Amerika Serikat melaporkan masalah tidur yang dialami wanita.

Setidaknya dalam beberapa malam pada setiap minggunya ada dua pertiga kaum hawa yang mengalami masalah kesulitan tidur. Sedangkan, setengahnya dari jumlah tersebut melaporkan bangun tidur dengan perasaan yang tidak segar.

Baca Juga : Penundaan Waktu Tidur Tanpa Disadari, Ini Dampaknya!

Merangkum dari berbagai sumber, untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas, ada beberapa hal yang sebaiknya wanita lakukan sebelum tidur. Berikut ini penjelasannya.

Sebelum Tidur Wanita Harus Biasakan Melakukan Ini

Upayakan Suhu Udara Kamar yang Tepat

Kamar tidur dengan suhu udara yang sejuk akan menjadi tempat paling baik untuk tidur. Dengan suhu udara 16 sampai 19 derajat Celcius sangat ideal untuk mendapatkan tidur berkualitas.

Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk mengupayakan agar suhu ruangan tepat. Apalagi saat menstruasi yang mana suhu inti tubuh jadi meningkat.

Mandi Sebelum Tidur

Baca Juga : Atur Pola Tidur Saat Puasa, Tips Agar Tidak Lemas dan Tetap Produktif

Ketika suhu tubuh turun, Anda akan mulai merasakan kantuk. Untuk menurunkan suhu tubuh, cobalah mandi sebelum tidur, baik menggunakan air dingin maupun air hangat.

Jangan Minum Kopi atau Merokok Sebelum Tidur

Kafein, nikotin, dan alkohol bisa membuat seseorang menjadi lebih sulit tidur. Oleh sebab itu, wanita sebaiknya tidak mengonsumsi kopi, merokok, atau konsumsi minuman beralkohol beberapa jam sebelum tidur.

Hindari Konsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur

Untuk bisa tidur berkualitas saat malam hari, wanita harus biasakan melakukan pembatasan pada makanan yang dikonsumsinya.

Hindari mengonsumsi makanan berat. Terlebih saat wanita sedang menstruasi, karena rasa mual, gangguan pencernaan, hingga diare bisa terjadi. Hal itu dapat mengganggu kualitas tidur.

Jadi, biasakan untuk mengonsumsi makanan yang ringan sebelum tidur, sehingga dapat membantu Anda menghindari terjadinya masalah pada pencernaan.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Bantu Kamu Tidur Lebih Cepat

Kurangi Suara Bising

Tidur menjadi tidak berkualitas akibat adanya suara-suara yang bising. Kondisi tersebut juga bisa membuat tidur Anda menjadi tidak menyegarkan.

Untuk menghilangkan suara-suara bising, salah satu alternatifnya adalah dengan menutupi kuping menggunakan perangkat berupa white noise. Wanita harus biasakan melakukan hal tersebut sebelum tidur.

Hilangkan Paparan Cahaya

Paparan cahaya bisa mengatur siklus tidur maupun bangun. Adanya paparan cahaya pada malam hari, ataupun cahaya redup dapat mengganggu kualitas tidur.

Jadi sebaiknya biasakan untuk membatasi paparan cahaya yang masuk dari luar ruang kamar dengan cara menggunakan tirai berwarna gelap.

Meditasi atau Relaksasi

Tidak sedikit wanita yang melaporkan kalau gejala kecemasan yang mereka alami meningkat, baik sebelum maupun selama menstruasi.

Untuk mengatasinya, wanita harus biasakan melakukan meditasi, pernapasan dalam, teknik relaksasi, atau dengan cara lainnya guna mengatasi stres.

Pilih Posisi Tidur yang Bikin Nyaman

Sebelum tidur, wanita juga harus biasakan melakukan hal-hal lainnya yang dapat membuatnya memiliki tidur berkualitas. Salah satunya membiasakan memilih posisi tidur yang nyaman.

Karena, wanita bisa merasakan mual, mengalami kram, dan nyeri otot baik sebelum maupun selama menstruasi. Agar bisa meminimalisir terjadinya tekanan pada area tertentu, pilihlah posisi tidur secara tepat.

Dengan memilih posisi tidur miring dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang muncul saat tidur ketika Anda sedang menstruasi. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah