80 Persen Vaksin Virus Corona di Jabar Telah Disuntikan ke Masyarakat

Vaksin virus Corona di. Jabar
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Tingkat penggunaan vaksin virus Corona di Jabar mencapai angka 80 persen dari 9 juta dosis kiriman dari pemerintah pusat dalam beberapa gelombang. Sehingga gudang penyimpanan vaksin Jabar tidak banyak menyimpan persediaan.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menuturkan 9 juta dosis telah didistribusikan ke daerah dan telah Disuntikan sampai 80 persen.

Setiawan mengatakan tingkat pemakaian vaksin virus Corona yang tinggi di Jabar ini atas kerja keras semua pihak untuk mempercepat vaksinasi. Tujuannya untuk mencapai angka 70 persen populasi penduduk Jabar yang hampir 50 juta jiwa. Atau target warga yang harus mendapat vaksin sebanyak 37 juta jiwa.

“Kami ingin vaksinasi selesai pada akhir tahun, tapi itu pun tergantung ketersediaan vaksin. Kami sudah ingatkan seluruh kota/kabupaten harus punya target vaksinasi per harinya,” jelas Setiawan, Kamis (29/7/2021).

Dalam upaya mempercepat vaksinasi, Pemprov Jabar dan Pemkot, Pemkab memanfaatkan puskesmas dan rumah sakit untuk vaksinasi.

Setiawan pun mengapresiasi kegiatan vaksinasi massal dari sejumlah daerah oleh semua stakeholder. Salah satunya TNI/Polri dengan serbuan vaksin bisa sampai 160 ribu per hari. Termasuk juga Hotel Crowne Plaza, Bandung untuk pelaku pariwisata.

Penyuntikan vaksin virus Corona ini perlu kolaborasi semua pihak. Apabila hanya mengandalkan pemerintah, target kekebalan kelompok sulit tercapai.

Setiawan pun tetap mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan ketat. Dari mulai memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

Selain pemberian vaksin virus Corona, pemerintah Jabar pun terus meningkatkan pengetesan, pelacakan guna mengendalikan penyebaran Covid-19. Dengan vaksinasi ini dapat mengurangi risiko fatal walaupun positif. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang