Amalan Ringan Pahala Besar yang Bisa Kita Lakukan Setiap Hari

Amalan Ringan Pahala Besar
Ilustrasi Amalan Ringan Pahala Besar. Foto: Ist/Net

Amalan ringan pahala besar tentunya menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan bagi setiap umat muslim. Meskipun memiliki pahala yang besar, akan tetapi banyak dari kita Justru malah tidak menghiraukannya atau belum peduli dengan amalan tersebut.

Meskipun memiliki pahala yang besar, akan tetapi banyak dari kita justru malah tidak menghiraukannya atau belum peduli dengan amalan tersebut. Sebagai umat muslim tentunya kita ingin menjadi salah satu hamba Allah yang masuk surga.

Banyak yang bercita-cita ingin menjadi salah satu penghuni surga, akan tetapi banyak juga yang hanya malas-malasan tidak meraih bagaimana cara untuk bisa sampai ke surga. Hanya sekedar cita-cita saja akan tetapi usahanya tidak ada.

baca juga: 3 Amalan yang Tidak Terputus Pahalanya Meski Sudah Wafat dari Dunia

Beberapa Amalan Ringan Pahala Besar yang Bisa Dilakukan

Islam merupakan agama yang sempurna. Dimana semua hal yang berkaitan dengan dengan kehidupan memiliki aturan tersendiri.

Tujuan dari aturan tersebut bukan untuk mempersulit melainkan mempermudah umat manusia untuk melakukan amalan yang memudahkan mereka untuk menuju surga.

Salah satu yang menyebabkan umat Islam masuk surga adalah banyaknya pahala yang Ia miliki. Untuk itu Allah juga menganjurkan kepada hamba-Nya untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan.

Sebenarnya ada banyak sekali amalan yang bisa memberikan kita pahala. Misalnya ada sedekah, tolong-menolong, berkurban, membuat pesantren, membangun masjid dan amalan yang lainnya.

Tetapi terdapat banyak amalan yang sangat ringan dan mudah untuk kita lakukan. Meskipun ringan akan tetapi pahala pahala yang bisa kita dapatkan ketika melakukan amalan ringan tersebut akan sangat banyak.

Apa saja amalan ringan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

baca juga: Pesan Rasulullah Kepada Umatnya Amalan untuk Kehidupan Manusia

Mendengarkan Adzan yang Berkumandang

Untuk amalan ringan pahala besar pertama adalah mendengarkan adzan. Adzan merupakan salah satu panggilan dari Allah untuk kita melaksanakan ibadah salat. Dalam satu hari kita mempunyai kewajiban untuk melaksanakan salat sebanyak 5 waktu.

Ada shalat Ashar, Maghrib, Isya, Dzuhur,  dan  Subuh. Pahala yang bisa kita dapatkan ketika kita mampu untuk mendengarkan adzan dengan khusyuk dan tenang.

Maka, Insya Allah, kelak di akhirat kita akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Hal yang demikian ini terdapat dalam hadis riwayat Bukhari yang artinya barang siapa yang mendengarkan adzan kemudian berdoa dan melaksanakan salat, untuknya tempat yang terpuji dan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

baca juga: Amalan Hari Jumat untuk Wanita yang Jangan Sampai Terlewatkan

Iman Kepada Shalat Fardhu(Wajib)

Selanjutnya amalan ringan pahala besar yang bisa kita lakukan adalah mengimami salat fardu atau salat lima waktu. Kewajiban seorang umat muslim dalam kehidupan sehari-hari adalah shalat.

Shalat yang wajib untuk kita lakukan adalah 5 waktu. Perintah shalat tersebut karena Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Selain kita melakukan tetapi kita juga yakin bahwa shalat fardhu itu benar-benar ada dan akan bermanfaat untuk kehidupan kita.

Salah sendiri juga akan menjadi amalan pertama yang akan ditimbang ketika berada di hari akhir nanti. Nantinya jika Shalat kita itu baik maka semua Amalan kita juga akan baik.

Hal ini terdapat Hadits Riwayat Bukhari Muslim yang artinya apabila seorang Imam sudah mengucapkan:

maka kita yang sebagai makmum sudah seharusnya mengucapkan Aamiin. Dengan begitu maka malaikat akan mengampuni dosa-dosa kita yang sudah lalu.

Membaca Basmallah Sebelum Memulai Aktivitas

Sebelum melakukan kegiatan sehari-hari, sudahkah Anda membaca bacaan Basmalah? Perlu Anda ketahui bahwasanya membaca bacaan Basmallah sebelum memulai kegiatan merupakan salah satu anjuran dari baginda Rasul Muhammad SAW.

Karena menjadi anjuran, maka kita sebagai umatnya sudah seharusnya untuk mengikuti apa yang baginda Rasul ajarkan. Membaca basmalah sebelum melakukan aktivitas juga merupakan amalan ringan pahala besar yang bisa kita lakukan.

Jika kita tidak membaca basmalah ketika hendak memulai aktivitas, maka akan terputus keberkahannya. Naudzubillahimindzalik, pastinya kita tidak mau kan jika melakukan suatu hal tetapi tidak berkah?

Perlu menjadi pengetahuan penting juga untuk Anda bahwasanya dalam hadits Abu Hurairah menjelaskan. Terdapat amalan yang memiliki jumlah pahala besar.

Jika kita melihat dari kemampuan diri kita sendiri, tentunya kita sangat mudah untuk melafalkan bacaan tersebut titik akan tetapi, kita masih sangat enggan untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu saja akan tetapi dari sebagian kita mungkin juga belum mengetahui mengenai amalan ringan tersebut.

Teruntuk Anda yang memiliki cita-cita menjadi penghuni surga, mari kita amalkan amalan ringan pahala besar tersebut sebagai salah satu upaya untuk menjadi penghuni surga-Nya yang kekal dan abadi. (Muhafid/R6/HR-Online)