Api Hanguskan Rumah Warga Banjarsari Ciamis Saat Ditinggal Shalat Ied

Api Hanguskan Rumah Warga Banjarsari Ciamis
Api menghanguskan rumah milik Nasirin (33), warga Dusun Citaman, RT 010/RW002, Desa Cicapar, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Selasa (20/7/2021). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Desa Cicapar, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dikagetkan dengan adanya kobaran api yang membara dan menghanguskan salah satu rumah warga.

Sumber informasi HR di lapangan Selasa (20/7/2021), warga mengetahui api sudah membesar dan membakar rumah Milik Nasirin (33), warga Dusun Citaman, RT 010/RW002, Desa Cicapar.

“Menurut keterangan saksi, tadi itu sekitar pukul 07.11 WIB warga melihat api sudah membara pada bagian atas rumah Nasirin. Sementara pemilik rumah saat api hanguskan rumahnya, tengah melaksanakan shalat Ied (idul adha),” kata FK Tagana Kabupaten Ciamis, Uju Suparman, Selasa (20/7/2021).

Lebih lanjut Uju menambahkan, dugaan sementara api bersumber dari konsleting listrik yang ada pada bagian atas. Sehingga percikan kabel langsung membakar bagian plafon.

“Rumahnya ini kan semi permanen, sehingga saat percikan terjadi sangat mudah menjadi sebuah kumparan api,” ucapnya.

“Api pun dengan cepat membesar dan menghanguskan seluruh bangunan, yang berukuran 5 X 8 meter ini. Semua barang-barang pun nyaris tidak ada yang bisa terselamatkan,” terangnya.

Menurut Uju, meski petugas Damkar sigap terjun ke lapangan, namun kondisi bangunan yang semi permanen tersebut tidak bisa terselamatkan. 

Pasalnya, dalam rumah juga banyak barang yang mudah terbakar. Sehingga api dengan cepat membesar.

“Petugas damkar yang tiba di lokasi pun tidak mampu mengendalikan api. Terlebih lokasi rumahnya tidak bisa masuk kendaraan besar,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto