Aplikasi Drive for Desktop Siap Rilis, Akan Menggantikan Backup and Sync

aplikasi Drive for Desktop
Ilustrasi aplikasi Drive for Desktop. Foto: Ist/Net

Aplikasi Drive for Desktop dari Google akan segera rilis dalam waktu dekat ini. Menurut informasi yang beredar, aplikasi ini hadir sebagai pengganti Backup and Sync. Sesuai dengan namanya, Drive for Desktop bermanfaat untuk menyimpan salinan seluruh data dalam perangkat PC atau Mac.

Selain sebagai pengganti Back and Sync, aplikasi ini juga menggantikan fungsi dari layanan Drive File Stream. Layanan ini  sebelumnya tertuju bagi para pengguna dari kalangan bisnis.

Dalam hal ini, Google menyatukan dua cara sinkronisasi tersebut ke dalam satu aplikasi yang bernama Drive For Desktop. Selain itu, Google juga menghadirkan fitur terbaik.

Fitur tersebut sebelumnya sering digunakan oleh para pengguna Backup and Sync juga Drive File Stream. Pernyataan ini Google sampaikan dalam blog resminya.

Baca Juga: Aplikasi Farma Plus dari Kemenkes Segera Hadir, Simak Cara Aksesnya!

Pengganti Backup and Sync, Aplikasi Drive for Desktop Segera Rilis

Seperti yang kita ketahui, Google Drive adalah salah satu layanan memori berbasis cloud yang dirilis oleh Google. Melalui layanan ini, para pengguna dapat mencadangkan berbagai jenis file sesuai dengan yang Anda inginkan.

Mulai dari video, foto, dokumen, atau file penting lainnya melalui Google Drive. Oleh karena itu, jika komputer atau laptop Anda mengalami masalah, maka file penting yang tersimpan pada Google Drive masih dapat Anda akses kapan dan di mana saja.

Ketika mengakses Google Drive melalui komputer atau laptop, maka Anda perlu membuka browser untuk menuju situs atau website Google Drive.

Akan tetapi, Google juga menyediakan aplikasi bernama Backup and Sync. Aplikasi ini dapat Anda pasang pada laptop atau komputer. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan backup atau hanya sekedar ingin upload file ke Google Drive.

Aktivitas ini dapat Anda lakukan tanpa harus mengunjungi websitenya. Dalam aplikasi Backup and Sync juga mempunyai fitur yang dapat melakukan pencadangan secara otomatis agar Anda atur sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Aplikasi Tambah Daya PLN Melalui New PLN Mobile, Berikut Ini Prosesnya

Sinkronisasi Backup and Sync dan Drive File Stream

Beberapa waktu yang lalu, Google telah mengumumkan rencananya akan mengganti dua layanan desktop yang bisa melakukan sinkronisasi file dengan aplikasi terbaru. Aplikasi terbaru tersebut bernama Drive for Desktop yang bisa digunakan oleh seluruh pengguna.

Walau Drive for Desktop ini baru rilis, akan tetapi sejauh ini perusahaan sudah menawarkan dual layanan sinkronisasi file. Dua layanan tersebut adalah Backup and Sync yang tertuju untuk konsumen. Lalu Drive File Stream yang bermanfaat bagi para pengguna bisnis.

Melansir dari Zdnet pada 13 Juli 2021 lalu, Google Drive product Management Lead, Scott Limbird menyatakan adanya penggabungan dua layanan ini bertujuan agar semua pengguna tetap memperoleh fitur terbaik. Baik itu dari Backup Sync maupun Drive File Stream. Pernyataan ini tertuang dalam sebuah postingan blog Google.

Cara Kerja Aplikasi Drive for Desktop

Mengenai cara kerja dari Drive for Desktop cukup sederhana. Aplikasi Drive for Desktop secara otomatis melakukan sinkronisasi file lokal menuju cloud yang ada di latar belakang.

Perusahaan pun mengatakan apabila file tersebut dapat langsung tersinkronisasi, baik pada Google Foto ataupun Google Drive.

Aplikasi Drive for Desktop juga dapat melakukan sinkronisasi file yang berasal dari perangkatan penyimpanan eksternal ke cloud. Termasuk dari flash disk juga hard disk eksternal. Melalui fitur yang dapat terpakai oleh semua pengguna, maka Drive for Desktop sebenarnya mulai meluncur.

Akan tetapi, peluncuran ini masih pada pengguna Drive File Stream saja yang dapat memperoleh akses menuju aplikasi sinkronisasi file desktop terbaru dari Google.

Selanjutnya, bagi pengguna Backup and Sync, pihak Google mengatakan jika masih perlu lihat permintaan pengguna agar beralih pada Drive for Desktop dalam beberapa bulan mendatang. Selanjutnya, Drive for Desktop akan tersedia pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows dan Mac OS.

Waktu Google Melakukan Transisi Backup and Sync ke Google Drive for Desktop

Simak tanggal berikut ini, mulai 19 Juli 2021, aplikasi Backup and Sync akan mendukung alur terpadu dengan tujuan untuk membantu transisi pengguna ke Google Drive for Desktop.

Untuk 18 Agustus 2021, bagi para pengguna yang masih memakai aplikasi Backup and Sync akan memperoleh notifikasi agar beralih ke Google Drive for Desktop.

Pada 1 Oktober 2021 mendatang, semua pengguna yang masih memanfaatkan aplikasi Backup and Sync, maka setelah periode tersebut tak dapat menggunakannya. Untuk melanjutkan sinkronisasi menuju Google Drive, para pengguna harus beralih ke aplikasi Drive for Desktop. (R10/HR Online)

Editor: Jujang