Aplikasi Farma Plus dari Kemenkes Segera Hadir, Simak Cara Aksesnya!

Aplikasi Farma Plus
Ilustrasi Aplikasi Farma Plus. Foto: Ist/Net

Aplikasi Farma Plus hadir di tengah masyarakat dengan memberikan manfaat untuk mengecek ketersediaan obat-obatan. Saat ini Kementrian Kesehatan sedang menyiapkan aplikasi tersebut untuk dapat masyarakat pakai nantinya.

Melalui aplikasi ini, masyarakat nantinya bisa mengetahui tentang stok dari obat yang akan mereka perlukan serta lokasi penjualannya. Sebagai contoh adanya azithromycin terdapat di apotik Kimia Farma, selanjutnya pada aplikasi akan menunjukkan apotik Kimia Farma daerah mana yang dapat diakses oleh masyarakat. Farma Plus memiliki jejaring hingga ke seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memastikan ketersediaan obat-obatan medis, pemerintah pun terus mendorong para industri farmasi swasta maupun BUMN untuk terus meningkatkan produksinya.

Langkah produksi ini juga diikuti dengan langkah mempercepat proses impor obat dari luar negeri. Selain itu, Pemerintah pun mendorong supaya para industri secepat mungkin dalam pendistribusian obat-obatan ke seluruh fasilitas kesehatan serta rumah sakit.

Dengan demikian tidak akan ada penimbunan dari obat-obatan pada industri ataupun FBF. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat terus mengakses obat-obatan yang ada, yang tentunya sangat masyarakat perlukan.

Baca Juga: Aplikasi Tarik Tunai Tanpa ATM, Solusi Tepat Saat ATM Tidak di Dompet

Mengenal Aplikasi Farma Plus dari Kemenkes

Kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengakses fasilitas kesehatan, saat ini menjadi perhatian utama bagi Kementerian Kesehatan. Tidak terkecuali dalam hal mengakses ketersediaan obat yang ada di apotik.

Hingga akhirnya Kemenkeu membuat suatu aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk dapat mengakses ketersediaan obat di apotek sebelumnya membelinya. Ketersediaan obat tersebut dapat masyarakat akses melalui link aplikasi Farma Plus di https://farmaplus.go.id/.

Masyarakat pun dapat mengakses Farmasi Plus secara mudah. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengetahui apotek mana saja yang memiliki ketersediaan obat yang sedang masyarakat cari. Aplikasi ini selanjutnya akan dikembangkan dengan menggunakan jejaring apotik hingga ke seluruh Indonesia.

Dengan mengakses Farma Plus, maka masyarakat dapat mengecek lokasi ketersediaan obat di apotek masing-masing kota dimana mereka tinggal. Hal ini tentunya sangat memudahkan untuk mencari obat perawatan penderita Covid-19.

Baca Juga: Aplikasi Cuan 2021, Selesaikan Misi dan Dapatkan Cuan yang Menarik!

Penggunaan Aplikasi Farma Plus

Sebelum masyarakat melakukan pengecekan serta pembelian obat, terutama obat-obatan terapi Covid-19, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Pasalnya, obat tersebut memiliki resiko apabila kita gunakan tanpa sesuai dengan resep dokter. Bahkan obat tersebut akan menjadi racun, bukan malah mengobati.

Kecuali pembelian vitamin, untuk obat lainnya harus melalui resep dokter. Hal inilah yang harus masyarakat pahami sebelum menggunakan aplikasi Farma Plus.

Kementerian Kesehatan juga menghimbau, bagi para industri obat-obatan supaya membantu pemerintah dalam menanggulangi kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Mengingat lonjakan kasus yang cukup tinggi dalam beberapa waktu terakhir.

Kemenkes juga menegaskan agar tidak ada penimbunan obat yang justru dapat merugikan masyarakat. Saat ini masyarakat berhak untuk memperoleh pelayanan terapi Covid-19 dengan sebaik-baiknya.

Kemenkes pun memastikan bahwa stok obat-obatan terapi Covid-19 hingga saat ini masih mencukupi di tengah lonjakan kasus Covid-19 dalam waktu beberapa waktu terakhir ini. Akan tetapi untuk memastikan ketersediaan obat tersebut, masyarakat dapat mengeceknya melalui aplikasi Farma Plus.

Cara Cek Ketersediaan Obat Melalui Aplikasi Farma Plus

Adapun langkah-langkah untuk cek stok obat melalui aplikasi dari Kemenkes yang bernama Farma Plus adalah:

  1. Langkah pertama masuk pada laman farmaplus.kemkes.go.id
  2. Pada tampilan awal web, akan muncul informasi mengenai stok obat yang tersedia pada hari Anda mengakses halaman tersebut.
  3. Selanjutnya pilih obat yang Anda perlukan dengan mencentang kotak pada sisi kanan nama obat.
  4. Berikutnya scroll ke bagian bawah serta pilih nama provinsi dan kota yang ingin Anda cek ketersediaan obatnya.
  5. Kemudian akan muncul daftar apotik yang menyediakan obat sesuai dengan pilihan Anda beserta alamat lengkapnya. Selain itu, Pada laman ini juga terdapat pilihan “Tersedia ” dan “Tidak Tersedia”.

Farma Plus hadir dengan menghimpun seluruh data obat Covid-19 yang ada di seluruh apotek di Indonesia. Dimana masyarakat dapat mengakses aplikasi ini secara gratis dan mudah.

Penting untuk masyarakat ketahui, bahwa ketersediaan obat Covid-19 dalam aplikasi Farma Plus akan selalu mengalami pembaharuan dalam setiap harinya. Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya selalu mengecek ketersediaan obat sebelum pergi ke apotik untuk mengurangi kerumunan serta supaya lebih efisien. (R10/HR Online)

Editor: Jujang