Aplikasi Operasi Plastik di China Miliki Peminat yang Tinggi, Ini Alasannya!

Aplikasi Operasi Plastik
Ilustrasi Aplikasi Operasi Plastik. Foto: Ist/Net

Aplikasi operasi plastik saat ini semakin menggila di China karena diminati masyarakatnya. Jumlah pengunduh dari aplikasi yang berisi tentang informasi layanan operasi plastik juga update harian pasien yang melakukan operasi plastik ini pun mencapai jutaan lebih.

Penting untuk Anda ketahui, di China sendiri malpraktek operasi plastik mencapai 40.000 kali dalam setiap tahunnya. Jumlah ini sesuai dengan yang tercatat pada laporan BBC. Sedangkan menurut Global Times menyebutkan adanya malpraktek di China mencapai 60.000 klinik operasi plastik ilegal.

Hal inilah yang menjadi alasan dikembangkannya aplikasi tentang operasi plastik ini. Dengan aplikasi tersebut, diharapkan masyarakat China dapat menghindari operasi plastik ilegal.

Baca Juga: Aplikasi Cek Saturasi Oksigen Android, Bagaimana Pendapat Para Dokter?

Beragam Pilihan Aplikasi Operasi Plastik di China

Melalui berbagai pilihan aplikasi ini, maka masyarakat China dapat mengetahui berbagai klinik yang telah tersertifikasi. Selain itu, dengan mengandalkan aplikasi operasi plastik, masyarakat juga mengharapkan akan memperoleh layanan bebas masalah, karena memang tuntutan untuk memperbaiki penampilan sangatlah tinggi.

Berdasarkan penjelasan peneliti dari University of Hong Kong, Dr Brenda Alegre, menyatakan bahwa perbaikan penampilan masyarakat China karena ada beberapa alasan.

Seperti, karena tuntutan asmara atau hubungan personal dan karena tuntutan dari pekerjaan. Saat ini di China banyak lowongan pekerjaan yang tersedia dengan mencantumkan persyaratan penampilan menarik bagi para pencari kerja.

Selain itu, beberapa institusi di China juga cukup brutal apabila berbicara mengenai penampilan. Bahkan, baru-baru ini Shanghai Art Gallery menggelar adanya eksibisi yang menampilkan daftar perempuan di China paling cantik dan yang paling buruk.

Baca Juga: Aplikasi Farma Plus dari Kemenkes Segera Hadir, Simak Cara Aksesnya!

Daftar Aplikasi Operasi Plastik di China yang Alami Lonjakan Pengguna

Layanan oplas (operasi plastik) sangatlah beragam. Akan tetapi, hanya ada beberapa aplikasi yang mengalami peningkatan pengguna. Langsung saja, berikut ini beberapa aplikasi operasi plastik yang cukup marak di China.

Gengmei

Merupakan salah satu aplikasi yang resmi rilis sejak tahun 2013 silam dengan jumlah pengguna hingga saat ini mencapai 36 juta orang. Setengah dari jumlah tersebut adalah wanita muda yang berusia dua puluhan,

Sedangkan pada saat pertama kali resmi hadir pada tahun 2013, jumlah pengunjung dari aplikasi ini hanya mencapai 1 juta pengguna.

Istilah Gengmei memiliki arti “Lebih Cantik” dalam bahasa Mandarin menjadi salah satu platform jejaring sosial di China yang khusus tertuju untuk bedah kosmetik.

Melalui aplikasi operasi plastik satu ini, para pengguna dapat menulis status mengenai semua hal yang berhubungan dengan operasi plastik.

Termasuk mengenai sedot lemak serta operasi hidung. Hasil pencarian pun dapat pengguna saring sesuai dengan wilayah, klinik, serta perawatan.

Selain itu, pada aplikasi ini, terdapat informasi yang cukup lengkap mengenai kegiatan bedah plastik. Gengmei menyediakan berbagai jenis informasi klinik operasi plastik yang tersertifikasi pemerintah China.

So Young

Aplikasi operasi plastik yang cukup menggila di China lainnya adalah So Young. Aplikasi ini resmi hadir pada tahun 2018 lalu dengan jumlah pengguna aktif hingga 8,4 juta orang.

Jumlah yang cukup tinggi apabila kita bandingkan saat pertama kali aplikasi ini hadir. Pada waktu itu para pengikutnya hanya berjumlah sekitar 1,4 juta orang.

Tren Operasi Plastik di China

Melalui aplikasi operasi plastik Gengmei dan So Young dapat memungkinkan pengguna untuk memilah-milah berbagai jenis wajah baru sesuai yang mereka inginkan. Dengan aplikasi ini, pengguna pun mudah memilih wajah hanya dengan menjentikkan jari saja.

Dengan adanya popularitas aplikasi Gengsi dan So Young, menjadi salah satu indikasi dari perubahan tindakan terhadap operasi untuk bidang kecantikan China.

Saat ini banyak kalangan yang melakukan operasi plastik jika kita bandingkan dengan negara manapun di dunia setelah Amerika Serikat.

Menurut penjelasan The Global Times, apabila hal ini terus berlangsung, China dapat jadi pasar bedah kosmetik ternama dunia yang terjadi pada tengah dekade ini. Hingga saat ini, tren operasi pun terus mengalami perubahan.

Tren terbarunya adalah bentuk telinga runcing seperti elf. Dengan hadirnya aplikasi operasi plastik, tentu sangat diandalkan oleh masyarakat China karena memuat berbagai informasi mengenai bedah plastik. Pada aplikasi tersebut juga menyertakan informasi mengenai berbagai klinik kecantikan yang telah tersertifikasi. (R10/HR Online)

Editor: Jujang