Aplikasi Pembelajaran Daring Efektif Dukung Pembelajaran Saat Pandemi

Aplikasi Pembelajaran Daring
Ilustrasi Aplikasi Pembelajaran Daring. Foto: Ist/Net

Aplikasi pembelajaran daring yang efektif pada masa pandemi Covid-19 saat ini cukup beragam. Mulai bulan Maret 2020 lalu, Pemerintah telah menghentikan proses kegiatan belajar mengajar tatap muka di berbagai sekolah.

Dan sejak saat itulah, sekolah-sekolah menerapkan adanya metode pembelajaran siswa secara daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan dalam jaringan atau pembelajaran melalui internet.

Upaya pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 salah satunya adalah dengan mengeluarkan kebijakan supaya sekolah-sekolah meminta para siswanya untuk belajar di rumah.

Salah satu langkah andil dari pemerintah untuk pertama kali yakni dengan melakukan proses belajar mengajar melalui televisi. Mulai dari berbagai jenjang, seperti PAUD hingga SMA.

Namun dengan berjalannya waktu, dalam kegiatan belajar daring pun para guru dituntut untuk dapat mendesain media pembelajaran dengan berbagai inovasi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan adanya media daring.

Baca Juga: Aplikasi Protan Proteksi Pertanian Hadir untuk Memudahkan Para Petani

Aplikasi Pembelajaran Daring Paling Efektif di Masa Pandemi

Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 hingga saat ini belum juga berakhir. Lalu, Pemerintah pun hingga saat ini belum mengizinkan sekolah-sekolah melaksanakan proses belajar mengajar secara tatap muka.

Terutama pada sekolah-sekolah yang ada di zona merah atau kuning. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan serta penyebaran Covid-19. Untuk mendukung pembelajaran ini, tersedia banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh para guru dan siswa.

Dengan memanfaatkan adanya teknologi saat ini, maka belajar mengajar pun tidak lagi terpaku di ruang kelas dengan materi yang terbatas.

Dengan menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang tersedia, maka para siswa pun dapat belajar dengan mudah dari rumah dengan materi yang tidak terbatas.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi yang dapat mendukung pembelajaran online selama Pandemi Covid-19 antara lain:

Meja Kita

Salah satu platform pendidikan daring yang memberdayakan para siswa yang berada di banyak wilayah Indonesia dalam berkolaborasi perihal pembelajaran.

Lalu, penyajian materi dalam aplikasi pembelajaran daring ini berjalan secara sistematis serta memperoleh kelengkapan forum diskusi yang dapat siswa dan guru manfaatkan sebagai tanya jawab.

Platform ini telah digunakan lebih dari 15.000 siswa yang berada di 223 kota di Indonesia. Selain itu, Meja Kita menyediakan berbagai materi pembelajaran mulai dari SD hingga SMA secara gratis dan cukup lengkap.

Terdapat pula ribuan catatan yang telah terunggah oleh para siswa pada komunitas pelajar di seluruh Indonesia. Aplikasi ini juga mendukung siswa yang harus melakukan pembelajaran daring dari rumah.

Sehingga dapat untuk berdiskusi PR, tugas, soal serta berbagai catatan serta materi pembelajaran lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Ujian Online Terbaik yang Memudahkan Para Siswa dan Guru

Meja Kita merupakan salah satu organisasi nirlaba yang didirikan oleh sekumpulan pelajar yang mempunyai antusiasme tinggi terhadap pendidikan. Para pelajar tersebut mempunyai ketertarikan yang cukup beragam.

Mulai dari bermusik, IT dan juga desain. Selanjutnya, para pelajar tersebut dipersatukan oleh satu pemahaman bajwa memperoleh pendidikan yang berkualitas adalah salah satu hak setiap siswa Indonesia.

Para pelajar pun bertekad untuk berbagi pengetahuan serta mengundang semua siswa Indonesia untuk sebuah perubahan. Meja Kita dapat Anda akses melalui website resminya.

Selain itu, juga menyediakan aplikasi gratis yang dapat Anda download melalui smartphone.

Aplikasi Google Classroom

Pilihan aplikasi pembelajaran daring yang direkomendasikan selanjutnya adalah Google Classroom. Salah satu aplikasi pembelajaran campuran yang hadir untuk semua ruang lingkup pendidikan.

Sehingga mampu untuk menemukan jalan keluar dari kesulitan dalam membuat, membagikan serta mengelompokkan dari setiap penugasan tanpa kertas.

Aplikasi Google Classroom hadir sejak tahun 2014 yang merupakan keistimewaan dari Google App for Education. Melalui aplikasi ini dapat membantu serta mengatur tugas dengan cepat.

Bahkan juga memberikan masukan secara efektif dan efisien serta berkomunikasi dengan mudah di kelasnya. Google Classroom merupakan salah satu aplikasi yang telah dikembangkan Google serta memberikan layanan web gratis untuk sekolah.

Hal ini bertujuan demi menyederhanakan, mendistribusikan, membuat serta memberikan penilaian tugas tanpa menggunakan kertas. Tujuan utama dari aplikasi pembelajaran daring satu ini adalah merampingkan terhadap proses berbagi file guru serta siswa.

Ruangguru

Tentu aplikasi pembelajaran daring satu ini sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Ruangguru merupakan salah satu layanan belajar dengan basis teknologi.

Termasuk layanan kelas virtual, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta platform ujian online.

Dalam aplikasi ini juga terdapat berbagai jenis konten pendidikan yang dapat Anda akses melalui web serta aplikasi Ruangguru. Aplikasi Ruangguru juga menyediakan Sekolah Online Gratis selama masa pandemi Covid-19.

Di dalam aplikasi ini terdapat 250 video serta modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan selama 1 bulan kedepan. Ruangguru adalah perusahaan teknologi terbesar yang ada di Indonesia yang berfokus pada layanan dengan basis pendidikan.

Pada Ruangguru sudah mempunyai lebih dari 15 juta pengguna. Bahkan juga mengelola 300,000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Selain itu, aplikasi pembelajaran daring satu ini juga mengebangkan berbagai jenis layanan belajar berbasis teknologi yang cukup menarik.

Zenius

Aplikasi pembelajaran daring Zenius mempunyai program Belajar Mandiri di Rumah#BisaBareng. Program ini menyediakan puluhan ribu video materi belajar yang cukup lengkap.

Sama seperti aplikasi lainnya bisa Anda gunakan dari banyak tingkatan. Mulai dari jenjang SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi.

Melalui aplikasi ini, para siswa dapat mengakses berbagai materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN dan lain sebagainya, Berbagai jenis konten pun tersedia pada program ini yang dapat Anda akses secara gratis.

Bagi para siswa yang belum menghadapi ujian, maka Anda dapat memilih materi yang Anda ingin pelajari di mana saja dan kapan saja. Selain itu, Anda juga dapat mengulang latihan soal hingga Anda benar-benar paham.

Bagi Anda para pengguna baru aplikasi Zenius, maka dapat mulai dengan menonton video-video dalam menu insight yang berisi berbagai motivasi, cara belajar secara efektif serta manajemen waktu dan lain sebagainya.

Aplikasi pembelajaran daring ini juga menghadirkan berbagai video pembelajaran yang cukup berkualitas yang dapat Anda akses secara gratis. Sejak tahun 2004, Zenius telah menjadi andalan bagi para siswa di Indonesia untuk membantu kegiatan belajar.

Zenius juga telah terbukti berhasil dalam mengantarkan banyak siswanya dalam memasuki kampus yang mereka inginkan. Untuk menjawab kebutuhan belajar masa kini, aplikasi Zenius juga menghadirkan fitur yang dapat menunjang proses belajar siswa.

Terdapat 80.000 lebih video materi pembelajaran yang telah disajikan oleh para tutor-tutor lulusan universitas ternama. Bahkan baik dari dalam dan luar negeri.

Ratusan ribu soal dan juga video pembahasannya pun dapat Anda unduh secara bebas untuk teman belajar dari rumah.

Kelas Pintar

Aplikasi Kelas Pintar adalah salah satu penyedia sistem pendukung pendidikan pada era digital dengan memakai teknologi terkini. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat membantu siswa juga guru dalam menghadirkan praktik dalam belajar mengajar yang terbaik.

Selain itu, aplikasi pembelajaran dari ini juga menghadirkan personalisasi pada dashboard bagi siswa, guru juga orang tua. Aplikasi ini berisi tentang materi untuk kurikulum 2013 yang tersaji secara interaktif.

Saat ini, Kelas pintar juga telah hadir di India, UAE, Singapura, dan Afrika Selatan. Kelas Pintar mampu memberikan solusi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA yang dapat Anak akses setiap hari.

Melalui aplikasi pembelajaran daring satu ini, para siswa dapat belajar sesuai dengan karakter masing-masing. Baik secara visual, audio serta kinestetik.

Dengan adanya metode belajar interaktif dari Kelas Pintar, maka belajar pun akan lebih mudah dan efektif. Menariknya lagi, aplikasi Kelas Pintar menawarkan Total Learning Ecosystem.

Dimana seluruh komponen dalam pendidikan anak lengkap tersedia. Bahkan proses belajar mengajar, kurikulum pendidikan dan juga murid, orang tua serta guru dan sekolah terdapat dalam platform yang sama untuk mendukung kesuksesan murid.

Kemudian sekolah terhubung dengan aplikasi smartphone yang dapat diakses para orang tua untuk dapat memantau perkembangan anak.

Hal ini dapat dilakukan melalui update, notifikasi harian serta hasil pembelajaran. Selain dapat akses melalui website resminya, aplikasi satu ini juga menyediakan platform untuk dapat Anda download melalui perangkat Android.

Rumah Belajar

Salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan adalah Rumah Belajar. Aplikasi ini dikembangkan Kemendikbud yang bertujuan menyediakan alternatif sumber untuk belajar dengan cara pemanfaatan teknologi.

Pada aplikasi pembelajaran daring satu ini terdapat berbagai fitur menarik. Adapun berbagai fitur yang ditampilkan.

Mulai dari Sumber belajar, Kelas Digital, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Karya Bahasa dan lain sebagainya. Berbagai pilihan fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh para guru serta siswa dalam menunjang pembelajaran secara gratis.

Google for Education

Salah satu pilihan aplikasi selanjutnya adalah Google for Education. Dalam aplikasi ini menyediakan layanan dengan menggunakan Chromebooks dan G0 Suite.

Hal ini memungkinkan para penggunanya dapat melakukan pembelajaran virtual. Meskipun dalam keadaan konektivitas internet yang sangat rendah.

Quipper School

Aplikasi Quipper School, hadir dengan menawarkan tentang cara belajar yang inovatif untuk melakukan proses belajar maupun mengajar secara online selama pandemi. Pada platform ini menyediakan ribuan topik yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Melalui Quipper School memberikan kemudahan bagi para guru dalam mengelola tugas serta pekerjaan rumah secara lebih efektif. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, para pengguna dapat menikmati pengalaman belajar yang lebih seru dengan video animasi.

Latihan soal secara lengkap dan juga Super Teachers yang berkualita yang terdapat pada Quipper o. Tersedia juga ribuan video pelajaran serta latihan soal secara lengkap sesuai dengan kurikulum nasional yang berlaku untuk persiapan UN, SMP, UN SMA SBMPTN serta ujian reguler di sekolah.

Melalui aplikasi pembelajaran daring saat ini Anda dapat tanya langsung ke tutor. Serta konsultasikan rencana akademis dengan para pembimbing terbaik yang terdapat di Quipper Video Masterclass.

Selain itu, para siswa juga dapat menikmati layanan Quipper School untuk mengerjakan tugas dari guru secara online.

Sekolahmu

Merupakan salah satu aplikasi ini yang menyediakan layanan sekolah tanpa batas. Di dalam aplikasi ini tersedia layanan live streaming untuk mata pelajaran tertentu sesuai dengan jenjang yang telah tersedia.

Bahkan ratusan sekolah serta organisasi pun telah bergabung dan memperoleh banyak manfaat dari aplikasi Sekolahmu. Dengan memanfaatkan adanya aplikasi maka akan semakin memperlancar proses pembelajaran daring selama masa Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga kini. (R10/HR Online)

Editor: Jujang