Aplikasi Telemedicine Gratis Bagi Pasien Isoman, Berikut Daftar Pilihannya

Aplikasi telemedicine gratis
Ilustrasi Aplikasi telemedicine gratis. Foto: Ist/Net

Aplikasi Telemedicine gratis dalam beberapa waktu terakhir cukup santer masyarakat bicarakan. Telemedicine saat ini tengah menjadi primadona bagi semua kalangan masyarakat yang akan berkonsultasi tentang masalah kesehatan.

Aplikasi ini diklaim sebagai salah satu cara yang cukup efektif untuk berobat dengan para ahli tanpa harus keluar rumah selama masa pandemi saat ini. Pada pertengahan tahun ini, kasus Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan yang cukup parah.

Dalam setiap harinya, jumlah masyarakat Indonesia yang terkonfirmasi positif terpapar virus Corona mengalami peningkatan. Hingga Senin 5 Juli 2021 lalu, pemerintah melaporkan adanya penambahan kasus harian Covid-19 sejumlah 29.745.

Adanya lonjakan kasus Covid-19 ini sangat berdampak pada layanan kesehatan. Tidak sedikit rumah sakit yang penuh karena menangani banyaknya pasien yang terpapar Covid-19.

Baca Juga: Aplikasi Tambah Daya PLN Melalui New PLN Mobile, Berikut Ini Prosesnya

Daftar Pilihan Aplikasi Telemedicine Gratis

Saat ini Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan berencana melakukan uji coba layanan medis jarak jauh atau layanan Telemedicine gratis. Hal ini bertujuan agar para pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri bisa menggunakan beragam pilihan aplikasi telemedicine yang telah tersedia.

Menteri Kesehatan Budi H+GUnadi Sadikin, menjelaskan bahwa layanan ini mulai akan berlaku uji coba di DKI Jakarta pada Selasa, 6 Juli 2021. Layanan ini hadir dengan fasilitas konsultasi dokter hingga pengiriman obat.

Selain itu, Budi juga menyatakan bahwa layanan ini terselenggara gratis serta tertuju bagi pasien terpapar virus Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala di rumah masing-masing.

Adapun daftar aplikasi Telemedicine gratis yang tersedia untuk menangani pasien Covid-19 dengan gejala ringan sesuai dengan penjelasan Kemenkes antara lain:

Halodoc

Halodoc adalah salah satu aplikasi layanan kesehatan yang mempunyai berbagai fitur bagi para pasiennya. Mulai dari chat dokter, pembelian produk kesehatan, hingga dapat terhubung dengan asuransi yang pasien miliki.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pasien Covid-19 dengan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri di rumah dapat berkonsultasi serta memperoleh berbagai jenis obat yang mereka perlukan tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

KlikDokter

Merupakan aplikasi dari Medika Komunika Teknologi yang beroperasi selama 24 jam. Aplikasi ini hadir dengan memberikan layanan, seperti live chat dokter. Melalui aplikasi telemedicine gratis satu ini, para pasien juga dapat membaca berbagai artikel kesehatan serta informasi layanan medis lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Rumah Belajar Gratis Untuk Anak Berbasis Android

Alodokter

Layanan konsultasi kesehatan virtual berikutnya yang dapat pasien Covid-19 selama menjalani isoman (isolasi mandiri) adalah Alodokter. Para pasien dapat langsung melakukan telemedicine melalui Google Forme. Atau dapat pula mengunduh aplikasinya pada perangkat Android atau iOS.

GetWell

Salah satu aplikasi kesehatan besutan BayWest Inc ini menyediakan layanan konsultasi dokter yang dapat menghubungkan pasien dengan dokter profesional. Konsultasi ini dapat melalui video, teks, atau audio. Aplikasi Telemedicine gratis satu ini tersedia pada perangkat Android dan iOS. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pasien dapat berkonsultasi serta memperoleh obat secara gratis.

YesDok

Melalui aplikasi YesDok dapat menghubungkan pasien dengan dokter untuk berkonsultasi medis. Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan jenis obat yang sesuai dengan gejala serta memberikan petunjuk penggunaan medis.

Adalah media alternatif konsultasi pada dokter secara lebih mudah. Para pasien dapat berkonsultasi berbagai gejala yang mereka rasakan saat menjalani isolasi mandiri di rumah melalui adanya ruang chat.

Selanjutnya, dokter pun akan memberikan konsultasi kepada para pasien. Para dokter tersebut bukan hanya sembarang dokter, akan tetapi para dokter yang telah mempunyai surat izin praktek.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Link Medis Sehat developer ini bisa memberi rekomendasi dokter maupun rumah sakit, hingga hitungan biaya untuk berobat dalam dan luar negeri.

SehatQ

Melalui aplikasi SehatQ, para pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri dengan gejala ringan dapat berkonsultasi dengan dokter serta tim medis yang juga bisa memberikan rujukan ke rumah sakit terdekat. Selain itu, aplikasi ini juga menunjang masa pemulihan para pasien. Dengan memberikan obat serta vitamin yang pasien perlukan.

Daftar aplikasi telemedicine gratis yang dapat dimanfaatkan oleh para pasien Covid-19 yang sedang isoman dengan gejala ringan lainnya adalah KlinikGo, Good Doctor, ProSehat, serta Milvik Dokter. Dengan demikian, para pasien dengan gejala ringan pun dapat berkonsultasi secara mudah tanpa harus keluar rumah. Mereka tetap dapat memperoleh layanan kesehatan selama menjalani isolasi mandiri di rumah. (R10/HR Online)

Editor: Jujang