Aturan PPKM Level 4, Jajan Boleh Makan di Tempat

Aturan PPKM Level 4
Tangkapan layar Konferensi Pers Penerapan PPKM. Foto: Istimewa

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Menteri Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan penyesuaian aturan PPKM level 4 yang akan berlaku mulai 26 Juli sampai 2 Agustus 2021.

“Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa, dengan protokol kesehatan yang ketat. Dan pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50% sampai dengan pukul tiga sore,” terang Luhut dalam konferensi pers virtual Evaluasi Penerapan PPKM, Minggu (25/7/2021).

Luhut meminta Pemerintah Daerah untuk mengatur hal tersebut, agar tidak terjadi kerumunan dan menjadi klaster baru.

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, outlet voucher, pangkas rambut, laundry, bengkel kecil, cuci mobil, dan usaha lain sejenis diizinkan buka. Tentunya dengan protokol kesehatan sampai pukul 21.00. Pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah,” jelasnya. 

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 2 Agustus, Aturannya Dilonggarkan

Aturan sebelumnya warung makan, lapak jajanan, dan usaha sejenis yang memiliki lapak di ruang terbuka tidak boleh melayani makan di tempat. Saat ini dengan aturan baru PPKM Level 4, warung makan dan lain-lain boleh melayani makan di tempat. Hanya saja waktu makan dibatasi hanya 20 menit.

“Kami sarankan karena sedang makan buka masker, kami sarankan jangan banyak berkomunikasi,” jelasnya.

Sementara untuk transportasi umum, angkutan massal, hingga taksi konvensional online dan rental kendaraan, diizinkan beroperasi. Namun dengan kapasitas 50 persen dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Ketentuan yang lain sesuai dengan aturan PPKM lainnya, total ada 95 kabupaten/kota yang menerapkan level 4 di Jawa-Bali,” katanya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu