Benda BD300 V-Twin, Motor Cruiser Baru 300 cc Seharga Rp 46 Jutaan

Benda BD300 V-Twin, Motor Cruiser Baru 300 cc Seharga Rp 46 jutaan
Ilustrasi Benda BD300 V-Twin. Foto: Ist/Net

Benda BD300 V-Twin kini siap meluncur. Motor cruiser baru menggunakan mesin 300 cc V-twin. Nantinya yang akan menjadi saingan Royal Enfield. Hadir dengan harganya yang terbilang cukup murah.

Motor baru penjegal Royal Enfield, Benda BD300 motor Cruiser buatan China. Benda BD300 akan meluncur bersamaan dengan LFC 700 baru.

Kehadiran Benda BD300 V-Twin

Motor baru ini produksinya oleh Benda Motorcycles China dengan menggunakan namanya Benda BD300. Benda BD300 mencoba untuk mengambil pasar roda dua Eropa. Dengan menampilkan spesifikasinya yang tampak lumayan.

Namun hadir dengan harga yang terjangkau. Benda BD300 kini sudah memperoleh sedikit revisi dari render sebelumnya. Seperti model knalpot tipe split dengan header dan muffler pada kedua sisi motornya.

Baca Juga: BMW R 18 Classic, Moge Cruiser Bergaya Klasik akan Hadir di Indonesia

Desain

Desain tangki bensin dan spakbor Benda BD300 juga memperoleh revisi. Apabila sebelumnya terpasang stang datar dengan gaya dragster. Pada saat ini motor cruiser ini menghadirkan stang yang agak naik.

Setang ini akan menjadikan posisi berkendara semakin nyaman dan ergonomi. Penambahan pijakan kaki kini tampak lebih lebar. Hal itu agar pengendara merasa nyaman saat melakukan touring jauh.

Melihat keseluruhan, bahasa desain untuk cruiser China ini terlihat menuju ke Harley-Davidson seri Forty-Eight. Kemudian, penyajiannya saat ini sepertinya mengalami penyempurnaan daripada konsep dari Benda BD300 yang sebelumnya.

Sejumlah sumber menyebut, pada bagian Benda BD300 V-Twin mengalami revisi. Sehingga akan mendapatkan sebuah Cruise yang tampak proporsional.

Mesin

Bongkahan mesin Benda BD300 saat ini memang tidak sebesar milik Harley-Davidson. Namun, bentuknya yang demikian lebih dari cukup. Untuk mengejutkan rival selevel seperti halnya dengan Honda Rebel 300. Apabila melihat tampilan fork upside down (USD) dari Benda BD300.

Bagian terpenting melihat pada jantung mekanisnya. Benda BD300 2021 membekalinya dengan mesin V-Twin dua silinder. Kapasitas mesin Benda BD300 total 298 cc V-twin berpendingin air.

Pada pencapaian daya dan torsi maksimalnya, masing-masing mengklaim sekitar 30 PS dan 26 Nm. Mesin ini akan menghasilkan tenaga 30dk di 8.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal sebesar 26 Nm di 7.000 rpm.  

Tenaga dan torsi tersebut nantinya tersalurkan ke roda belakang melalui girboks manual 6-percepatan. Motor baru ini memiliki mesin yang sudah berstandar Euro 5. Pabrikan mengklaim dengan mesin Benda BD300 sanggup mencapai kecepatan maksimal 150 km/jam.

Baca Juga: Honda H’ness CB 350, Motor Bergaya Retro dengan Berbagai Fitur Terkini

Spesifikasi

Hadirnya Benda BD300 V-Twin dengan rangka sasis motor memiliki gaya tubular. Hal itu agar dapat  menggunakan mesin Euro 5 tersebut. Suspensi depannya menggunakan USD yang besar. Sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan sokbreker ganda.

Benda BD300 ini memiliki berat 170 kilogram. Namun angka tersebut akan naik, apabila tangki bensin berkapasitas 15 liter terisi penuh.

Fitur

Benda BD300 2021 juga menghadirkan sosok cruiser dengan gaya modern klasik. Hal tersebut dapat terlihat pada bagian penerangan utama bulatnya. Lampu utamanya sudah menggunakan lampu jenis LED.

Pada bagian dalam rumah lampunya juga sudah bersanding dengan daytime running light (DRL). Modernitas Benda BD300 V-Twin semakin terlihat, terlebih pada area panel meter. Tampilan informasi kendaraan ini juga sudah sepenuhnya digital atau menggunakan layar TFT. 

Satu keunikan dari Benda BD300 V-Twin tampak pada bagian penggerak roda belakangnya. Tidak menggunakan rantai, melainkan menggunakan v-belt. Kemudahan dan pengoperasian transmisi Benda BD300, juga menunjang ketersediaan perangkat slipper clutch.

Sedangkan untuk penunjang keselamatan, pengereman menggunakan ABS (Anti-lock Braking System). Hal itu sebagai perlengkapan standar Benda BD300. Tidak hanya menggunakan mesin yang gahar. Namun memiliki fitur motor cruiser ini juga tampak keren.

Posisi jok pengendara yang hadir khas ala Cruise. Bagian joknya sendiri tidak menggunakan model split seat atau jok tandem. Namun menampilkan kontur ala motor cruiser. Sepertinya  Benda BD300 akan menjadi saingan barunya Royal Enfield Meteor 350.

Harga

Benda BD300 di India akan ditawarkan dengan harga 239.000 Rupee. Harga tersebut yang  setara dengan Rp 46,3 jutaan. Motor seharga Rp 40 jutaan akan memperoleh motor cruiser baru dengan mesin V-twin.

Benda BD300 V-Twin kini telah bersiap untuk meluncur. Motor cruiser baru yang menggunakan mesin 300 cc V-twin. Namun ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 46 jutaan. Kehadirannya yang akan menjadi saingan Royal Enfield. (R10/HR Online)

Editor: Jujang